Review Samsung Galaxy A52 4G 3

Review Samsung Galaxy A52 4G – Harga dan Spesifikasi Lengkap

Samsung Galaxy A52. HP yang hypenya tinggi banget. Pas belum launching aja, saya udah diburu penonton, “Bang, review A52 bang” “Bang, Galaxy A52nya mana?” “A52 A52” . Yah, saya ngerti sih kenapa HP ini bisa hype abis. Karena reputasi HP Samsung seri A, yang ada angka 5 nya, mau yang seri A5 2016, A5 2017, A50, A51, A52, semuanya cakep gitu. Dia punya reputasi yang serba nyaman, mulai dari speknya, fiturnya, ukurannya, harganya, semuanya serba pas. Saya sendiri, dulu pakenya Samsung Galaxy A5 2016 buat daily driver, dan sampe sekarang masih saya simpen sebagai salah satu benda bersejarah. Karena memang sebagus itu di masanya. Jadi, tanpa perlu direquest yang bejibun dari penonton pun, saya juga udah nunggu nunggu banget buat nyobain nih HP.

Review Samsung Galaxy A52 4G 1
source: YT Channel Gadgetin

Dan setelah seminggu lebih nyobain Samsung Galaxy A52, kesan saya kayak gimana? Pewe banget sih! Dengan beberapa bagian kecil yang bikin gatel. Kita mulai dari bagian desainnya dulu, yang dipermak abis ya oleh Samsung, kalau dibandingin sama A51 kemaren. Walaupun bahan yang dipake sama-sama polikarbonat, tapi feelnya udah kerasa jadi lebih halus di tangan lewat tekstur doff buat bagian belakangnya ini. Tampilannya juga keliatan elegan gitu, warnanya pake tipe yang halus, nggak bener bener pekat. Lumayan ngikutin tren warna fashion zaman sekarang. Buat unit yang kita bahas kali ini, variannya warna Awesome Black, ada juga 3 varian lain yang namanya Awesome White, Awesome Blue, dan Awesome Violet. Pas saya cobain buat pertama kali, desain A52 ini lumayan bikin… inget sama desain Galaxy S21 Ultra, yang tipe warnanya mirip, dengan bentuk kamera yang ngotak juga, tapi untungnya keduanya bisa dibedain dengan gampang, karena di A52, modul kameranya nggak kena sampe ke sudut, kotak biasa aja.

Yaa baguslah. Samsung nggak berusaha mirip miripin desain HP kelas menengah mereka sama HP kelas atas kayak kejadian tahun lalu, biar yang udah keluarin duit lebih buat HP kelas atas, nggak ngerasa percuma gitu. Kok sama, kali ini udah beda Daripada desain bagian luarnya yang disamain, mending kita samain desain bagian dalemnya ajalah! Mungkin itu yang Samsung pikirin, soalnya Galaxy A52 ini, juga didesain biar bisa tahan air dan debu, kayak HP-HP premium mereka. Makanya HP ini bisa dapetin rating IP67, yang artinya dia aman dipake di lingkungan yang banyak debunya, plus aman buat dicemplungin di air sedalam 1 meter selama 30 menit. Bedanya rating IP67 di A52, sama IP68 di Galaxy S21, ada di soal kedalaman airnya aja. Kalau IP67 ini aman di jarak 1 meter, kedalaman 1 meter, kalau IP68, bisa sampe 2 meter. Buat saya sama sekali nggak masalah ya, karena saya nggak pernah bawa HP saya buat nyelem.

Banyak diminati:  Samsung Galaxy Z Fold3 5G : Harga dan Spesifikasi Indonesia 201
Review Samsung Galaxy A52 4G 4
Source: YT Channel Gadgetin

Rating IP-IP an itu lebih buat ngasih rasa tenang pas HPnya saya bawa sambil mandi, sambil denger music gitu, atau sambil nonton Youtube. Karena mau kena pancuran shower, atau nyemplung ke bak mandi, HPnya nggak bakal kenapa-kenapa. Atau mas lagi motoran, tiba tiba ada ujan deres, kita ga usah mikirin kesehatan HP lagi. Tinggal badan aja, udah pakai jas hujan atau belum atau neduh aja Yaa mantep lah, Samsung udah niat balikin fitur yang dulu memang jadi andelan Galaxy A yang ada angka 5 dan 7-nya. Soalnya di A50 dan 51, rating IP 67 atau 68 sempat menghilang. Mungkin… karena memang susah dibikin kali ya. Sampe sekarang aja, masih langka banget ada brand yang ngasih fitur kayak gini ke HP mereka. Sekarang kita coba liat kelengkapan port dari Galaxy A52, di sebelah kanan ada tombol power dan volume, di bagian atas ada lubang mikrofon, terus ada SIM tray yang jenisnya hybrid, jadi harus milih mau pake 2 kartu Nano SIM ato 1 kartu SIM dan 1 kartu MicroSD. Di sebelah kiri nggak ada port apa-apa, dan di bagian bawah ada headphone jack, mikrofon, port USB type C, dan speaker. Speaker di Galaxy A52 ini juga didukung oleh earpiece di bagian depan atas ya, yang di pojokan ini nih, yang ada sela-selanya.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A52 4G gsmarena 1

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A52 4G gsmarena 2
Source: Gsmarena

Bagian ini juga bisa ngeluarin suara, biar sistem speaker di Galaxy A52 bisa jadi stereo. Dan satu lagi, HP ini juga tentunya udah support NFC di dalemnya. Sep, bagian desainnya udah, lanjut ke bagian display, yang punya ukuran 6.5 inci dengan panel Super AMOLED yang selalu jadi andalan Samsung dari dulu, tingkat kecerahannya 800 nits, dan kacanya udah dilapisin Corning Gorilla Glass 5. Layarnya juga bisa dipake baca sidik jari kita kayak fungsi sistem keamanan biometric, dan refresh ratenya udah 90Hz biar gerakan yang ditampilin di layar bisa kerasa lebih mulus dari pada HP yang biasa.

Secara spek, udah oke banget lah, warna layarnya udah bagus, dan feelnya kerasa mulus juga. Kayaknya nggak bisa minta yang lebih lagi ya dari layarnya. Udah cakep banget. Tapi di bagian layarnya juga nih, letak bagian kecil yang bikin gatel, yang saya sebutin di awal tadi. Ntah kenapa, modul kamera depan 32MP-nya ini, harus banget pake warna abu abu, nggak dibikin item aja. Jadi pas layarnya lagi mati, yang warna item gitu, warna kamera depannya keliatan kurang akur. Dan masih soal penampilan, bezel dari Galaxy A52 ini, harus diakuin keliatan lumayan tebel, lumayan berisi, dan yang terakhir, masih soal layarnya, modul geteran pas kita teken-teken tombol home, atau back, atau apa yang nimbulin geteran, ngetik gitu nggak kerasa kayak HP premium. Coba dengerin ya… Anda pasti ngerti maksudnya.

Banyak diminati:  Aplikasi Mola Hadir di Samsung Smart TV
Review Samsung Galaxy A52 4G 5
Source: YT Channel Gadgetin

3 hal yang barusan saya sebutin memang bagian-bagian kecil yang nggak terlalu penting, lama-lama bakal biasa. Tapi justru itu sayangnya, tanggung banget. Buat urusan yang gede, Galaxy A52 udah mantep, kayak fitur IP67, desain cakep, layar kece, harusnya bisa lah, yang kecil kecil juga sekalian dibagusin. Dasar manusia ya, pengen yang sempurna gitu. Coba kalau liat mesin yang dipake, bakal juga diprotes nggak? Chipsetnya pake Qualcomm Snapdragon 720G, RAMnya 8GB, memori internalnya tergantung varian apa yang kita pilih.

Ada yang 128GB, yang harganya 4.999 juta, dan ada yang 256GB, harganya 5.399 juta. Kalau buat saya sendiri, spek yang dikasih udah sesuai standar pasar banget buat kelas harganya. 4-5 jutaan dapet Snapdragon 720G, yang kalau kita geber buat main game, udah aman banget. Kayak main Mobile Legends tentu aja bisa jalan di mode High Frame Rate dan kualitas gambar yang tinggi punya, kalau main PUBGM bisa di smooth ultra, kalau dipake buat main Genshin Impact, baru agak susah. Walaupun settingannya udah kita atur ke yang lowest, fps yang kita dapetin nggak bakal tinggi tinggi banget, kisarannya paling 20-30 fps. Bisa dipake main tapi nggak mulus mulus banget. Kalau buat daya tahan baterenya sendiri, kapasitasnya 4500 mAh ya. Pas saya pake buat main mobile Legends, 20 menit ngurangnya 5%, PUBGM, setengah jam ngurangnya 8%, buat Google Maps 90 menit, ngurangnya 13%, dan kalau buat pemakaian enteng kayak tiktokan, sejam kemakan 10%. Aman buat dipake normal buat seharian. Soal kecepatan ngecas, kita dikasih charger bawaan 15 Watt aja ya di paket penjualan, yang ini kedengeran kurang kenceng sih, dan memang kecepatannya standar aja, setengah jam keisi 36%, sejam 70%, dan buat penuh, dia butuh waktu 1.5 jam.

Review Samsung Galaxy A52 4G 6
Source: YT Channel Gadgetin

Nggak bisa dibilang cepet cepet banget, tapi juga nggak bisa dibilang lambet juga. Nah, sekarang kita coba liat kualitas kamera dari Samsung Galaxy A52. Dia pake sistem quad camera, 4 kamera. Kamera utama resolusinya 64MP dengan OIS, kamera ultrawide 12 MP, kamera makro 5MP, dan kamera depth 5MP. Kamera utama dengan sistem OIS itu… Menarik juga sih, karena OIS, alias Optical Image Stabilization, biar gambar bisa lebih stabil pas ditofo, masih langka ditemuin di HP kelas menengah kayak gini. Kalau dipake buat motret di kondisi terang, mungkin perannnya nggak bakal terlalu kerasa ya, karena foto di suasana terang memang ga butuh banyak usaha. HP yang tanpa OIS pun pasti kerasa bagus-bagus aja. Tapi di kondisi low light, baru peran OIS berasa banget biar gambar nggak goyang. Kayak di Galaxy A52 ini, foto di malam hari, bisa kerasa tetep tajem, lebih tajem dari HP sekelas. Saya suka banget sih sama hasil foto kamera A52 ini, mau di suasana terang, gelap, bagus semua buat kamera utama. Buat kamera ultrawidenya juga bagus, gambarnya masih berasa tajem. Padahal biasanya kamera ultrawide cuma sekedar ada aja, kualitas beda jauh dibanding kamera utama, tapi yang ini ada bedanya turun jelas tapi nggak sejauh itu. Buat foto makro juga oke lah, yang penting ada.

Banyak diminati:  Nokia X20 Siap Bersaing dengan Samsung dan Apple, Smartphone 5G Siap Diluncurkan

Yang kurang cocok cuma di foto zoom aja, karena Galaxy A52 nggak punya kamera telephoto, kalau itu harus ambil yang A72. Video dari kamera belakangnya juga kerasa stabil ya, jadi fungsi dari OIS memang kepake banget mau di foto, maupun ultra, waktu malem, buat video, semuanya bisa kepake banget jadi 1 fitur aja ngefeknya ke semua gambar yang diambil oleh Samsung Galaxy A52 ini. Kesimpulan saya buat Samsung Galaxy A52, sejarah kembali terulang sih. Saya suka sama HP ini, reputasinya sebagai HP yang all rounded, cocok buat siapa aja, baik yang seneng spek, dan juga yang seneng sama desain, fitur, semuanya bisa dilayanin oleh Galaxy A52. Memang, tetep ada kekurangan yang bikin HP ini nggak perfect, kayak desain kamera depan tadi, terus bezel yang nggak bisa dibilang tipis, sama modul geterannya, tapi kalau kita udah kebiasa, sisanya tinggal yang positif-positif aja, mulai dari desain yang cakep, kerasa simple tapi mahal gitu, kualitas layar yang udah jadi andalan sejak dulu, performa yang bisa dipake buat berbagai macem kegiatan, batere awet, kamera cakep dengan OIS, sistem antarmuka One UI, dan tentu aja, fitur *IP67* yang susah banget buat diikutin HP lain. HP ini, recommended. Nggak perlu ngomong lebih jauh lagi sih Demikian review GadgetIn buat Samsung Galaxy A52.

(YT Chanel “Gadgetin”)

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

A32 Ip67 ,Samsung A32 A52 ,Samsung A32 Ip67 ,Samsung A52 A32 ,A32 A52 ,Case Samsung Galaxy A52 ,A52 4g Samsung ,Galaxy A52 Antutu ,Galaxy A52 5g Antutu ,A52 Galaxy ,Galaxy 52 ,Dxomark Samsung A52 ,Dxomark Galaxy A52 ,A52 Samsung 4g ,Case Samsung A 52 ,Camera Samsung A52 ,Youtube Samsung A52 ,Antutu Samsung A52 ,Antutu Galaxy A52 ,Antutu A52 Samsung