Tips Mengurangi Penggunaan RAM Smartphone

Tips Mengurangi Penggunaan RAM Smartphone

Tips Mengurangi Penggunaan RAM Smartphone – Seperti halnya baterai atau memori internal, kinerja RAM bisa terkuras dan menyebabkan impact signifikan dalam kinerja smartphone. Oleh sebab itu untuk mempercepat kinerja perangkat tersebut, kita mesti lebih efisien dalam penggunaan RAM. Beberapa faktor penyebab RAM terkuras kinerjanya bisa kita identifikasi. Mulai dari penggunaan aplikasi tertentu, adanya aplikasi RAM manager yang tidak bekerja optimal, sampai banyaknya widget di layar utama anda. Menghemat penggunaan RAM sangat perlu anda lakukan.

Dengan demikian anda bisa mendapatkan kinerja smartphone yang lebih cepat. Anda pun bisa menjaga keawetan perangkat tersebut sehingga ponsel tetap terjaga kualitasnya. meskipun RAM smartphone anda minim jika penggunaannya efisien tentu tidak akan menyebabkan smartphone melambat. Maka dari itu penting sekali tahu apa saja tips mengurangi penggunaan RAM smartphone. berikut ini ulasan tips selengkapnya yang bisa anda coba lakukan. 

Tips Mengurangi Penggunaan RAM Pada Android

  1. Cek aplikasi

Cobalah cek aplikasi yang sekiranya ‘rakus’ terhadap penggunaan RAM. Anda perlu menon-aktifkan aplikasi tersebut agar tidak berjalan di background. Dengan demikian, anda bisa lebih meng-efisienkan penggunaan RAM. Biasanya Facebook Android merupakan aplikasi yang boros penggunaan RAM. Anda bisa menggantinya dengan versi Facebook yang lebih ringan agar kinerja ponsel lebih optimal. 

  1. Hindari penggunaan RAM Manager

Ada beberapa aplikasi yang diklaim mampu menghemat penggunaan RAM. Misalnya RAM Booster, RAM Optimizer, hingga Task Killer. Sebenarnya aplikasi tersebut justru akan menguras kinerja ponsel anda. selain itu untuk ponsel android modern pun sudah memiliki fitur penjaga RAM sehingga aplikasi tersebut tidak terlalu diperlukan. Anda bisa menghapus aplikasi RAM Manager untuk melegakan memori penyimpanan. 

  1. Gunakan Greenify

Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan aplikasi Greenify. Aplikasi tersebut berfungsi sebagai penghibernasi aplikasi. Dengan aplikasi yang dihibernasikan secara otomatis, anda tidak perlu khawatir ada aplikasi mengganggu yang menyebabkan ponsel lelet. Anda bisa memasukan aplikasi mana yang ingin dihibernasikan. Namun sebagai saran sebaiknya jangan hibernasikan aplikasi chatting karena akan membuat anda kehilangan notifikasi. 

  1. Minimalisir jumlah widget

Widget yang ada di home screen memang sangat membantu agar akses ke aplikasi lebih mudah. Namun jika terlalu banyak hanya akan menambah beban RAM dan pada akhirnya smartphone lebih lelet. Jika RAM ponsel terbatas, hapus beberapa widget agar kinerjanya lebih lega. Anda pun mesti mengganti wallpaper dengan jenis statis agar peforma ponsel lebih optimal.

  1. Jangan gunakan live wallpaper

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menggunakan live wallpaper hanya akan membuat kinerja RAM lebih berat. Ponsel akan memerlukan tenaga dan daya baterai lebih banyak karena mesti menggerakan animasi pada wallpaper tersebut. carilah wallpaper statis dan pasang di homescreen serta ruang kerja ponsel. Anda bisa memiliki wallpaper gelap untuk meminimalisir penggunaan baterai. 

Demikian beberapa tips yang bisa kita lakukan agar penggunaan RAM di smartphone lebih efisien. Selamat mencoba.