aplikasi tidak berguna

Banyak diinstall Pengguna, Padahal Aplikasi Tidak Berguna

aplikasi tidak berguna – aplikasi android atau IOS semakin marak bermunculan. Namun, tidak semua aplikasi berguna dengan baik. Diantaranya ada aplikasi yang banyak digunakan pengguna tapi ternyata dapat menguras penggunaan baterai lebih banyak, memakan space memori lebih besar, bahkan ada pula yang berbahaya. Apa saja aplikasi tidak berguna yang perlu kamu pertimbangkan untuk menghapusnya? Simak terus!

1. Aplikasi Penghemat RAM yang Tidak Berguna

Mungkin kamu pernah disarankan oleh teman atau lainnya untuk menginstall aplikasi penghemat RAM yang bertujuan untuk menghemat RAM. tapi apakah itu benar-benar dapat membantu kerja RAM dan menghematnya?

Begini, setiap aplikasi yang beroperasi di background smartphone itu memakan kapasitas RAM dan baterai. Ternyata aplikasi penghemat RAM yang diklaim dapat menghemat RAM ini justru membuat kerja RAM lebih berat.

Penghemat RAM menutup kerja aplikasi lain yang justru dapat menambah masalah. Aplikasi ini membuat aplikasi yang berjalan di background harus memulai prosesnya kembali.

Di sisi lainnya, aplikasi membutuhkan ruang RAM dan Baterai untuk bisa terbuka. Itulah kenapa aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi tidak berguna yang perlu kamu hapus dari smartphone kamu.

2. Aplikasi Pembersih Smartphone yang Tidak Berguna

Apa kamu termasuk pengguna aplikasi pembersih smartphone? Aplikasi Clean Master misalnya kerap diinstall pengguna dengan tujuan untuk meningkatkan performa Android mereka.

Salah satu pekerjaan yang ngefek dari aplikasi ini adalah saat menghapus cache. Setelahnya memang tampak berkurang muatannya. Jika hal seperti itu yang dibutuhkan, sebenarnya kamu bisa melakukannya dengna lebih baik tanpa aplikasi tambahan lagi, yaitu melalui “setting” atau “pengaturan” lalu pilih menu “storage” kemudian pilih “clear cache”. Ini bisa dilakukan saat kamu ingin membersihkan data-data yang tidak penting yang memakan memori smartphone kamu.

Banyak diminati:  10 Aplikasi Pengenal Lagu Terbaik Untuk Menemukan Lagu Favorite Anda

Atau kamu bisa juga melakukannya melalui “setting” kemudian “apps” atau all apps lalu pilih salah satu aplikasi misal chrome, kemudian ketuk “clear cache”..

Fungsi tersebut sudah disediakan oleh sistem operasi tanpa harus mendownload aplikasi tidak berguna yang justru memenuhi memori dan boros baterai.

3. Aplikasi Antivirus yang Tidak Berguna

Seperti pada point sebelumnya, berbagai fungsi pembersihan dan juga pengamanan pada ancaman virus sudah disediakan oleh Android dari waktu ke waktu. Itulah kenapa kita harus sering melakukan Update OS untuk meningkatkan performa dan keamanan smartphone kamu.

Untuk ancaman malware misalnya, Google sudah memberikan fitur keamanan otomatis di play store. Dan itu sangat ketat. Untuk menghindari potensi virus ataupun malware disarankan untuk hanya menginstall aplikasi yang terdapat di google play store ya!

4. Aplikasi Penghemat Baterai yang Tidak Berguna

Aplikasi ini pastinya banyak yang memilikinya di smartphone kesayangannya. Siapa yang tidak mau irit baterainya. Berbagai cara dilakukan pengguna agar baterai mereka lebih irit tanpa harus mengurangi penggunaan smartphone itu sendiri dalam keseharian.

Dengan install aplikasi penghemat batera, seperti juga penghemat RAM di atas, justru malah menambah beban sitem dan malah menguras energi baterai itu sendiri. Oleh karena itu hapus saja aplikasi tidak berguna tersebut agar baterai kamu lebih awet.

5. Aplikasi Bawaan yang Tidak Berguna

Nah, aplikasi tidak berguna yang terakhir versi Teknosiana adalah aplikasi bawaan. tentunya tidak semua aplikasi bawaan ya, tapi pasti banyak aplikasi yang sudah terinstall saat pembelian tapi tidak pernah kamu gunakan atau jarang sekali kamu gunakan. beberapa aplikasi bawaan mungkin tidak diizinkan untuk dihapus, tapi kamu bisa mencobanya dengan klik ikon info aplikasi atau app drawer lalu pilih hapus atau deaktivasi untuk menonaktifkannya.

Banyak diminati:  4 Aplikasi Arah Kiblat Yang Banyak di Download

***

Aplikasi tidak berguna ini maksudnya aplikasi yang memiliki kegunaan sama dengan yang sudah dimiliki sistem android kamu. Percayalah, Android sudah diatur sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan kamu dari smartphone tersebut. So, pikir-pikir lagi kalau mau install aplikasi lain, jangan sampai kamu install aplikasi tidak berguna yang justru bakal membuat smartphone kamu lemot dan lemah performanya.

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol