investasi langsung dan tidak langsung

Investasi Langsung dan Tidak Langsung – Pengertian, Manfaat, Kelebihan

Investasi Langsung dan Tidak Langsung – Jika anda ingin mengamankan aset sekaligus mempertahankan nilai, bahkan meningkatkan nilainya di masa depan, maka investasi akan menjadi bahasan penting di sini. Lalu apa itu investasi langsung dan tidak langsung?

Baca Juga: 10 Aplikasi Saham Penghasil Uang Terbaik dan Terpercaya 2021

Investasi Langsung (Direct Investment)

Investasi langsung atau istilah lainnya direct investment merupakan istilah investasi untuk menamakan aktifitas investasi yang dilakukan secara langsung oleh investor. Jika anda menggunakan modal sendiri untuk berinvestasi dengan membeli tanah, rumah, atau emas, itu disebut investasi langsung. Atau sebuah perusahaan yang berinvestasi dengan membeli lahan, peralatan, pabrik, dan lain-lain secara langsung. Itulah investasi langsung.

Terkait dengan pasar modal, investasi langsung ini akan berhubungan dengan aktifitas jual beli saham yang dilakukan secara langsung tanpa pihak ketiga. Dengan begitu investor perlu memiliki kemampuan analisa dan menentukan keputusan tepat untuk bertindak.

Melakukan investasi langsung membutuhkan keterlibatan langsung investor dalam mengelola, mengontrol, dan memiliki tanggung jawab penuh atas segala resiko keputusannya. Anda harus menjadi nasabah perusahaan demga izin Perantara Pedagang Efek (PPE), agar bisa mendapatkan akses ke bursa efek.

Baca Juga: Pendaftaran BCA Sekuritas – Panduan Lengkap Terbaru 2021

Kelebihan Investasi Langsung atau Direct Investment

– Investor mempunyai hak penuh dalam mengontrol, menganalisa, dan memutuskan aktifitas investasi.
– Bersifat jangka panjang.
– Memiliki potensi besar mendapatkan keuntungan besar, jika investor faham konsep investasi.

Investasi Tidak Langsung (Portfolio Investment)

Investasi tidak langsung atau porfolio investment melibatkan manajer investasi (IM) dalam mengelola dana investasi. Umumnya, Investasi tidak langsung berbentuk aset finansial seperti obligasai dan saham.

Banyak diminati:  Aplikasi Investasi Terpercaya 2021

Seluruh aktifitas dilakukan oleh manajer investasi dari mulai mengalaisa ataupun mengambil keputusan. Sebagai pemegang saham, anda hanya perlu memberikan kepercayaan penuh kepada IM yang anda pilih untuk mengelola dana anda.

Kelebihan Investasi Tidak langsung (Portfolio Investment)

– Investasi cenderung mudah untuk dicairkan
– Investor tidak repot mengelola saham yang dibeli karena seluruh kegiatan sudah dikelola Manajer Investasi
– Investor hanya mengeluarkan dana

Baca Juga: MPL Penghasil Gopay

Manfaat Investasi Langsung dan Tidak Langsung

Kedua jenis investasi langsung dan tidak langsung ini tentunya sama-saa menguntungkan jika dikelola dengan benar baik secara langsung dalam investasi langsung dan atau oleh manajer investasi dalam investasi tidak langsung. Keduanya sama-sama sebagai upaya untuk mengamankan atau meningkatkan nilai aset kekayaan.

Secara umum Ini beberapa manfaat investasi yang perlu anda ketahui

– Dengan investasi, aset kita diharapkan dapat terhindar dari inflasi.
– Dengan investasi bisa meningkatkan nilai uang
– Memiliki tambahan sumber penghasilan dalam jangka panjang
– simpanan masa depan untuk masa pensiun
– Kemerdekaan finansial

***

Menurut Red Mountain Asset Research. Seorang investor langsung berinvestasi dalam aset itu sendiri, sedangkan investor tidak langsung berinvestasi dalam keahlian orang-orang yang menggunakan uang investasinya, tulis National Association of Real Estate Investment Trusts.

Demikian pembahasan tentang investasi langsung dan tidak langsung yang keduanya sama-sama memiliki potensi keuntungan finansial.