Review & Perbandingan Detail Kamera Nokia X20 5G vs Nokia 8.3, 5.4 & Google Pixel 3XL

Review & Perbandingan Detail Kamera Nokia X20 5G vs Nokia 8.3, 5.4 & Google Pixel 3XL

Pada artikel ini kami memberikan kepada Anda ulasan kamera terperinci dari Nokia X20 5G. Kami juga membandingkan sampel kamera Nokia X20 5G dengan sampel dari Google Pixel 3X, Nokia 8.3 5G, dan Nokia 5.4 untuk evaluasi.

Nokia X20 memiliki sistem kamera quad di bagian belakang yang dilengkapi dengan optik bermerek Zeiss. Ini memiliki sensor utama 64MP, ultrawide 5MP, makro 2MP, dan kamera kedalaman 2MP. Di bagian depan, ia memiliki modul kamera 32MP. Sensor utama dikabarkan menggunakan sensor Samsung Isocell dengan teknologi Tetrapixel.

Antarmuka pengguna Nokia X20 5G:

Antarmuka pengguna kamera Nokia X20 5G vs Nokia 8.3 5G vs Nokia 5.4 ditunjukkan di bawah ini dalam tangkapan layar.

Saat meluncurkan aplikasi kamera, ada beberapa perbedaan yang terlihat pada Nokia X20 dibandingkan dengan Nokia 8.3 5G dan Nokia 5.4. Di area utama, kamera makro diganti dengan opsi zoom 2X dan kamera lebar diberi label sebagai zoom 0,6X.

Berbagai Mode di kamera Nokia X20 5G:

Di bawah opsi LEBIH, Anda akan mendapatkan akses ke kamera makro, mode PRO, dan lainnya. Mode sinema hanya tersedia untuk sensor utama, tidak seperti pada Nokia 8.3 5G yang memungkinkan kamera ultrawide menggunakan algoritme mode sinema untuk lebih banyak keserbagunaan.

Lewatlah sudah opsi untuk merekam video menggunakan kamera makro yang mengecewakan mengingat Nokia 8.3 5G dan Nokia 5.4 memiliki opsi ini. Jika Anda suka memotret dalam mode 64MP, Nokia X20 memungkinkan Anda melakukan hal itu, namun ingatlah bahwa jumlah noise akan lebih tinggi dan ukuran file akan lebih besar.

Penghilangan perekaman video 4K ini membingungkan, baik dalam mode perekaman normal maupun cinema, mengingat prosesor SD660 lawas yang terdapat pada perangkat kelas menengah seperti Nokia 7 plus mampu merekam pada resolusi UHD. Namun Nokia 8.3 5G mampu merekam dalam 4K untuk kedua mode ini dan juga menawarkan perekaman video HDR yang merupakan perangkat kedua dari HMD Global yang menawarkannya setelah Nokia 9 Pureview. Berbeda dengan Nokia 8.3 5G, tidak ada opsi untuk secara bersamaan menangkap apa yang sedang direkam dalam mode video.

BACA JUGA:  Mari Mengenal CCTV

Kamera utama Nokia X20 5G :

Nokia X20 berkinerja baik di siang hari dengan detail yang baik ditangkap. Di antara 4 perangkat di atas, Nokia 7 plus berhasil menangkap warna paling akurat, diikuti oleh Nokia X20. Dalam hal HDR, Nokia 8.3 5G memimpin.

 

Dalam adegan di atas, Nokia X20 5G memiliki reproduksi warna paling akurat, diikuti oleh Nokia 8.3 5G, Nokia 7 Plus dan Nokia 5.4 yang mengacaukan rona biasa untuk langit.

Di crop dari Gambar di atas:

Dalam hal detail, Nokia X20 5G berkinerja baik. Nokia 8.3 5G memiliki gambar paling tajam yang mungkin dinikmati beberapa orang, tetapi penajaman yang berlebihan menyebabkan lebih banyak noise. Nokia 7 plus melakukan pekerjaan yang fantastis di sini untuk perangkat tertua dalam perbandingan.

Ini memiliki warna yang akurat dan gambar terlihat kurang tajam yang mungkin menjadi tujuan yang paling murni. Nokia 5.4 juga memiliki gambar lembut serupa di sini sayangnya reproduksi warna paling tidak akurat dengan semburat merah muda seperti yang ditunjukkan di atas.

Sudut lebar:

Sensor ultrawide 5MP pada Nokia X20 memiliki algoritma yang berbeda dari sensor berukuran serupa pada Nokia 5.4. ia memiliki reproduksi warna yang lebih akurat meskipun efek HDR lebih baik pada Nokia 5.4. Namun, kedua perangkat tidak berada di dekat apa yang dapat dilakukan Nokia 8.3 5G dengan sensor ultra-lebar 12MP yang berkinerja di atas rata-rata. Bagi saya, ini adalah sensor dan algoritme terdekat dari masa lalu Lumia yang indah.

Dipotong dari gambar di atas:

Gambar kanan bawah adalah dari Nokia 7 plus yang tidak memiliki sensor ultrawide. Sayangnya, sensor ultrawide Nokia X20 tidak mendekati rata-rata. Namun, pada 5MP, ini diharapkan. Gambar berisik dan warna diredam. Anehnya sensor berukuran serupa dari Nokia 5.4 tampaknya memiliki output HDR yang lebih baik dibandingkan dengan Nokia X20 5G.

Dalam skenario ini, sensor ultrawide Nokia 8.3 5G benar-benar memiliki keunggulan tersendiri dan bahkan melampaui sensor utama Nokia 7 plus dengan noise paling sedikit, reproduksi warna yang akurat, dan detail seimbang tanpa penajaman yang berlebihan. Kudos to HMD Global untuk memperbaikinya dengan sensor ultrawide dari Nokia 8.3 5G.

BACA JUGA:  Cara Terbaik Membersihkan dan Mengatur Komputer Anda

Hasil Nokia X20 5G 16MP VS 64 MP:

16MP:

64MP:

Cropped:

16MP:

64MP:

Cropped:

Sangat menyenangkan untuk melihat bahwa tidak ada banyak perbedaan dalam hal reproduksi warna dan HDR antara output 16MP dan output 64MP tidak seperti pada Nokia 8.3 5G. Output 64MP hanya memberikan gambar yang lebih detail dengan tidak banyak noise untuk dikompromikan.

Mode Makro Nokia X20 5G:

Contoh Nokia X20 5G:

contoh Nokia 8.3 5G:

Meskipun Nokia X20 5G dan Nokia 8.3 5G memiliki kamera makro 2MP, mengejutkan melihat bahwa algoritma pada Nokia 8.3 5G menghasilkan gambar yang lebih tajam dengan detail yang lebih baik. Meskipun output dari kedua kamera makro ini bagus, Anda mungkin lebih baik mendapatkan lensa makro tambahan jika Anda menyukai fotografi makro.

Contoh Nokia X20 5G:

Contoh Nokia 5.4:

Sebagai perbandingan, output makro Nokia X20 5G lebih baik daripada yang ada di Nokia 5.4 dengan gambar yang lebih cerah dan detail yang sedikit lebih baik.

Mode Malam Nokia X20 5G:

Set 1:

Set 2:

 

Sangat mengesankan untuk melihat bagaimana kinerja perangkat Nokia saat ini dalam pencitraan cahaya rendah. Dari perbandingan di atas, Nokia 5.4 memiliki gambar paling terang sedangkan Nokia X20 5G memiliki gambar paling gelap. Algoritme mode malam pada kedua perangkat ini menghasilkan gambar berbintik dengan noise. Pixel 3XL adalah perangkat referensi di sini. Ini bukan yang paling terang, juga bukan yang paling tajam, tetapi ini adalah referensi patokan tentang bagaimana seharusnya mode malam, mempertahankan detail dengan noise rendah.

Nokia 8.3 5G di sini secara mengejutkan menghasilkan gambar terbaik di sini, bahkan melebihi perangkat Pixel yang hebat, yang terkenal karena algoritme cahaya rendahnya yang paling mengesankan. Namun, tes ini menunjukkan bahwa HMD Global perlu meningkatkan algoritme cahaya rendah untuk Nokia X20. Ada cukup piksel di sensor utama untuk menghasilkan gambar cahaya rendah yang lebih baik, gambar dengan noise lebih sedikit dan detail lebih terjaga.

Video:

Di bawah ini adalah contoh video, yang diunggah langsung dari setiap perangkat untuk meminimalkan kompresi. Video direkam dengan tangan, tetapi suara sekitar mungkin berbeda karena kendaraan yang lewat.

BACA JUGA:  Cara Mengurutkan Umpan Berita di Facebook Berdasarkan Waktu Posting

Nokia X20 5G 1080p 60 FPS:

Mode Sinema Nokia X20 5G 2K:

Nokia 8.3 5G 1080p 60 FPS:

Nokia 8.3 5G 2K Cinema Mode: 

Nokia 5.4 1080p 60 FPS:

Nokia 5.4 2K Cinema Mode: 

Nokia X20 memang memiliki kualitas output video yang baik dan dalam pengujian ini berada di bawah Nokia 8.3 5G tetapi di atas Nokia 5.4. Mengejutkan melihat betapa berbedanya suara sekitar yang ditangkap oleh setiap perangkat dari jarak yang sama. Nokia 8.3 5G menangkap berbagai suara yang menakjubkan, diikuti oleh Nokia X20 5G. Namun Nokia 5.4 nyaris tidak berhasil menangkap suara sekitar dari jarak ini. Sekarang, ketiganya memiliki rekaman audio OZO di dalamnya. Masing-masing perangkat ini dilengkapi dengan 2 mikrofon namun masing-masing menghasilkan hasil yang berbeda. Setiap video juga ditangkap dengan tangan sestabil mungkin. Dalam hal stabilitas, Nokia X20 5G kembali berada di bawah Nokia 8.3 5G tetapi lebih baik daripada Nokia 5.4.

Contoh foto dan video lainnya dari Nokia X20 5 G :

Ringkasan:

Nokia X20 5G adalah perangkat yang sangat menarik, perangkat yang berpotensi menjadi lebih baik jika HMD Global terus memoles perangkat lunaknya. Sensor 64MP yang digunakan cukup memadai untuk sebagian besar penggila pencitraan. Meskipun tidak sehebat Nokia 8.3 5G yang merupakan kakak laki-laki di sini, ia masih dapat bertahan sendiri. Perekaman video pada 1080p 60FPS cukup untuk sebagian besar pengguna biasa, dengan stabilitas yang baik dan pengambilan audio yang kaya. Namun, penghilangan perekaman 4K mungkin menjadi pemecah kesepakatan bagi sebagian orang. Apalagi jika menganggap ini sebagai perangkat kelas menengah. Salah satu area yang saya harap dapat ditingkatkan adalah output mode malam. Sepertinya pekerjaan yang malas hanya untuk meningkatkan ISO untuk menangkap gambar yang cerah dengan mengorbankan lebih banyak noise dan lebih sedikit detail. Jika Nokia 8.3 5G dengan sensor 64MP serupa berhasil mengungguli perangkat Pixel yang terkenal, tidak ada yang mencegah Nokia X20 5G melakukan hal yang sama dengan pembaruan perangkat lunak yang tepat.

Sumber: https://nokiapoweruser.com/nokia-x20-5g-detailed-camera-review-comparison-vs-nokia-8-3-5-4-google-pixel-3xl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *