Review Harga dan Spesifikasi Hp Asus Zenfone 8

Saat ini ada Zenfone paling baru. Zenfone 8! Buat yang belum tau, Zenfone itu seri HP dari Asus ya, kalau Samsung kan ada Galaxy, kalau OPPO ada Reno, kalau Xiaomi ada Mi, Redmi, realme ada Narzo, Kalau Vivo… kayaknya dia ada seri V, tapi LG juga punya seri V… Ya anggap aja Vivo nggak ada branding yang gimana lah, kita fokus ke Zenfone aja.

Dulu nama Zenfone itu lumayan jadi idola lah, sekitar 3-4 tahun lalu, pas Asus masih habis-habisan di pasar HP, Zenfone yang baru selalu dinanti. Tapi, anda pasti udah nyadar juga, kalau selama 2 tahun terakhir ini, Zenfone mulai hilang. Kayak Avatar lah, ketika dunia memerlukannya, buat lawan Xiaomi, dia malah hilang.

Asus akhirnya mulai lepasin gas di persaingan dunia HP yang keras banget. Mereka mutusin buat bikin 2 jenis HP aja, yang pertama adalah HP gaming RoG Phone. Terus yang kedua, adalah Zenfone yang kelasnya atas, bukan yang budget lagi. Yang jujur aja, saya nggak ngarep banyak kalau HP yang kayak gini diseriusin oleh Asus Indonesia. soalnya walaupun tahun lalu ada Zenfone 7, tapi ujung-ujungnya tuh HP nggak masuk resmi ke Indonesia.

Saya kirain, yah… Zenfone udah kelar nih. Pelan-pelan hilang semua. Jadi pas Asus ngabarin kalau mereka mau ngirimin Zenfone 8 buat dibahas, dan bakal resmi masuk ke Indonesia, saya lumayan surprise lah. Surprise yang hepi banget pastinya. Karena Zenfone bisa balik lagi. Dan bakal masuk secara resmi, mantep lah! Zenfone is back!

Dan kali ini HP-nya agak beda lho dari HP yang ada di pasaran sekarang. Saking bedanya… Saya mending langsung kasih tau aja ya, kalau kesan pertama saya sama Zenfone 8 ini… Jelek banget. Pas saya unboxing nih HP, saya sempet kepikiran soal “Asus niat nggak sih bikin HP? Ini mau asal launching aja, atau yang penting asal mereka jualan? Atau gimana?” Coba liat aja bagian belakangnya ini, kok kayak HP mainan atau KW gitu ya, kasarnya ya.

Review Harga dan Spesifikasi Hp Asus Zenfone 8

Posisi kamera belakangnya kayak meleset gitu. nggak sesuai harganya yang harusnya kelas tinggi. jarak sisi kiri sama atas nggak sama. Kayak terlalu kebawah. Kameranya juga boy… boy… cuma ada 2 lensa doang! Kalau anda minta orang nebak harga HP ini hanya dengan ngasih liat desain belakangnya, jangan heran kalau banyak yang nebak kalau HP ini harganya 2–3 jutaan. Ekspektasi saya sama Zenfone 8 ini… Langsung jatuh gitu. Tapi untungnya, yang namanya kesan pertama itu, bisa hilang kalau kenal orang atau barangnya lebih lama ya. Kayak Zenfone 8 ini juga, semakin saya pake, nilainya jadi tambah naik juga.

Banyak diminati:  Asus Luncurkan Laptop Khusus untuk Belajar Anak - Keyboardnya Anti Tumpah dan Anti Bakteri

Sampai ujung-ujungnya, pas saya ngomong sekarang ini, status saya udah baper sama nih HP. Nggak sabar pengen cobain versi resminya dengan software finalnya, biar bisa direview lebih dalem lagi, karena HP ini… Bikin saya inget sama nikmatnya pake HP compact. Kita tunggu tanggal mainnya aja, kalau review kan memang enaknya itu yang versi resmi.

Sekarang kita lanjut ngobrolin Zenfone 8 ini, yang tadi saya bilangnya, bikin baper ya. Padahal awalnya males lho. Kok bisa gitu? Karena di saat HP zaman sekarang, pada punya ukuran yang gede-gede, kayak lagi lomba soal siapa yang bisa menuh-menuhin tangan penggunanya, Zenfone 8 datang dengan ukuran layar 5.9 inci. Dimensi bodinya sendiri punya panjang 148mm, lebar 68.5mm, dan tebalnya 8.9mm. beratnya sendiri dibawah 170 gram. Tepatnya 169 gram. Kalau diukur, panjangnya lumayan mirip sama iPhone 12 atau 12 Pro tapi Zenfone keliatan jelas lebih kurus ya, bikin HP-nya lebih enak lagi buat digenggam. Ukuran HP yang compact kayak gini, jelas nggak bakal cocok buat semua orang sih. pasti banyak yang doyan HP ukuran gede juga, makanya HP di pasaran pada gede, ngikutin selera orang kan? Tapi nggak jarang juga kok, saya baca komen dari penonton yang kangen sama HP bagus dengan ukuran compact.

Saya ulangin. HP bagus, dengan ukuran compact. Karena kalau menang kecil doang, bakal susah juga. Nggak ada isinya. Kayak anak bawang gitu. Diperhatiin karena dia kecil doang. Di Zenfone 8, justru isinya yang bikin HP ini bener-bener menarik. Menarik banget. Kayak dari bahan bodi, di bagian depannya udah pake kaca Corning Gorilla Glass Victus, jenis terbaik buat sekarang. Sementara bagian belakangnya pake Gorilla Glass 3.

Banyak diminati:  Asus Siap Meluncurkan Laptop Lipat Zenbook 17 Fold OLED

Buat pilihan warnanya sendiri, yang kita bahas sekarang namanya Obsidian Black, ada juga varian warna putih yang namanya Horizon Silver. Terus satu lagi, yang bikin Zenfone 8 bener-bener berasa mahal ada di sertifikasi IP68-nya, yang artinya nih HP udah tahan kalau dicemplungin ke air, atau kalau dia kena paparan debu. Ini flagship banget. Terus, yang bikin sebagian orang bakal loncat-loncat kesenangan juga, ada di bagian atas HP ini, MASIH ADA HEADPHONE JACK! Wadidaw wadidaw! HP flagship zaman sekarang, masih ada headphone jack, luar biasa sih.

pilihan warna hp asus zenfone 8

Terus di bagian bawah, HP ini juga ngasih kita LED notifikasi. Posisi yang unik di bagian bawah kayak gini. Cuma bagus juga, kalau misalnya kita taruh HP di meja, bagian yang paling keliatan kan bagian bawahnya ini ya. Yaa aneh- uhh… Ya, aneh banget lah, saya dibikin seneng sama fitur-fitur yang harusnya kedengeran wajar, bentuk kecil, headphone jack, LED notif, tapi kenyataannya memang fitur-fitur kayak gini udah mulai punah. Dasar manusia kan, giliran mau hilang, baru mulai dianggap. HP ini tentu aja punya NFC, terus speakernya udah stereo, dan dia nggak support memori eksternal sih, supportnya dual SIM aja. Di bagian layar, Zenfone 8 juga punya teknologi yang nggak kompromi, angka yang dikecilin dari layar nih HP, cuma ukurannya aja. Sisanya tumpah-tumpah. mulai dari refresh rate 120Hz, terus resolusi Full HD+, karena kalau lebih tinggi dari itu juga nggak bakal guna di layar kecil, color gamut-nya 150% sRGB, brightness maksimal di 1100 nits, dan panelnya udah AMOLED.

Mesin dari HP ini juga gila-gilaan. Chipsetnya pake Naga yang paling kuat buat sekarang, Snapdragon 888! RAMnya up to 16GB! Memori internal up to 256GB! Keren! Karena biasanya nih ya, masalah HP compact itu bukan ukurannya yang kecil sampai ada orang ada yang nggak doyan, tapi bentuknya yang kecil itu… mesinnya juga biasanya disunat biar kerasa sesuai, karena mesin yang terlalu kenceng, suhunya juga kenceng, dan suhu yang kenceng, harus dilawan pake pendingin yang kenceng juga. Pendingin yang kenceng, butuh tempat sendiri juga di HP-nya. Butuh ruang lebih. Jadi Zenfone 8 ini menarik banget. Kecil-kecil kok ganas ya… Kayaknya bakal cepat panas. Teorinya gitu, tapi untuk prakteknya semoga nggak gitu. Kayak kemaren, pas kita bahas Vivo X60 series, walaupun bodinya tipis, tapi dia bisa tetep adem. Lebih bagus daripada HP lain yang tebal. Jadi semoga Zenfone 8 ini bisa kayak gitu juga. Semoga banget! Buat baterenya sendiri dia punya kapasitas 4000 mAh. Nggak gede-gede banget, HP kecil memang harus tau diri juga, ujung-ujungnya. kalau charger bawaannya dia pake yang sampai 30 Watt, udah ada di bawaanya. Dan buat kameranya, dia pake sistem dual camera tadi.

Banyak diminati:  Simak Spesifikasi Tablet Gaming ASUS ROG Flow Z13

kamera hp asus zenfone 8

Yang satu kamera utama 64MP, yang satu lagi kamera ultrawide 12MP. Kira-kira kayak gini hasil fotonya, buat sekarang nggak bisa saya komenin banyak dan nggak bisa saya tunjukkin banyak, karena softwarenya belum final, jadi ya saya simpen dulu lah komennya…

Semuanya memang serba belum final lah kalau belum dijual resmi. Mulai dari performanya, kualitas kameranya, harganya… tulisan ini memang cuma buat ngenalin bagian yang nggak bakal berubah dari HP-nya aja, yaitu hardware-nya. Kalau misalnya anda seneng sama konsep yang ditawarin oleh Zenfone 8, nanti HP-nya bakal saya review pas udah masuk resmi. Tungguin aja. Saya sih seneng banget ya, ada HP yang lumayan beda dari yang lain. Terbilang berani malah.

Oh iya, buat harganya sendiri, di Eropa sana, harga Zenfone 8 ini udah dijual mulai dari 599 Euro itu sekitar 10 juta. Tapi kita harus inget kalau harga Eropa itu selalu lebih tinggi dari harga di Indonesia. Itu biasanya ya, ya semoga keulang lah, semoga Indonesia lebih murah. Kalau saya tebak, harga Zenfone 8 ini kurang lebih di 9 juta lah.

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol