Penyedia Cloud Storage Terbaik

6 Penyedia Cloud Storage Terbaik 2021

Kebutuhan penyimpanan data kian hari semakin bertambah. Menjamurnya smartphone, berkembangnya dunia internet, dan digitalisasi berbagai hal, memaksa orang untuk memiliki aset penyimpanan data yang besar. Di sisi lain ancaman keamanan, dan juga harga penyimpan data yang cukup mahal menjadi tantangan tersendiri di era digital ini. Cloud Storage hadir sebagai jawaban atas permasalahan tersebut. Kini kita dapat menyimpan data dengan aman dan leluasa, bukan hanya itu, juga sangat mudah untuk diakses, kapanpun kita mau, dan dapat diakses dari perangkat apapun. Inilah dia Cloud storage!

Apa itu Cloud Storage?

apa itu cloud storage

Untuk memahami apa artinya cloud storage, Anda perlu memahami apa itu cloud. Cloud adalah sumber daya (biasanya daya komputasi atau penyimpanan) yang dapat Anda akses dari jarak jauh secara online baik secara gratis atau dengan biaya tertentu.

Ada lusinan layanan yang termasuk dalam istilah umum itu (cloud storage) dan banyak pengguna yang secara bergantian menyebutnya sebagai cloud backup, online storage, online drives, online backup, file hosting, file storage, dan sebagainya.

Secara sederhana, cloud storage adalah ruang virtual yang aman, yang biasanya Anda akses melalui browser atau aplikasi desktop (atau aplikasi seluler). Lokasi file sebenarnya berada di pusat data, server, hard drive atau solid-state drive.

Penyedia Cloud storage menawarkan solusi tempat penyimpanan yang mudah digunakan, aman, dan dapat diakses, menjadikannya lebih populer dari sebelumnya. Cloud storage melibatkan penyimpanan data di lokasi remote yang dapat diakses dari perangkat apa pun. Ini meningkatkan efisiensi dan meningkatkan produktivitas dalam hal pencadangan dan keamanan data Anda. Cloud storage memiliki banyak manfaat dan sangat hemat biaya karena Anda hanya membayar untuk penyimpanan yang Anda butuhkan.

Selain itu, banyak penyedia penyimpanan cloud memiliki rekam jejak keandalan dan keamanan yang luar biasa. Berdasarkan jenis data dan frekuensi penggunaan data tersebut, Anda dapat memilih penyedia yang memenuhi kebutuhan Anda. Anda harus mempertimbangkan apakah data yang Anda simpan, jika berlaku, tetap berada di geolokasi yang diperlukan, dan apakah penyedia memiliki dukungan kepatuhan atau tidak. Misalnya, jika Anda menyimpan data medis, maka Anda memerlukan kepatuhan HIPAA, dll.

Menggunakan cloud berarti dapat mengakses data Anda yang paling penting dan rahasia dengan aman kapan saja, baik itu dokumen, video, atau foto. Sebagian besar penyedia penyimpanan awan menawarkan cadangan pada tingkat tertentu, hampir sebagai konsekuensi dari fungsi yang dimaksudkan. Keamanan dan privasi cloud juga merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan.

Manfaat Cloud  Storage

Cloud Storage Memberikan Keunggulan Kompetitif

Sumber daya komputasi yang terus berkembang memberi Anda keunggulan atas pesaing, karena waktu yang Anda butuhkan untuk pengadaan TI hampir dapat diabaikan. Anda dapat merilis aplikasi mission-critical yang memberikan keuntungan bisnis tanpa biaya dimuka dan waktu yang minimal. Komputasi awan memungkinkan Anda melupakan teknologi dan fokus pada hasil bisnis utama Anda. Ini juga membantu Anda mengurangi waktu untuk memasarkan aplikasi dan layanan baru Anda.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Kerja Jaringan Nirkabel?

Cloud Storage Menghemat Uang Anda

Bisnis dan organisasi sering kali dapat menurunkan harga operasional tahunan dengan memanfaatkan penyimpanan cloud. Bisnis, kecil atau besar, ingin mendapatkan uang sambil menjaga biaya operasional tetap rendah. Dengan penyedia penyimpanan cloud, Anda dapat menghemat biaya modal yang besar dengan persyaratan aplikasi. Tidak adanya infrastruktur di tempat juga berarti operasi terkait seperti listrik, AC, dan biaya administrasi menjadi rendah. Anda membayar untuk apa yang Anda gunakan. Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa hanya organisasi besar yang mampu menggunakan cloud. Namun, layanan cloud juga sangat terjangkau untuk bisnis kecil.

Cloud Storage Membantu Pemulihan Bencana

Sangat disarankan agar bisnis memiliki rencana cadangan darurat yang tersedia. Dengan penyedia layanan cloud terkelola, komputasi awan dapat lebih andal dan aman daripada infrastruktur TI internal. Sebagian besar penyedia menawarkan Perjanjian Layanan yang menjamin ketersediaan tinggi. Organisasi Anda dapat memperoleh manfaat dari pengurangan sumber daya TI dan mekanisme kegagalan cepat, yaitu, jika server gagal, aplikasi dan layanan yang dihosting dapat dengan mudah dialihkan ke server lain yang tersedia.

Cloud Storage Memudahkan Berbagi File dan Kolaborasi

Jika ada dokumen yang memerlukan kolaborasi, rekan tim dapat mengakses proyek dari perangkat yang berbeda dan bekerja sama. Jika Anda ingin berbagi file atau mengerjakan dokumen dan berkolaborasi, Anda harus dapat mengandalkan antarmuka yang aman dan terjamin. Jika berbagi file melalui cloud penting bagi Anda, fitur audit dan sinkronisasi lintas perangkat sangat penting.

Cloud Storage Membantu Keamanan

Vendor bertanggung jawab untuk menjaga keamanan pusat data (data Anda) — dan mereka sangat ahli dalam hal itu. Penyedia penyimpanan cloud berisiko sampai tingkat tertentu. Penyedia bertanggung jawab untuk melindungi semua file dan data pengguna dari pencurian atau kehilangan data. Firewall dan layanan pencadangan adalah bagian dari keamanan data seperti halnya enkripsi data yang disimpan dan data yang ditransfer, dan merupakan fitur penting yang ditawarkan oleh penyedia penyimpanan cloud. Jika perlindungan data merupakan fitur penting bagi Anda, mengingat lokasi server menjadi hal yang tak terhindarkan. Tidak dapat dijamin bahwa informasi sensitif akan ditangani sesuai dengan peraturan perlindungan data jika Anda tidak mengetahui di mana data tersebut berada.

6 Penyedia Cloud Storage Terbaik

Dropbox

dropbox cloud storage

Dropbox masuk ke ruang bisnis ketika mereka menyadari banyak pengguna menggunakan layanan di tempat kerja untuk melewati batasan email atau FTP lama untuk mendapatkan dokumen besar dari satu tempat ke tempat lain. Ini lebih tradisional dalam arti sebagai pengganti Fileserver – administrator mengatur folder dan izin tim dan pengguna kemudian memiliki akses ke apa yang telah diberikan untuk mereka lihat. Dropbox memiliki sinkronisasi selektif, dan fitur yang disebut sinkronisasi pintar, yang memungkinkan pengguna melihat semua file dan folder yang mereka akses tanpa harus menyinkronkan semuanya. Dropbox memiliki integrasi pihak ketiga terbanyak. Salah satu fitur terbaik adalah fitur sinkronisasi LAN. Saat Anda menambahkan file ke Dropbox, data disinkronkan di cloud Dropbox. Ketika dokumen memiliki perubahan, semua komputer yang ditautkan, dan folder bersama kemudian akan mengunduh versi file yang baru.

BACA JUGA:  Cara memblokir situs di Google Chrome HP

Box

box cloud storageBerfokus pada pengguna dan organisasi pribadi, salah satu fitur terpenting Box adalah mereka sangat menekankan keamanan, yang merupakan faktor utama bagi sebagian besar organisasi. Box memiliki berbagai rencana yang berfokus pada klien yang lebih kecil dan organisasi yang lebih besar. Ini menyediakan cadangan data cloud real-time dan cukup mudah untuk diatur dan dimulai. Kemampuan untuk menyinkronkan di seluruh perangkat dan di antara rekan kerja membuat kolaborasi menjadi mulus. Unggahan dan unduhan sangat cepat, dan berbagai klien semuanya dirancang untuk efisiensi optimal. Daftar integrasi perusahaan Box adalah alasannya. Aspek Box yang paling dikritik adalah kurangnya dukungan untuk sinkronisasi tingkat blok dan manajemen kunci pribadi berbayar.

pCloud

pcloud cloud storage

pCloud adalah salah satu penyedia penyimpanan awan teratas yang tersedia. Jika Anda mencari ruang penyimpanan pribadi, penyimpanan awan plus alat kolaborasi, atau pencadangan perangkat, pCloud menawarkan solusi untuk semua orang. Ini kompatibel dengan hampir semua perangkat, dan Anda dapat dengan mudah mengakses file Anda dari mana saja menggunakan aplikasi seluler, desktop, dan browser mereka. Paket pCloud hadir dengan enkripsi 256-bit standar, perlindungan TLS/SSL untuk melindungi file saat dipindahkan ke cloud, dan lima versi setiap file yang disimpan di server yang berbeda. Dan jika Anda tertarik dengan lapisan aman lainnya atau jika Anda berurusan dengan informasi sensitif, Anda dapat meningkatkan ke enkripsi tingkat militer dengan biaya satu kali sebesar $175. Lapisan keamanan tambahan ini berisi enkripsi sisi klien dan privasi tanpa pengetahuan untuk solusi penyimpanan awan yang benar-benar aman.

FileCloud

filecloud cloud storage terbaikFileCloud adalah berbagi file, sinkronisasi, dan akses seluler terkemuka yang dihosting sendiri untuk organisasi dan bisnis. FileCloud terintegrasi dengan jaringan dan AD Anda yang sudah ada. Anda dapat menyimpan file Anda di server lokal Anda sendiri atau di cloud, dan pengguna Anda dapat mengakses file tersebut dari mana saja. Karena FileCloud terintegrasi penuh dengan Office 365, pengguna dapat mengedit dan berkolaborasi pada dokumen menggunakan Office 365 dari mana saja. Selain itu, aplikasi klien FileCloud tersedia untuk semua sistem operasi desktop dan seluler (Windows, Mac, Linux, iOS, Android, dan Windows Phone). Selain berbagi dan sinkronisasi file, FileCloud juga memberikan pencegahan kebocoran data (DLP), pencadangan titik akhir, dan audit yang sesuai dengan HIPAA kepada pelanggan. Itu dapat disesuaikan untuk mencerminkan merek organisasi Anda dengan logo perusahaan Anda, dan Anda dapat menjalankan FileCloud di bawah domain yang Anda pilih. Kemampuan khusus FileCloud untuk memantau, mencegah, dan memperbaiki kebocoran data memastikan data perusahaan terlindungi di semua perangkat Anda (Laptop, Desktop, Ponsel Cerdas, dan Tablet). Ini dapat menghemat ribuan jika dibandingkan dengan produk berbagi dan sinkronisasi file perusahaan serupa.

BACA JUGA:  Apa itu adware? Apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya memengaruhi sistem Anda?

Sync

sync cloud storage terbaik 2021Jika Anda tidak memerlukan kemampuan multi-cloud dari FileCloud, Anda dapat menghemat banyak uang dengan Sync.com. Ini adalah solusi terjangkau yang diisi dengan fitur penyimpanan perusahaan seperti log aktivitas file, berbagi file pribadi, dan manajemen pengguna terperinci. Ini menyediakan enkripsi ujung ke ujung sebagai fitur standar. Ini juga menawarkan fitur kepatuhan data dengan HIPAA dan GDPR. Sync.com menggandakan data Anda di beberapa pusat data bersertifikat SSAE 16 Tipe II untuk melindungi file Anda. Anda mendapatkan penyimpanan 1 TB per pengguna seharga $5 per bulan dengan paket tahunan. Sync.com menghargai keamanan daripada integrasi dan berhasil memangkas biaya secara signifikan. Itu tidak memiliki dukungan cloud publik seperti FileCloud, tetapi untuk beberapa bisnis, efektivitas biaya Sync melebihi kurangnya fitur.

OneDrive

onedrive cloud storage terbaik 2021Solusi cloud storage Microsoft disebut OneDrive. OneDrive menambahkan nilai ke layanan Microsoft lainnya, berfungsi sebagai dasar untuk suite Office, SharePoint, dan OneNote. OneDrive tidak menawarkan banyak integrasi pihak ketiga, tetapi integrasi yang tersedia sangat membantu, seperti dukungan untuk DocuSign, SalesForce, dan Wrike, dll. Aplikasi desktop terintegrasi dengan mudah dengan Windows, memungkinkan Anda membuat tautan file dengan kata sandi dan/atau tanggal habis tempo. Anda dapat menyiapkan grup untuk berbagi, dan grup tersebut berfungsi di seluruh aplikasi. Misalnya, mudah untuk berbagi file melalui OneDrive dengan grup di Teams. OneDrive dapat bekerja dengan baik sebagai bagian dari solusi penyimpanan awan Anda, dengan layanan seperti FileCloud atau Box yang mengisi kekosongan.

Penyedia Cloud Storage Mana yang Harus Anda Pilih?

Tugas membandingkan penyedia bisa jadi sulit karena ada tumpang tindih dan perbedaan untuk setiap jangkauan layanan penyedia. Beberapa bisnis membuat keputusan murni berdasarkan jumlah kapasitas penyimpanan yang tersedia per dolar. Tapi ini seharusnya tidak menjadi satu-satunya aspek yang harus Anda pertimbangkan. Sebagian besar solusi akan menawarkan sejumlah besar penyimpanan gratis. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui detail layanan lainnya, seperti keamanan, fitur kontrol akses, dll. Anda juga harus melihat OS apa yang didukung dan apakah Anda dapat mencadangkan dan menggunakan semua file Anda dari beberapa perangkat.

Kami berharap daftar penyedia cloud storage teratas ini akan membantu Anda membuat keputusan terbaik untuk Anda.

Daripada harus memperbanyak produk fisik berupa hardisk, flashdisk, dan atau media penyimpanan data lainnya yang tentunya akan sangat mahal dan memakan tempat, lebih baik anda mulai mempertimbangkan Cloud Storage sebagai media penyimpan data anda.

Sumber: https://www.linuxbabe.com/cloud-storage/best-cloud-storage-providers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *