halaman pendaftaran program kartu prakerja gel 17 2021
prakerja.go.id

Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 17 Resmi Dibuka

Ahirnya pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 17 akhirnya resmi dibuka. Ini peluang bagi kamu yang belum pernah lolos prakerja gelombang sebelumnya. Ada kuota 44.000 yang disediakan kali ini. Buruan Daftar sekarang juga.

Berita ini tegaskan oleh Project Manajemen Office (PMO) yang memastikan bahwa Kartu Prakerja gelombang 17 tahun 2021 ini telah dibuka mulai hari Sabtu, 5 Juni 2021.

“Gelombang 17 dibuka hari ini (Sabtu, 5 Juni 2021) jam 12.00 WIB,” kata Louisa Tuhatu, Head of Communications Manajemen Kartu Prakerja, kepada Kompas.com.

Jumlah kuota peserta kartu prakerja kali ini memang lebih sedikit dibanding gelombang pendaftaran sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan kuota kali ini berasal dari kekosongan kuota yang disebabkan banyaknya peserta yang dicabut kepesertaannya pada gelombang sebelumnya.

Denni Puspa Purbasari, Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, mengatakan bahwa tambahan kuota Kartu Prakerja akan menunggu arahan dari pemerintah. Ini tentunya terkait dengan anggaran.

Berapa Besaran Uang yang Akan diterima Peserta Pelatihan Prakerja Gelombang 17 ?

Peserta Kartu Prakerja yang berhasil lolos akan menerima insentif sebesar Rp 3,55 juta. Peserta tidak diberikan kontan senilai itu, tapi berupa uang pelatihan Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 600.000/ bulan selama 4 bulan, dan insentif survei Rp 50.000 untuk 3 kali.

Perlu diketahui, sampai saat ini, pemerintah menganggarkan dana program Kartu Prakerja Rp 20 triliun, untuk 2 semester yang masing-masing semesternya sebesar Rp 10 triliun.

BACA JUGA:  Segera Daftar Bantuan Buat Modal Usaha, Buka Sampai Akhir Juni 2021

Kriteria Umum yang Berhak Mendaftar Program Kartu Prakerja Gelombang 17

Setiap orang yang belum berhasil lolos dapat mendaftarkan diri lagi pada program Kartu Prakerja gelombang 17 kali ini.

Berikut ini kriteria umum yang harus dimiliki calon peserta prakerja gelombang 17 :

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal Berusia 18 tahun
  • Belum pernah lolos di gelombang sebelumnya
  • Tidak sedang aktif sekolah atau kuliah
  • Tidak pernah menerima bantuan sosial dalam bentuk lain dari kementerian atau lembaga terkait
  • Tidak berstatus sebagai anggota TNI atau Polri, anggota DPR atau DPRD, direksi atau komisaris dewan pengawas BUMN atau BUMD, PNS, serta perangkat desa.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 17

Nah, kalau kamu memenuhi kriteria umum di atas, segera melakukan pendaftaran, berikut ini langkah-langkah melakukan pendaftaran peserta penerima kartu prakerja gelombang 17.

1. Membuat akun Kartu Prakerja Secara Online

halaman pendaftaran program kartu prakerja gel 17 2021
halaman resmi pendaftaran kartu prakerja gelombang 17 – prakerja.go.id
  • Masuk ke www.prakerja.go.id
  • Pilih Menu “Daftar Sekarang”. Maka kamu akan dibawa ke halaman yang berisi formulir pendaftaran akun kartu prakerja.
  • Masukkan nama lengkap, alamat email, dan password
  • Cek email untuk konfirmasi akun
  • Setelah konfirmasi akun berhasil, kembali ke website www.prakerja.go.id

2. Mengisi data diri Online

Setelah proses pembuatan akun prakerja berhasil, silahkan login untuk menuju dashboard akun prakerja kamu. Jika kamu dalam keadaan belum login, silahkan login terlebih dahulu dengan cara klik tombol “login” atau “masuk”. Lalu masukkan email dan password. Klik “Login” atau “Masuk”.

  • Setelah login, kamu akan masuk ke halaman verifikasi. Masukkan nomor KTP, KK, dan tanggal lahir. Klik “Lanjutkan” kalau sudah.
  • Lalu silahkan Isi data dirimu dengan lengkap sesuai isian formulir yang disediakan di halaman tersebut, seperti alamat rumah, nama lengkap, dan lain-lian.
  • Jangan lupa Upload foto KTP. Ukuran maksimal 2Mb, dengan forman png/jpg. Pastikan KTP harus terlihat jelas dan full, ya!
  • Ceklis juga persetujuan di bagian bawah halaman. Lalu klik “Lanjutkan”.
  • Di halaman berikutnya, Kamu harus memverifikasi nomor handphone, yaitu dengan mengirimkan kode OTP ke ponsel kamu. Masukan nomor HP kamu yang aktif. Karena akan dibutuhkan untuk menerima OTP sebagai proses verfikasi. Klik “Kirim”.
  • Silahkan cek pesan / SMS di ponsel kamu, dan masukkan 6 digit kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel yang didaftarkan tadi. Klik “Verfikasi”.
  • Setelah itu akan ada pernyataan status kamu saat ini apakah kamu sedang menganggur atau tidak. Pilih salah satu. lalu Lanjutkan.
  • Selesai. Klik “Oke”.

3. Mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

  • Ikuti tes dengan klik “Mulai Sekarang”
  • Siapkan alat tulis untuk tes online yang berlangsung selama 15 menit
  • Setelah selesai, tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja.
  • Bila sudah mendapat email, segera kembali ke website untuk bergabung ke gelombang pendaftaran yang tersedia.
BACA JUGA:  Siapkan KTP, Bantuan Sosial Tunai 300 Ribu Diperpanjang Hingga Juni 2021

Hasil Seleksi Kartu Prakerja

 

Sudah melakukan langkah demi langkah pendaftaran program kartu prakerja gelombang 17 tahun 2021? Kalau sudah, tentunya kamu bertanya apa yang harus dilakukan selanjutnya. Ya! Kamu hanya perlu menunggu tanggal pengumuman seleksi Gelombang. Kalau sudah melalui berbagai tahapan seleksi, kamu akan bisa melihat hasil seleksi kartu prakerja di halaman dashboard akun prakerja kamu.

Silahkan login ke akun prakerja.go.id kamu, kemudian cek di dashboard kamu. Jika lolos seleksi Gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu.

lolos seleksi program kartu prakerja gelombang 17
Hasil seleksi: Lolos

Kamu akan melihat tampilan di bawah ini seandainya kamu belum lolos dan belum berhak mengikuti program prakerja 2021.

gagal seleksi program kartu prakerja gelombang 17

 

***

Buruan Daftar sekarang juga!

Demikian info pembukaan program kartu prakerja gelombang 17, kriteria peserta, dan cara daftar online prakerja gelombang 17 tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *