Download aplikasi cek bansos 2021

Download Aplikasi Cek Bansos 2021, Usul dan Sanggah Bansos Jadi Lebih Mudah!

Download Aplikasi Cek Bansos 2021 – Pandemi masih menelorkan berbagai kisah baru, selain virus yang terus meneror umat manusia diseluruh dunia. menurunnya tingkat perekonomian masyarakat seperti tidak bisa terelakan. Ini seperti masa transisi yang cukup berat dan mendadak. Pemerintah sudah semestinya turun tangan menyalurkan hak masyarakat dalam bentuk berbagai bantuan untuk meringankan beban. Banyak yang sudah menerima bantuan tersebut, namun tidak sedikit yang merasa berhak tapi belum menerima bantuan apapun. Untuk menangani masalah ini, pemerintah membuat terobosan baru dengan meluncurkan aplikasi cek bansos.

Ya! Warga bisa memantau secara langsung penyaluran bansos yang digulirkan pemerintah. Selain itu, masyarakat juga bisa mengusulkan dan menyanggah melalui menu Usul dan Sanggah di aplikasi tersebut. Artinya jika ada yang merasa berhak baik dirinya atau tetangga atau saudaranya namun belum menerima bantuan, masyarakat bisa mengajukan usulan, dan juga bisa menyanggah penerima bansos yang dianggap tidak berhak karena tergolong orang berada dan sebagainya. Bagaimana caranya?

1. Unduh Aplikasi Cek Bansos 2021

aplikasi cek bansos usul sanggah penerima bansos

Ok, langsung saja silahkan download aplikasi Cek Bansos melalui Google Play Store. Cari “Aplikasi Cek Bansos”. Anda harus memastikan aplikasi tersebut berasal dari Kementrian Sosial karena anda akan menemukan beberapa aplikasi sejenis di sana. Atau bisa langsung melalui link berikut ini:

DOWNLOAD APLIKASI CEK BANSOS

2. Lakukan Pendaftaran Cek Bansos 2021

Seperti biasanya, silahkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan membuat User ID. Ini diperlukan untuk mengakses semua fitur aplikasi Cek Bansos tersebut. Sehingga pengguna bisa dengan mudah masuk dikemudian hari.

Selain itu, siapkan data yang lengkap dan valid, jangan lupa juga siapkan KK dan KTP karena akan diperlukan saat pengisian data nanti.

Sebagai langkah verifikasi, pengguna juga akan diminta swafoto atau selfi dengan KTP.

Aplikasi Cek Bansos akan mengirimkan Kode OTP melalui email, lalu menunggu proses verifikasi oleh petugas.

3. Usulkan Penerima Bantuan Melalui Aplikasi Cek Bansos 2021

Setelah melewati proses verifikasi di atas, dan sudah diterima oleh petugas, Anda sudah bisa mengakses berbagai fitur Aplikasi Cek Bansos.

Setidaknya ada 4 menu penting yang bisa Anda gunakan; Profil, Cek Bansons, Tanggapan, dan Daftar Usulan.

Nah! Jika Anda ingin mengusulkan penerima bantuan silahkan klik menu “Daftar Usulan”

Selain mengusulkan dirinya sendiri, juga bisa mengusulkan keluarga, tetangga, atau anggota masyarakat lainya yang dirasa perlu menerima bantuan dengan menekan tombol “tambah usulan”

Pada menu “Pilih Bansos”, pilihan akan terbuka jika NIK telah terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Setelah itu, pendaftar hanya perlu menunggu kelanjutannya dari proses penyaluran bansos.

***

Dengan adanya aplikasi Cek Bansos ini, partisipasi masyarakat diharapkan bisa membuat penyaluran bansos lebih tepat sasaran. Dan aplikasi cek bansos ini dapat membantu mempercepat proses pembaharuan data yang dibutuhkan oleh penyalur bantuan.

Menurut Tri Rismaharini, warga tidak mampu berhak mengusulkan diri untuk mendapatkan bantuan, ini juga sejalan dengan UU No. 13/2011.

Menu Usul dan Sanggah yang terdapat dalam Aplikasi Cek Bansos ini merupakan implementasi dari undang-undang yang memberikan peluang mendapatkan bansos yang sesuai ketentuan.

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol