Samsung S20 FE atau OPPO Reno 6 5G

Pilih Mana Samsung S20 FE atau OPPO Reno 6 5G ?

Masih banyak orang yang belum bisa move on dari desain kotak-nya OPPO Reno6 5G yang cantik. Tongkrongan memang terlihat ciamik dan “fresh” untuk smartphone kelas menengah di tahun 2021 ini. Tapi, ketika harga resmi-nya keluar, banyak yang berkomentar bahwa smartphone ini overprice!

“Spek kayak gini harusnya Rp 6 jutaan.”
“Rp 8 jutaan itu kemahalan.” Dan lain-lain.

Beberapa orang mungkin berpikiran sama. Dengan harga Rp8Jtan, harusnya ada yang ditingkatkan dari smartphone ini, khususnya di bagian kamera. Dan buat sebagian orang, ketika beli smartphone di atas Rp 5 juta, itu ‘kan ekspektasi-nya berbeda ketimbang pas dia beli smartphone dengan harga Rp 1-3 jutaan. Banyak netizen yang membandingkan smartphone ini dengan Samsung S20 FE versi Snapdragon.

“Dengan harga segitu mah, mending ambil Samsung S20 FE yang Snapdragon.” Karna ini smartphone sudah dibekali chipset flagship dan harganya sekarang udah makin turun juga.

Samsung S20 FE

Nah, kalo punya budget Rp 7-8 juta, mendingan ambil yang mana ya? Ini dia OPPO Reno6 5G Vs Samsung S20 FE Snapdragon. Samsung S20 FE ini ‘kan sebenernya produk yang dikeluarkan tahun yang lalu. Waktu pertama kali rilis di Indonesia, Hp ini menggunakan chipset Exynos 990. Sekarang rilis lagi dengan chipset Snapdragon 865. Harganya Samsung S20 FE Snapdragon saat ini sekitar Rp 6.9 juta. Alhasil banyak orang yang tertarik. Kapan lagi bisa beli smartphone Samsung yang menggunakan chipset Snapdragon level flagship dengan harga semurah itu. Apalagi ini Snapdragon 865! Ini pastinya ‘5G ready’! Tapi, ternyata Samsung S20 FE Snapdragon yang resmi masuk Indonesia memiliki kode G780G. Yang artinya ini varian 4G. Sementara kalau yang 5G itu kode-nya G781G.

Jadi, meskipun sama-sama pake Snapdaragon 865, yang ini tidak support 5G. Ingat!

‘Ini nggak bisa 5G’.

“Kemungkinan” modem X55 yang ngasih kemampuan 5G di chipset Snapdragon 865 tidak terpasang di smartphone ini. Modem X55 memang tidak terintegrasi langsung dengan chipset-nya. Tidak terpasang jadi 1 bodi dengan Snapdragon 865.

Jadi, posisinya eksternal, di luar. Jadi, vendor bisa aja bebas buat pake itu modem atau enggak. Nah, mungkin ini yang bikin harga smartphone ini makin turun dan makin turun lagi. Dari yang awalnya itu Rp 8.9 juta, sekarang udah turun jeblok banget di Rp 6.9 juta. Cuman yaa, saya masih bingung aja sih, saat Indonesia sudah mulai hype 5G, tapi kenapa Samsung Indonesia tuh masih cukup pede yah melepas S20 FE yang udah pake Snapdragon 865 tapi cuma 4G doang yang artinya yaa nggak beda jauh ‘kan sama Exynos 990 yang kemarin. Tapi yaa kalau alasannya itu supaya lebih murah dan lebih mentingin performa, ini masih masuk akal sih, karena buat sebagian orang tuh ada yang nggak begitu peduli sama 5G. Apalagi buat mereka yang emang enggak tinggal di kota-kota besar, mengingat 5G sendiri ‘kan sekarang akses-nya masih cukup terbatas gitu. Dan.. smartphone masih sangat-sangat menggiurkan buat mereka.

OPPO Reno 6 5G

Sementara kalo emang nyarinya smartphone 5G dan untuk pemakaian jangka panjang, yaa OPPO Reno6 5G ini adalah pilihan yang gak perlu didebat lagi sih, karena smartphone ini sendiri sudah pake chipset Dimensity 900 yang sudah terintegrasi dengan modem 5G. Tapi karena 5G sendiri itu belum bisa dinikmati secara lebih luas, mending kita bahas sisi lain dari chipset masing-masing, yaitu performa-nya.

Jadi, Dimensity 900 di OPPO Reno6 5G ini tuh bisa dibilang “pemain baru” yang tidak bisa dikategoriin chipset flagship, tapi, punya sebagian mesin turbo yang dipakai di chipset flagship keluaran sekarang. Bahkan mesin turbo A78 yang saya maksud di sini, itu nggak ada di Snapdragon 865, pak! Karena Snapdragon 865 sendiri itu masih pake mesin turbo A77 yang generasi sebelumnya. Dan A78 itu sendiri ‘kan baru dipake di Snapdragon 888.

Perbandingan Chipset oppo Reno 6 5G Vs Samsung S20 FE

Nah, seberapa ngaruh sih perbedaan core performa ini pas dipake buat main game? Ini menarik banget ya, karena Dimensity 900 yang saya coba di OPPO Reno6 5G ini, ini sebenernya chipset kelas menengah, tapi itu performa-nya gaspol banget. Mungkin, permasalahannya pas awal-awal atau pas masih baru kayak gini tuh lebih ke masalah kompatibilitas game ya, artinya, ada beberapa game yang memang belum kompatibel banget atau belum dapet setting-an grafis yang maksimal. Yang paling kerasa sih pas saya coba buat main game PUBG Mobile. Di OPPO Reno6 5G ini tuh sampe detik ini cuma dapet setting-an HD-High yang mana ini setting-an grafis smartphone Rp 1 jutaan ya. Agak sayang banget sih dan njomplang banget pas saya coba mainin PUBG Mobile di S20 FE Snapdragon yang bisa tembus HDR-Extreme. Udah dapet grafis yang lebih bagus dan frame rate yang tinggi, 52-56fps itu udah enak banget lah buat maen PUBG Mobile. Yaa, semoga aja segera di update aja lah PUBG Mobile di OPPO Reno6 5G ini, karena biar gimana pun juga, maen game yang kompetitif model begini, dengan frame rate yang cuma 30fps itu sangat-sangat nggak nyaman.

Banyak diminati:  Nokia X20 Siap Bersaing dengan Samsung dan Apple, Smartphone 5G Siap Diluncurkan

Trus saya cobain juga game tembak-tembakan yang lain kayak game ‘Call of Duty Mobile’. Keduanya di sini dapetin frame rate yang tinggi, sekitar 56-60fps di mode Death Match, atau sekitar 35-40fps di mode Battle Royale. Untuk performa-nya sih sudah sama-sama cakep, cuman yang saya rasain di sini pas main di OPPO Reno6 5G, itu memang kerasa lebih stabil sih performa fps-nya. Naik-turun fps-nya tuh jauh lebih stabil…

…ketimbang di S20 FE yang Snapdragon. Bahkan enggak cuman di game ‘Call of Duty Mobile’ aja, pas saya coba mabar ‘Mobile Legends’ di kedua smartphone ini, lagi-lagi saya melihat kalau pergerakan fps dan naik-turunnya fps di OPPO Reno6 5G ini terasa lebih stabil dibandingin Samsung S20 FE yang Snapdragon. Yaa naik-turunnya fps di Samsung S20 FE Snapdragon ini nggak berarti jeblok sih performa-nya, tapi lebih pengen kasih lihat tentang stabilitas pas dipake buat main game. Dan.. ketauan ‘kan kalo ternyata chipset flagship Snapdragon 865 pun nggak selalu stabil pas dipake buat main game yang berat. Sebenernya nggak semua game kurang kompatibel ya sama Dimensity 900 ini. Buktinya pas saya coba main game yang masih “anget-anget” banget yaitu ‘Marvel Future Revolution’, di OPPO Reno6 5G ini dapetin setting-an grafis dan fps yang lebih tinggi dibandingin S20 FE yang Snapdragon. Ya, di OPPO Reno6 5G bisa main di 60fps dan…

Asli ini enak banget buat gerakin karakter Spider-Man keliling kota sambil nembakin jaring laba-laba dengan frame rate yang setinggi ini. Dan… meskipun setting grafis saya mentok’in sama-sama rata kanan, di S20 FE Snapdragon ini cuma dapetin 28-30fps doang. Keduanya juga udah punya layar dengan refresh rate yang tinggi ya. Jadi, sekalian aja saya nyobain game yang bisa jalan di atas 60fps kayak game balap ‘Real Racing 3’. Ya, layar 90Hz di OPPO Reno6 5G ini bisa dimaksimalin banget di sini. Ngacir banget pak main di 86-90fps. Samsung S20 FE juga dapat rata-rata segitu sih, tapi di awal, ini bahkan sempet nembus di 120fps, karena ‘kan layarnya emang punya refresh rate di 120Hz ya. Cuman, sayang aja nggak konsisten dan akhirnya cuma bertahan di 90fps doang. Nah, mesin turbo A78 yang ada di Dimensity 900 ini lagi-lagi ngasih perbedaan pengalaman maen game yang cukup membingungkan. Ini sebenernya chipset flagship apa bukan ya? Karena pas saya coba main Genshin Impact dengan setting-an Highest 60fps, di OPPO Reno6 5G ini tuh dapetin gerakan karakter yang…

…lebih smooth dan lebih enak dilihat aja di mata. Dan… patah-patah sih emang ada, tapi lebih minim gitu ya. Bahkan beberapa kali dapetin rata-rata fps yang lebih tinggi loh dibandingin Samsung S20 FE Snapdragon. Ini bahkan bisa dapetin sekitar 42-43fps di setting-an Highest 60fps. Ternyata ngaruh banget ya mesin turbo A78 di sini, yaa meskipun cuma ada 2-core, tapi bener-bener ngasih performa yang cukup maksimal untuk smartphone kelas menengah. Paling yang cukup dikeluhin kalau pake setting-an rata kanan gini suhu bodi smartphone jadi lebih cepet anget gitu ya dan cukup bikin gerah lah telapak tangan. Apalagi main di OPPO Reno6 5G yang bodinya kaca, ini suhu-nya lebih cepet naik di 43-45 derajat pas maen sekitar 15 menit.

Perbandingan Kamera Samsung S20 FE Vs OPPO reno 6 5G

Tapi kalo ngomongin soal kamera, nah, ini laen ceritanya, pak! Jadi, Samsung S20 FE Snapdragon ini tuh ngasih kemampuan kamera foto dan kamera video yang menurut saya sih cukup mewah ya untuk harga Rp 6-7 jutaan. Yang bikin Samsung S20 FE ini cukup recommended untuk urusan per-kameraan yaa karena smartphone ini udah dibekali fitur stabilisasi yang jauh lebih bagus, karena sudah pake sistem hardware, yaitu udah pake Optical Image Stabilzation atau OIS. Di video Samsung A52 dan OPPO Reno6 waktu itu…

…saya sempet jelasin ya kalo kamera yang udah dibekali OIS ini tuh punya semacam komponen penggerak di lensa-nya yang bakal ngompromi’in gerakan-gerakan pas kita lagi ngerekam foto atau video. Jadi, lebih minim goncangan dan lebih minim goncangan ini tentu lebih bagus ya dibandingin kamera yang pake sistem stabilisasi elektronik atau EIS kayak di OPPO Reno6 5G. Dan dengan adanya OIS di kamera-nya Samsung S20 FE Snapdragon ini juga memungkinkan buat ngerekam video dengan lebih stabil ya, bahkan di resolusi tertingginya sekalipun yang mana ini bisa sampai 4K 60fps. Nah, ini sama-sama dinyalain fitur stabilizer-nya. Kayaknya kurang afdol ya kalo tidak dipake sambil lari-lari kecil. Yuk! Aduh, capek sumpah! Aduh… Jadi, menurut kalian lebih stabil yang mana nih? Hasil kamera-nya Samsung atau OPPO? Untuk video kamera depan, Samsung lagi-lagi menang banyak nih, karena bisa ngerekam video dengan resolusi yang sama persis kayak kamera belakangnya, yaitu 4K di 60fps. Jomplang banget sama OPPO Reno6 5G yang cuma… Full-HD 30fps aja. Jadi yaa… Samsung menang di ketajaman ya. Trus gimana kalo kondisinya backlight? Kita tes. Samsung udah mulai gelap-gelap nggak jelas ya. Sementara di OPPO masih..

Banyak diminati:  Smartphone 7000mAh: Samsung Galaxy M62

Lumayan lah, keliatan muka saya masih kelihatan enak dilihat. Oke. Kalo untuk suara gimana? Lebih jelas kedengeran pake kamera-nya Samsung atau OPPO? Comment di bawah ya! Sementara untuk fitur kamera video bokeh, keduanya juga sama-sama bisa ya, apalagi kalo diliat-liat hasilnya, memang sih, hasil video bokeh-nya OPPO Reno6 5G ini tuh lebih cinematic yah. Bokeh-nya tuh lebih bulet, apalagi kalo nyalain fitur Bokeh Flare Portrait Video kayak gini. Kalo di Samsung ini tuh muka kita nggak boleh ketutupan, misalnya ketutupan masker, karena fitur video bokeh itu nggak bakal aktif ya. Kalau menurut kalian lebih mantep hasil yang mana nih? Sementara untuk hasil kamera foto-nya, meski nggak jorjoran pake resolusi sampe 64MP kayak di Reno6 5G, kamera 12MP di Samsung S20 FE Snapdragon ini masih nggak kalah tajem dan juga detail ya. Susah sebenernya sih kalo nyari mana yang lebih bagus, karena yaa masing-masing punya karakter warna yang beda-beda. Cari yang gonjreng, yaa OPPO Reno6 5G. Cari yang kalem dengan warna yang lebih deket sama natural, yaa kamera Samsung S20 FE Snapdragon ini menurut saya sih lebih pas. Tapi emang di beberapa foto, kamera OPPO Reno6 5G ini tuh punya dynamic range yang lebih luas dan it’s better.

Benefit pake resolusi super duper gede di Reno6 5G juga cukup membantu buat ngimbangin detail obyek yang di-foto dari jarak jauh pake kamera Tele-nya S20 FE Snapdragon. Sama-sama di zoom 3x, detail foto pake kamera utamanya OPPO Reno6 5G versus kamera Telephoto-nya Samsung S20 FE Snapdragon, ternyata hasilnya nggak begitu beda jauh yah, masih nampilin detail yang mirip. Paling yang kerasa beda banget itu pas pake lensa UltraWide-nya. Di sini Samsung emang menang banyak ya, karena menang resolusi yang lebih tajam di 12MP dan jarak pandangnya juga lebih luas. Tapi untungnya, UltraWide di OPPO Reno6 5G ini tuh bisa pake AI, jadi masih bisa dapetin warna yang tetep enak dilihat.

Kalo untuk mode malam, jepretan kamera Samsung S20 FE Snapdragon ini menurut saya sih lebih keluar warnanya ya, dengan detail yang masih oke banget. Karakter warna-nya itu emang cenderung warm atau anget. Tapi, kalo pengen dapetin kesan yang lebih malem, jepretan mode malam-nya OPPO Reno6 5G ini tuh lebih dapet feel-nya sih. Oh ya, mode malam ini juga sama-sama bisa dipake di lensa UltraWide dan kamera depannya. Dan ini juga sama-sama cakep. Sementara kalo ngomongin kamera Selfie, stereotype ‘kamera depan OPPO yang lebih cakep’ memang susah dipatahkan. Bukan berarti kamera Selfie-nya S20 FE Snapdragon ini lebih jelek ya, tetep mantep sih sama-sama pake resolusi di 32MP.

Tapi, untuk beberapa kondisi cahaya yang ekstrim kayak terlalu backlight, susah sih buat ngalahin kamera depannya OPPO yang masih konsisten bagusnya.

Perbandingan Baterai Samsung S20 FE Vs OPPO Reno 6 5G

Kalo untuk baterai-nya, keduanya punya kapasitas yang sebenernya nggak begitu beda jauh ya, 4300 mAh di OPPO Reno6 5G dan 4500 mAh di Samsung S20 FE Snapdragon. Kapasitas yang sebenernya nggak terlalu gede, tapi udah cukup aman buat dipake satu harian penuh. Dan untuk penggunaan yang relatif intens, saya masih bisa dapetin Screen On Time sekitar 7 jam di masing-masing smartphone ini. Untuk konsumsi daya per aplikasi-nya juga nggak begitu beda jauh ya. Ini saya coba buat nonton part 5-nya ‘Money Heist’ yang udah tayang ya. Streaming sekitar 2 jam, itu baterai-nya ngurang sekitar 15-16%.

Trus dipake buat main TikTok 30 menit, baterai-nya ngurang 4-6%. Dipake buat mabar ‘Mobile Legends’ 30 menit, baterai-nya juga ngurang sekitar 6-7%. Dan yang paling “deres” sih, pas dipake main ‘Genshin Impact’ ya. Main 30 menit di kedua smartphone ini, baterai-nya tuh udah mulai “deres” turunnya sekitar 20-22%. Tapi mau baterai-nya turun “deres” atau awet, pake OPPO Reno6 5G ini nggak gitu galau banget sih, karena smartphone ini juga udah dibekali charger yang super duper ngebut ya, yaitu pake Super VOOC 2.0 dengan output 65W. Dan waktu charging-nya itu emang beneran njomplang banget sih pas dibandingin dengan charger 15W Samsung S20 FE Snapdragon. Ini sama-sama diisi dari 10% sekitar 15 menit, baterai OPPO Reno6 5G ini tuh udah keisi 60%, sementara di Samsung S20 FE Snapdragon baru 24%. Masuk ke menit ke-37, baterai OPPO Reno6 5G ini udah full 100%, sementara di Samsung S20 FE ini baru keisi sekitar 41%.

Banyak diminati:  OPPO Find X3 Pro, Ponsel Pertama Dengan Kamera Mikroskopis

Nah, baterai 4500 mAh di Samsung S20 FE Snapdragon ini baru penuh setelah pengisian daya sekitar 1 jam 43 menit. Tapi itu skenario-nya kalo Samsung S20 FE pake charger bawaan 15W. Nah, di skenario ke-2, saya coba pake Super Fast Charging Samsung yang 25W. Yaa mesti beli lagi sih, sekitar Rp 200 ribu. Tapi, ini lumayan menghemat waktu charging-nya pak, karena dari 10% sampai 100%, itu cuma butuh waktu sekitar 1 jam 4 menit doang. Yaa.. masih kalah ngebut sih sama OPPO, tapi seenggaknya udah…

…lebih ngebut lah dibandingin pake charger bawaan yang cuma 15W aja. Oh ya, satu lagi nih yang perlu diingat. Samsung S20 FE ini juga udah support wireless charging ya. Sebuah fitur “mahal” yang nggak akan kamu temuin di OPPO Reno6 5G.

Simpulan Perbandingan Samsung S20FE Vs OPPO Reno 6 5G

Oke, jadi kesimpulannya, kalo emang dari awal kamu nyarinya smartphone 5G, yaa pilihannya udah jelas banget sih, mending ambil OPPO Reno6 5G yang jelas-jelas udah bisa 5G ya ketimbang Samsung S20 FE Snapdragon yang masuk resmi sini ‘kan hanya varian 4G aja. Okelah, 5G sendiri belum bisa dinikmati secara lebih luas, tapi kalau ngomongin soal performa dan juga stabilitas, terutama pas dipake buat main game, dari sekian game yang udah saya cobain di kedua smartphone ini, di OPPO Reno6 5G ini tuh rata-rata ngasih pengalaman main game yang lebih baik meski dalam tanda kutip, “nggak pake chipset flagship”, yaa kecuali PUBG Mobile-nya ya yang emang beneran “ampas” banget di sini. Kemampuan nge-charge-nya yang jauh lebih ngebut dan bahkan cuma setengah jam lewat dikit buat ngisi baterai-nya sampe penuh, ini juga jadi alasan lain kenapa saya susah move on…

…sama smartphone OPPO yang satu ini. Dan tetep sih, desainnya masih favorit banget buat saya. Ini tongkrongan ngotak dan flat kayak gini tuh bener-bener ngasih penampilan baru untuk smartphone kelas menengah yang desainnya makin ke sini udah mulai ngebosenin dan gitu-gitu ajah. Sementara kalo kalian tuh lebih ngejar kemampuan kamera foto dan kamera video yang sama bagusnya, Samsung S20 FE Snapdragon ini lebih ngasih kebutuhan itu. Yang paling kerasa di sini ya fitur stabilisasi-nya. Asli, punya kamera dengan OIS itu privilege banget pak! Yaa gimana ya, buat ngerekam video dengan resolusi maksimal tuh masih enak gitu ya. Tajemnya dapet, stabilnya juga dapet. Buat jepret-jepret foto dari jarak jauh pake lensa Tele-nya juga nggak goyang karena ada OIS-nya juga. Yang tidak ketinggalan, smartphone ini masih dibekali slot microSD plus opsi penyimpanan internal yang lebih besar, di 256GB dan udah pake UFS 3.1 juga…

…yang mana ini kepake banget untuk kebutuhan per-konten-an pak, terutama konten-konten video yang butuh ruang lebih lega di smartphone yang mana hal ini tuh nggak ada di OPPO Reno6 5G karena cuma punya 1 varian memory plus nggak ada microSD. Dipake buat bikin konten sambil celup-celup air juga nggak ada masalah dan aman karena smartphone ini udah “ngantongin” sertifikasi IP68 yang klaim-nya bisa tahan di kedalaman air 1.5 meter…

…selama 30 menit. Cumaa… disclaimer ya, nggak semua air aman loh untuk smartphone ini. Kalo saya baca-baca di situsnya Samsung, nggak direkomendasiin kena air laut dan air kolam renang.