Negara Tempat Ethereum Dilarang atau Legal

Jika Anda ingin membeli, menjual, atau membelanjakan Ethereum (ETH), Anda harus terlebih dahulu memeriksa apakah Ethereum legal di negara Anda.

Berbagai negara memiliki pendirian yang berbeda tentang cryptocurrency dan peraturan mereka. Sementara undang-undang beberapa negara memilih Bitcoin, masih jarang ditemukan yurisdiksi yang membuat seperangkat aturan berbeda mengenai jaringan Ethereum dan bahan bakar eter (ETH) aslinya. Dalam kebanyakan kasus, itu hanya berada di bawah aturan umum cryptocurrency.

Di beberapa negara, bahkan hanya dengan memiliki cryptos dapat membuat Anda masuk penjara, sementara banyak dari mereka bahkan tidak repot-repot mengaturnya, meninggalkan Ethereum dan cryptos lainnya dalam ketidakpastian hukum.

Negara tempat Ethereum dilarang

Meskipun Ether dan cryptocurrency disambut baik di banyak bagian dunia, beberapa negara telah melarang perdagangan atau penggunaannya karena sifatnya yang terdesentralisasi, dianggap sebagai ancaman terhadap sistem moneter saat ini, volatilitas, atau dugaan penggunaan untuk memfasilitasi aktivitas ilegal.

Pada 2019, negara-negara di mana Ethereum dilarang atau pembayarannya dilarang bersama mata uang kripto lainnya (per Maret 2019) adalah:

Afganistan
Pakistan
Aljazair
Bolivia
Bangladesh
Republik Makedonia
Arab Saudi
Vanuatu
Vietnam

Selain negara tempat ETH dilarang, ada lebih banyak negara di mana Ethereum dibatasi dan tidak dapat digunakan untuk pembayaran. Di negara bagian tersebut, bank dan penyedia layanan keuangan lainnya dilarang berurusan dengan pertukaran mata uang kripto. Dalam kasus yang lebih ekstrim, seperti China, negara tersebut telah melarang pertukaran crypto sama sekali.

Cina
India
Ekuador
Indonesia
Maroko
Zambia
Nepal
Mesir
Samoa Amerika
Qatar

Penting untuk diperhatikan bahwa meskipun ada larangan dan pembatasan, undang-undang yang ketat belum menghapus Bitcoin, Eter, atau mata uang kripto lainnya, perdagangan atau penggunaannya karena hampir tidak mungkin untuk melarangnya. Selain itu, orang masih dapat menggunakan situs seperti Bitcoin Lokal untuk memperdagangkan mata uang kripto menggunakan uang tunai dan metode lainnya. Tidak ada pemerintah yang memiliki kekuatan untuk benar-benar melarang cryptocurrency terdesentralisasi kecuali mereka melarang penggunaan internet.

Banyak diminati:  Siapa yang Mengontrol Ethereum?

Negara yang melegalkan Ethereum

Pada catatan positif, setidaknya ada 111 negara bagian di mana Ethereum dan mata uang kripto lainnya diakui berdasarkan hukum dan memiliki status hukum tertentu.

Misalnya, Amerika Serikat dan Kanada pada umumnya memiliki sikap ramah terhadap kripto terhadap mata uang kripto sambil juga mencoba menegakkan kebijakan anti pencucian uang. Menurut undang-undang Uni Eropa, negara anggota tidak dapat meluncurkan mata uang mereka, tetapi pertukaran kripto dapat dilegalkan, tergantung pada peraturan masing-masing negara.

Semua hal dipertimbangkan, negara paling ramah crypto yang merangkul cryptocurrency dan di mana Ethereum legal adalah:

Jepang
Gibraltar
Malta
Ukraina
Swiss
Belanda
Lithuania
Estonia
Britania Raya
Jerman
Bermuda
Slovenia
Singapura
Georgia
Belarusia
Hongkong

Negara di mana Ethereum tidak legal atau ilegal

Untuk membuat masalah sedikit lebih rumit, ada negara di mana ETH legal dalam arti Anda dapat memilikinya, tetapi tidak ada pedoman yang jelas mengenai statusnya. Negara-negara ini sudah mempertimbangkan kerangka hukum tertentu, atau telah mengambil pendekatan menunggu dan melihat. Negara-negara tersebut adalah:

Albania
Andorra
Argentina
Barbados
Kolumbia
Guyana Perancis
Gabon
Jamaika
Yordania
Kazakhstan
Kenya
Kosovo
Kirgistan
Malaysia
Maladewa
Mauritius
Nigeria
Panama
Paraguay
Peru
Tunisia
Uni Emirat Arab
Tanzania
Uruguay

Ketakutan akan penumpasan cryptocurrency yang meluas telah memiliki efek lama pada industri crypto yang masih muda. Meskipun demikian, semakin banyak negara dan pemerintah yang memilih untuk merangkul inovasi digital dan memainkan peran penting dalam masa depan industri. Pada saat yang sama, yurisdiksi yang menentang perubahan tersebut berisiko mengalami kerugian ekonomi yang luar biasa. Ini sudah menjadi beberapa negara termiskin di dunia, dan bisnis cryptocurrency menghadirkan peluang bagus untuk menghadirkan inovasi, modal, lebih banyak pendapatan pajak, dan standar hidup yang lebih baik untuk seluruh populasi.