Apa bedanya Alibaba dan Aliexpress Pilih yana mana ?

Apa bedanya Alibaba dan Aliexpress Pilih yana mana ?

Apa bedanya Alibaba dan Aliexpress Pilih yana mana? Hingga saat ini siapa yang tidak mengenal sosok pria Tiongkok yang bernama Jack Ma ?

Dengan profesinya sebagai guru, start up alibaba, dan sekarang menjadi motivator kelas dunia, beliau banyak menginspirasi orang dari berbagai negara.

Perusahaan miliknya kini terus berkembang dan telah menjangkau ke berbagai bidang yang bisa membantu manusia modern supaya bisa hidup lebih praktis.

Selain Alibaba yang sudah begitu terkenal, kini juga ada Aliexpress yang juga menjadi platform belanja online terkenal di seluruh dunia.

Lalu apa bedanya jika fungsinya sama sebagai platform belanja online ? Untuk lebih jelas maka kita akan bahas satu per satu baik Alibaba maupun Aliexpress.

Apa bedanya Alibaba dan Aliexpress Pilih yana mana ?

Alibaba dan Aliexpress memiliki perbedaan yang cukup signifikan meskipun sama-sama merupakan platform marketplace raksasa. Perusahaan asal Tiongkok ini memang sengaja menciptakan marketplace untuk pengguna dari seluruh dunia.

1. Alibaba

Sebelum ada Aliexpress maka sudah tentu Alibaba lebih dahulu ada. Karena nama Alibaba inilah yang membawa Jack Ma menjadi berhasil dalam usahanya setelah puluhan kali gagal melamar kerja.

Untuk menggunakan Alibaba anda bisa akses menggunakan web browser ke situs resminya langsung dengan menggunakan url https://www.alibaba.com.

Atau jika tidak anda juga bisa mengaksesnya lewat google play store dengan mengetikan kata kunci Alibaba pada mesin pencarian.

Platform Alibaba ini lebih dikhususkan untuk melayani bisnis to bisnis saja. Untuk anda yang merupakan pelaku bisnis usaha bisa membeli barang dari alibaba untuk di jual lagi kepada pembeli.

Dengan kata lain marketplace raksasa asal Tiongkok milik Jack Ma ini hanya mempertemukan antar penjual saja. Dan barang yang dijual biasanya juga harus dalam jumlah besar kelas super grosir.

Banyak diminati:  Rekomendasi Toko Online Terbaik dalam Negeri dan Luar Negeri

Jika anda menggunakan platform Alibaba maka tidak akan menemukan penjual yang melayani dalam jumlah satuan. Misalnya saja ingin beli masker untuk kebutuhan pandemi maka tidak bisa hanya beli 1 box atau 1 karton saja.

Melainkan minimal harus 1 kontainer atau bisa juga dalam jumlah lain yang tentunya juga terbilang besar apabila dinominalkan.
Dengan membeli dalam jumlah banyak maka harganya juga pasti bisa dapat lebih murah yang niat awalnya memang untuk dijual lagi.

2. Aliexpress

Aliexpress merupakan marketplace yang melayani B2C yang artinya mempertemukan produsen atau penjual langsung kepada konsumen. Hal ini tentu berbeda dengan Alibaba yang menggunakan skema B2B dengan harga lebih murah namun harus dalam jumlah besar.

Mengapa Aliexpress ada ? Pada awalnya Alibaba juga menggunakan skema B2C yang dimana penjual juga bisa menjual secara eceran dalam jumlah kecil.

Namun seiring berjalannya waktu maka mulailah bermunculan seller kelas kakap dari Tiongkok yang menjual dengan harga miring. Dan karena persaingan yang tidak sehat inilah maka muncul Aliexpress yang dapat membantu pengusaha kecil agar tetap bisa berjualan secara online.

Kini tidak hanya pembeli dari Tiongkok saja yang bisa menggunakan Aliexpress karena pembeli dari Indonesia juga bisa menggunakannya.

Apabila anda sudah familiar sekali dengan marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya maka ketika berbelanja di Aliexpress juga akan sama.

Meskipun barang yang anda beli harus melalui perjalanan antar negara (Tiongkok – Indonesia) namun beruntung saat ini prosesnya sudah jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu.

Bahkan beberapa lapak di Aliexpress juga ada yang menggratiskan ongkos kirim sehingga anda bisa beli dengan harga yang murah.