8 Langkah Investasi Minimarket Waralaba Indomaret Sampai Buka Toko

8 Langkah Investasi Minimarket Waralaba Indomaret Sampai Buka Toko

Bagaimana cara memulai investasi minimarket waralaba Indomaret dan propertinya? Bagaimana cara memulai investasi minimarket waralaba Indomaret dan propertinya? berapa modal waralaba indomaret? Sebelumnya perlu diketahui untuk membuka minimarket waralaba Indomaret, Kita harus menyediakan dana investasi sekitar Rp 394 juta. Belum termasuk modal ruko, atau property yang akan kita gunakan sebagai gerai Indomaret nantinya.  Beberapa syarat lainnya bisa ditemukan di website official indomaret.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Indomaret 2021 Seluruh Indonesia Lulusan SMA dan D3 dan Cara Daftar Online

Ketahui Wilayah Potensial

cara mulai investasi minimarket Indomaret waralaba dan propertinya, pertama harus hubungi franchise Manager Indomaret. Kenapa harus menghubungi, karena supaya tahu daerah mana, Kabupaten mana, wilayah mana yang masih memungkinkan. Ijinnya masih memungkinkan, Market nya juga memungkinkan, terutama lebih karena ijinnya.

Percuma cari daerah yang ijinnya sudah tertutup. Ngobok ngobok daerah sana, Tapi isinya sudah tertutup. kuotanya sudah habis. kuota dari Pemda Pemerintah Daerah misalnya. kuotanya misal 1 Kecamatan hanya boleh 2 minimarket, dan sekarang sudah dua. mending cari di daerah lain. Indonesia masih terbuka luas, kota-kota lain terbuka.

Baca Juga: Cara Cek dan Ajukan Lamaran Lowongan Kerja Indomaret 2021 Secara Online

Misalkan anda tinggal di Jakarta, tidak perlu keukeuh buka di Jakarta. Ingat, Di Jakarta, untuk mengejar income yang lebih besar dari angsuran itu lumayan sulit. Karena modalnya sudah terlalu besar. Jadi itu perlu dipertimbangan. Coba lirik daerah luar kota.

Untuk mengetahui kontak franchise Manager, Anda bisa akses
website Indomaret yang beralamat di www.indomaret.co.id. Kemudian pilih menu waralaba. Kalau sudah masuk, pilih menu Hubungi Kami. Di halaman tersebut tersedia daftar franchise Manager.

Banyak diminati:  Dimana Anda Harus Berinvestasi?

itu cara pertama hubungi franchise manager untuk tahu daerah mana yang bisa daerah mana yang tidak bisa. Kalau mau menghubungi franchise manager, jangan Sabtu atau Minggu, tetapi di hari kerja. Pukul 09.00 WIB sampai Pukul 17.00 WIb.

Baca Juga: Gaji Karyawan Indomaret 2021

Cari Tanah, Ruko, atau Property yang Cocok

Langkah kedua gimana setelah teman-teman tahu daerah mana yang ijinnya terbuka, daerah mana yang Kuotanya masih ada, kemudian teman-teman cari tanah, ruko, Rumah, yang cocok untuk minimarket. kriteria umumnya adalah luas 200m-300m persegi. itu luas tanah, bukan luas bangunannya. kalau ruko kira-kira 2 ruko atau 3 ruko. lebar kira-kira 8m-14m. secara umum kriterianya seperti itu. Tentu ada kriteria-kriteria spesifik lainnya.

Carilah properti yang letaknya strategis di daerah tersebut dan masuk ke kriteria harga yang kita tentukan. Harga masing-masing orang itu berbeda. silahkan atur yang terbaik. Bisa berdasarkan cash flow Indomaret. Maksudnya modal harus X rupiah, supaya dengan x rupiah ini, income rata-rata toko masih bisa nutup kalau properti ini beli dengan kredit angsuran sekian. miaslkan x rupiah, pasti angsuran sekian, income toko rata-rata sekian, berarti kemungkinan bisa nutupin angsurannya. Silahkan tentukan Berapa kriteria harga yang masuk ke range teman-teman.

berikutnya adalah perbandingan dengan harga pasaran sekitar. jangan kesemuanya masuk, tapi harga secara pasaran tidak masuk. itu enggak mungkin. Atau bisa harga secara pasaran sekian, tapi kalau dihitung secara cash flow gak bisa.

Ajukan Survey Lokasi Kepada Franshice Manager

Setelah menemukan daerahnya, lalu sudah memiliki property yang cocok dan sesuai dengan range harga kita, berikutnya silahkan ajukan ke franchise manager untuk survey lokasi. Ingat teman-teman jangan dibeli dulu walaupun sudah masuk kriteria. Biarkan Indomaret survei lokasi dulu, nanti dari hasil survey tersebut, Indomaret akan memberikan gambaran profit. Tapi perkiraan belum tentu tepat. Bisa meleset. Bahkan kemungkinan besar meleset atau melesat. Dijanjiin sekitar Rp8 juta sebulan, ternyata Rp20 juta.

Banyak diminati:  Link Lamaran Indomaret, Persyaratan, dan Cara Melamar Kerja di Indomaret 2021

Untuk langkah keempat ini, teman-teman perlu bayar komitmen Fee. Indomaret baru mau survei kalau commitment fee dibayar. Apa itu komitmen fee? komitmen fee ini yang diminta untuk kita komit. Jadi tidak boleh iseng-iseng. karena komitmen fee kalau senilai Rp3,6 juta per lokasi, kalau lokasinya jelek menurut Indomaret, uang 3,6 juta akan dikembalikan ke kita. itu namanya komitmen tinggi. tapi kalau bagus, berarti harus dibangun. Kalau tidak dibangun, hangus uangnya 3,6 juta. kalau dibangun, bisa untuk memotong franchise feenya ya.

Baca Juga: Sistem Kerja di Indomaret Berdasarkan Pengalaman Karyawan di Lapangan

Dealkan harga dengan Penjual

Kalau hasil survey dari Indomaret udah keluar, baru teman-teman deal kan harga dengan penjual. Kalau sudha deal kasi tanda jadi, sekitar 5-10 juta.

Ajukan Kredit

Kalau teman-teman pakai kredit ke bank, kalau cash ya bayar cash. tapi sebelumnya pastikan surat-suratnya beres. Ada sertifikatnya. Untuk Ajukan kredit, teman-teman harus minta empat surat. satu fotocopy sertifikat, dua fotokopi IMB (kalau ada bangunannya), fotokopi PBB, dan foto copy KTP pemilik.

Bayar Penjual

bayar penjual, Tapi waktu bayarnya bersamaan dengan tanda tangan balik nama dinotaris. kalau di bank bersamaan dengan tandatangan akad di bank.

Bangun Property

Setelah proses jual-beli selesai, baru dibangun. kurang lebih sekitar 1-2 bulan selesai. Indomaret sudah ngasih RAB itu saat penyerahan hasil survei. Sudah lumayan lengkap.

kalau kontraktornya Gimana? Bisa pakai kontraktor kita atau kontraktor Indomaret. Sebagian besar pekerjaan kontraktor kita. tapi kalau kita nggak punya kontraktor bisa pakai kontraktor yang sudah kerjasama dengan Indomaret.

Pembukaan Toko

Langkah terakhir kalau semuanya sudah selesai semua teman-teman bisa pembukaan toko baru. Perlu diketahui, stok barang di pinjamin oleh Indomaret. Kredit tanpa bunga. bayar kalau sudah laku. Enak loh dapat kredit dari Indomaret, tanpa bunga tanpa jaminan.

Banyak diminati:  Pilih Broker untuk Investasi Saham

Daftar Isi