Tips Menghemat Pemakaian Baterai Smartphone Android

Tips Menghemat Pemakaian Baterai Smartphone Android

Tips Menghemat Pemakaian Baterai Smartphone Android – Baterai smartphone yang awet tentu akan memaksimalkan kinerjanya. Bagi yang memiliki baterai cepat habis padahal pemakaian ponsel tidak terlalu maksimal, bisa jadi terdapat beberapa penyebab khusus yang perlu segera ditangani. Daya baterai akan semakin besar terkuras ketika kita mendapatkan banyak notifikasi, menggunakan live wallpaper, hingga mengatur kecerahan layar secara optimal. Memang sekarang sudah banyak ponsel yang memiliki fitur fast charging. Namun setidaknya dengan menghemat baterai, anda tidak perlu repot mencari sumber listrik.

Tips menghemat baterai ini bisa dilakukan untuk berbagai jenis smartphone. semakin lama waktu bertahan ponsel tentu semakin memudahkan anda dari segi penggunaan. Bagi yang sedang bepergian juga sangat penting mengetahui tips berikut ini. jadi penggunaan power bank pun lebih efisien sehingga bisa anda gunakan untuk saat-saat mendesak saja. Menghemat daya ponsel ternyata cukup sederhana sehingga siapapun juga bisa melakukannya. Berikut ulasan tips selengkapnya untuk menghemat daya smartphone android. 

Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

  1. Batasi notifikasi

Terlalu banyak notifikasi memang akan memudahkan kita mengetahui pesan atau pemberitahuan penting. Namun jika terlalu banyak akan membuat kinerja ponsel terhambat. Selain notifikasi yang terlampau berlebihan juga akan memerlukan banyak daya ponsel. Anda bisa meredam notifikasi beberapa aplikasi dan mengaktifkan beberapa yang penting saja agar daya ponsel lebih hemat.

  1. Batasi aplikasi pemakan baterai

Ada beberapa jenis aplikasi yang memiliki interval pemakaian baterai lebih besar. Agar tidak memberatkan penggunaan baterai, anda bisa membatasi penggunaan aplikasi tersebut. Biasanya game atau aplikasi sosial media adalah pemakan baterai paling banyak. Anda bisa menonaktifkan lokasi, notifikasi dan beberapa fitur lain untuk lebih hemat baterai.

  1. Kurangi memori

Memori internal yang bekerja lebih ringan akan membantu anda dalam menghemat daya baterai. Pasalnya memori akan lebih leluasa memproses kinerja ponsel sehingga tidak memerlukan banyak daya. Jika anda memiliki sejumlah aplikasi yang tak digunakan, cache serta data tidak penting, sebaiknya hapus agar penggunaan baterai lebih hemat serta efisien.

  1. Matikan GPS, Bluetooth dan Wifi

Jika ketiga fitur tersebut sudah tidak digunakan, sebaiknya matikan fitur tersebut agar tidak boros baterai. GPS, bluetooth, dan Wifi yang menyala memerlukan daya baterai cukup besar. Terlebih jika tidak ada sumber bluetooth atau Wifi disekitar maka konsumsi daya lebih banyak karena ponsel akan bekerja keras mencari sumber daya tersebut. Maka jika tidak digunakan sebaiknya matikan ketiga fitur tersebut.

  1. Redupkan layar

Semakin cerah layar maka konsumsi baterai semakin besar. Oleh sebab itu penting sekali untuk mengatur kecerahan layar. Anda bisa mengatur kecerahan layar hingga angka 30 persen saja. Jika terlalu cerah pun akan mengganggu pandangan dan bisa merusak mata. Atur kecerahan layar secukupnya saja sehingga daya baterai pun lebih awet dan tidak membuat anda mengecashnya berkali-kali. 

Demikian beberapa tips untuk menghemat baterai smartphone sehingga penggunaannya lebih efisien. Selamat mencoba.