belajar saham untuk pemula

Belajar Saham untuk Pemula

Belajar Saham untuk Pemula – Bagaimana cara belajar saham gratis. Pertama, saya akan menunjukkan dua buku yang menurut saya dapat dibaca sebagai dasar untuk belajar saham, kemudian saya akan menunjukkan cara gratis untuk belajar saham langsung dari analis saham profesional, dan saya akan mencoba membeli saham menggunakan metode saya. belajar untuk melihat apakah itu berhasil. untung atau tidak .

Baca Juga: Cara Trading Saham Harian

Saham memang instrumen keuangan yang berisiko tinggi, dan jika kita mulai berinvestasi atau trading saham, kita perlu belajar banyak, berbeda dengan reksa dana, misalnya. Dimana manajer investasi melakukan investasi. Jadi kita hanya menerima hasilnya. Lain halnya dengan deposito dan obligasi negara yang keuntungannya sudah jelas sejak awal. Untuk reksa dana, obligasi, dan deposito masih bisa dicoba, tapi untuk saham sebaiknya tidak beli saja dan perlu dieksplorasi dulu sebelum kita mulai.

Langkah pertama itu, kita harus mengerti dulu apa itu saham? Mengapa harga saham naik turun? Itu bisa dipahami dari internet. Selanjutnya, saya pikir kita perlu memiliki fondasi, dan itu bisa dari membaca buku. Saya sarankan membaca buku untuk memulai.

Satu buku untuk fundamental dan satu buku untuk teknikal. Untuk fundamental, buku Value Investing Beat the Market in Five Minutes karya Teguh Hidayat dan untuk technical, buku Technical Analysis for Mega Profit karya Edianto Ong.

Baca Juga: Sekuritas Terbaik untuk Trading Saham yang Cocok untuk Pemula

keduanya bisa didapatkan di Gramedia dan toko buku manapun seharusnya, untuk buku Value Investing ini harganya sekitar Rp. 60.000 dan bisa juga dalam bentuk e-book. Saya membeli buku Edianto Ong di Google Play Book dengan harga sekitar Rp 140.000.

Mengapa saya merekomendasikan buku ini? Karena menurut saya penulisnya benar-benar praktisi, itu bisa dibaca dari kemampuannya menjelaskan hal-hal rumit dalam bahasa yang mudah dimengerti. Yang menurut saya berarti mereka benar-benar ahli. Jadi cobalah untuk membeli dan membaca kedua buku ini berkali-kali untuk membangun fondasi yang baik sebelum mulai beli saham Sekarang. Di era digital ini, ada tempat lain yang sangat ampuh untuk belajar, yaitu webinar atau kelas online.

Banyak diminati:  Apa itu Reksadana

Jadi kita bisa belajar dari analis saham yang sebenarnya, ini bisa menjadi pelengkap ilmu yang kita pelajari dari buku. Karena terkadang kita bisa salah paham jika hanya membaca buku, tanpa bimbingan dari orang lain. Dan bagusnya kita juga bisa bertanya kepada narasumber jika ada bagian yang belum tahu, kita dapat mengklarifikasi.

Banyak sekali kelas online yang bagus dan pembicaranya juga orang-orang yang berpengalaman di bidang saham. Tetapi membutuhkan investasi yang lumayan, karena saham adalah ilmu yang cukup mahal. Jadi mungkin tidak semua orang mampu untuk mengikuti kelas tersebut, karena Harganya jutaan rupiah. Salah satu alternatifnya adalah dengan mengikuti webinar yang diadakan oleh sekuritas kita. Begitu banyak sekuritas yang memberikan layanan pelatihan, dengan tujuan yang pasti agar kita para pengguna benar-benar berani melakukan transaksi saham. Contohnya IPOT termasuk yang cukup rajin mengadakan webinar.

Baca Juga: 10 Aplikasi Saham Penghasil Uang Terbaik dan Terpercaya 2021

Jadi ada layar IPOT khusus di bagian bawah yang disebut IPOT Journey. IPOT Journey terbagi menjadi pemula, menengah, dan lanjutan, sehingga materinya mulai dari pengenalan untuk pemula hingga topik yang semakin maju, dan pelatihannya cukup detail, misalnya untuk topik analisis, bukan hanya kulitnya, tetapi ada sesi khusus untuk topik detail. seperti tren, membaca laporan keuangan, saham syariah, cara menghitung harga wajar, dll.

Bahkan ada klinik saham dimana kita bisa konsultasi tentang portfolio saham kita. Sesi seperti ini sebenarnya lumayan mahal, bisa kita lihat disini di tempat lain selama dua jam biayanya sejuta, kalau pakai IPOT bisa gratis.

Ddan selain itu kelas online di bawah juga banyak terdapat podcast, video, dan artikel yang bisa kita tonton dan dengarkan kapan saja tanpa harus mengikuti jadwal kelas online. Jadi, IPOT Journey bisa menjadi tempat yang sangat bagus untuk belajar.

Nah webinarnya pake Zoom. jadi kita masuk ke www.zoom.us dulu, trus pilih Sign Up It’s Free diatas, saya sarankan buat akun Zoom dengan nama asli sesuai nama kita yang kita daftarkan di IPOT. soalnya nanti akan terverifikasi ketika kita ingin masuk ke webinar, jadi jika dari awal menggunakan akun Zoom dengan nama asli akan jauh lebih mudah. setelah Anda membuat akun Zoom, sekarang kita harus mengunduh Zoom.

Banyak diminati:  11 Aplikasi Saham Indonesia Terbaik OJK, Pemula? Gaskeun!

Jika Anda menggunakan laptop atau PC, Anda bisa turun ke Meetings Client, lalu pilih Zoom Client for Meetings dan pilih Download.

Jika Anda dari ponsel, Anda dapat mencari Zoom di Appstore atau di Playstore. Saat login ke Zoom, karena kita sudah memiliki akun, kita hanya perlu login dan semua informasi akan otomatis terisi, jadi kita tidak perlu mengisi nama kita setiap kali ingin mengikuti webinar.

Selanjutnya kita coba daftar webinar untuk IPOT Journey di bawah ini, saya akan coba salah satunya. Misalnya ini tentang analisis teknikal, topiknya Analisis Teknis 101, atau dasar-dasar analisis teknis, Anda akan melihat tanggal dan webinarnya , lalu kita pilih RSVP di bawah ini untuk daftar. Kita akan masuk semacam Google Form, kemudian kita akan mengisi semua informasi kita, jangan lupa untuk mengisi nama lengkap sesuai dengan akun IPOT kita dan akun Zoom kita.

Baca Juga: Saham Ford dikejutkan dengan pengumuman peluncuran Mobil Listrik F-150

Untuk mengikuti webinar, segera buka Zoom pada waktu yang sesuai dengan jadwal webinar, masukkan kode rapat, lalu pilih join. Selama nama kita cocok dan sudah terdaftar, admin akan menerima kita.

Nah, beginilah tampilannya saat kita memasuki webinar. Narasumber akan menampilkan materi pelajaran di sini, dan kami juga dapat mengajukan pertanyaan di bawah sini, webinar yang saya tunjukkan adalah tentang analisis teknis, jadi selanjutnya kami mencoba untuk berlatih membeli saham berdasarkan analisis teknis.

Jadi dalam analisa teknikal, konsep yang paling dasar adalah support, resistensi dan tren. Sekarang kita akan coba beli saat memantul dari support, jadi ada saham BFI Finance, kode sahamnya BFIN. Kalau dilihat dari chatnya ada support yang terbentuk di 280 dan supportnya cukup kuat terlihat volume transaksi yang sangat besar dan terus berkembang disini, jika berhasil rebound kita bisa melakukan semacam swing trade yaitu beli di support dan langsung sell di resistance.

Banyak diminati:  Dimana Anda Harus Berinvestasi?

resistance itu sendiri ada di 330 sini, dan itu akan menjadi target harga untuk jual nanti. Jadi saya mencoba berbaris untuk membeli di 282 total sekitar 5 juta yang berarti 180 lot. Nah ternyata saya gak dapet 282 alias gak ada yang mau jual di 282 biar bisa ganti harga antrian, saya pencet gambar tong sampah ini untuk “withdraw”, lalu saya antri beli di harga yang lebih tinggi harga, saya coba di 286 dan ternyata baru beli di 286.

Jadi selanjutnya kita harus menunggu sampai harga masuk ke 330, satu setengah bulan kemudian akhirnya harga BFIN telah melewati 330 Sebenarnya jika menembus resistance volume tinggi seperti ini berarti harga akan terus naik untuk mencari resistance baru jadi sebaiknya jangan dijual atau saya jual sebagian saja, tapi untuk contoh ini saya jual saja semuanya sesuai rencana awal kita.

Baca Juga: Pendaftaran BCA Sekuritas – Panduan Lengkap Terbaru 2021

Saya antri jual di 336, 338, dan 340. Dan ternyata semua sahamnya laku. Total beli dengan modal 5.150.000, lalu jual total 6.060.000. Keuntungannya adalah 900.000, yang berarti keuntungan sekitar 18 persen dalam waktu satu setengah bulan.

Jadi mari kita coba mengamalkan ilmu yang kita pelajari dari buku dan dari kelas online, karena pengalaman dan jam terbang juga sangat penting untuk mempertajam pemahaman kita tentang saham. mulai dengan membaca buku. Saya merekomendasikannya kepada Teguh Hidayat dan Edianto Ong untuk fundamental dan teknikal. Kedua, penting juga untuk mengikuti webinar agar pengetahuan kita lebih tajam dan kita juga bisa menggunakan kesempatan untuk bertanya pada bagian yang belum kita pahami. Ketiga, sekuritas biasanya memberikan webinar gratis, misalnya IPOT Journey yang materinya sangat lengkap.

Jadi pastikan kami memanfaatkan fitur gratis ini. Keempat, setelah belajar pastikan untuk mencobanya karena selain dari buku dan pelatihan kita juga akan banyak belajar dari pengalaman dan jam terbang.

Sumber: YT Berke Finance

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol