Jenis Monitor yang Memiliki 4 sampai 16 Warna disebut

Jenis Monitor yang Memiliki 4 sampai 16 Warna disebut CGA. Singkatan dari Color Graphics Adapter.

CGA adalah adaptor video IBM awal yang menggantikan monokrom dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981. CGA memiliki resolusi tertinggi 640 x 200, kedalaman warna 4-bit, dan mendukung 16 warna (24 = 16).

Saat ini, CGA sudah jarang ditemukan atau digunakan setelah digantikan oleh teknologi yang lebih canggih seperti EGA dan VGA.

Microsoft Windows hanya mendukung CGA hingga Windows 3.0, tetapi Windows 3.1 dapat menggunakan driver CGA Windows 3.0.

Jenis Monitor yang Memiliki 4 sampai 16 Warna disebut

CGA juga dapat menampilkan teks, tetapi karakternya terlihat kabur dan menyatu, sehingga sulit dibaca. Dan Anda mungkin melihat efek berkilau yang mengganggu yang disebut salju saat Anda menggulir teks. Jadi jangan membeli komputer dengan CGA. Dan jika seseorang memberi Anda satu, masukkan VGA sebagai gantinya.

Banyak perusahaan lain selain IBM telah memproduksi kartu video yang bekerja seperti CGA. Beberapa PC, termasuk kebanyakan laptop yang dibuat sebelum tahun 1990, dilengkapi dengan sirkuit yang Kompatibel dengan CGA.

Jenis Monitor yang Memiliki 4 sampai 16 Warna disebut CGA ini kemudian dikembangkan menjadi kartu EGA yang mendukung ketelitian hingga 640 x 350 dan sejumlah palet yang masing-masing terdiri dari 16 warna dari 64 warna baik dalam mode text maupun grafik.

Baca Juga  Cara Terbaik Membersihkan dan Mengatur Komputer Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *