Smartphone 7000mAh Samsung Galaxy M62

Smartphone 7000mAh: Samsung Galaxy M62

Smartphone 7000mAh: Samsung Galaxy M62 – Smartphone dengan batere 7.000 mAh! Sebelumnya, Samsung juga merilis smartphone 7000mAh, yaitu Samsung Galaxy M51. Kalau anda suka main game, tentu pernah mengalami baterai smartphone anda cepat habis. Karena memang bermain game itu paling nyedot baterai. Pakai HP ini buat main Mobile Legends, selama setengah jam pake koneksi wifi, baterenya hanya berkurang 4% saja! Artinya kita harus main nonstop sampe mual, sampe 10 jam lebih kalau mau abisin baterenya sekali main tanpa matiin layarnya lagi.

Smartphone 7000mAh 2021

Smartphone 7000mAh Cocok untuk Bermain Game!

HP lain yang baterainya standar di 4000an mAh, main ML setengah jam bisa nyedot batere hingga 7%. Sejauh itu bedanya! Hampir 2 kali! Kalau Galaxy M62 ini dipake buat main PUBGM setengah jam, ngurangnya 5%. HP lain 8%! Dan kalau buat main Genshin Impact setengah jam ngurangnya 5% aja. HP lain bahkan ada yang belasan %. Kalau dipake buat kerjaan enteng pun, misalnya nonton Youtube sejam, baterenya juga ngurang 5% aja. Batere M62 ini super awet!

Kecepatan chargingnya pun nggak bisa dibilang lambat buat tangki segede gini. Chargernya 25 Watt. Setengah jam dia udah keisi 33 persen, sejam udah keisi 60%, itu udah cukup buat dipake seharian. Kalau mau penuh, cukup 2 jam aja.

Spesifikasi Samsung Galaxy M62, Smartphone 7000mAh

Spesifikasi samsung galaxy m62 gsmarena 1

Spesifikasi samsung galaxy m62 gsmarena 2
gsmarena

Sisa spek lainnya pun keliatan meyakinkan banget ya. Kata kuncinya ada di… “keliatan” keliatan meyakinkan! Soalnya kalau kita sekedar baca speknya aja, di situs Samsung, atau GSMArena atau dimana, M62 ini kelihatan kayak lumayan monster lah. “Keliatan” ya! Dengan harga 4.5 jutaan, chipset yang dipake adalah Exynos 9825. Ini chipset yang juga dipake di Samsung Galaxy Note 10+, HP flagship Samsung 2 tahun lalu yang harganya 15 juta lebih pas baru launching.

Memori Samsung Galaxy M62, Smarphone 7000mAh

Buat RAMnya, Galaxy M62 punya kapasitas 8GB, nggak kalah dibanding HP sekelas, dan memori internal yang kita dapet, udah 256GB. Lega banget! Walaupun dia masih bisa ditambahin Micro SD lagi… Dan Dual Sim!

Banyak diminati:  Samsung Galaxy Z Flip 3 5G - Harga dan Spesifikasi Indonesia 2021

Harga Samsung Galaxy M62, Smartphone 7000mAh

Oh iya, sebagai catetan, harga 4.5 jutaan tadi, harga pas saya cek di e-commerce ya. Kalau harga resmi dari Samsung pas launching sebulan lalu, harganya masih 5.999, masih 6 juta. Dalam 1 bulan turun sejutaan, itu lumayan banget! Memang ciri khas HP samsung lah, harga e commerce itu selalu lebih murah dari harga resmi.

Display Samsung Galaxy M62, Smartphone 7000mAh

Buat displaynya sendiri, HP ini pake layar dengan ukuran 6.7 inci ya, luas banget! dengan panel Super AMOLED Plus, yang kualitas warnanya mantep banget, terutama buat warna hitamnya yang total, dan resolusinya Full HD+. Yang kurang dari layar HP ini cuma, refresh ratenya masih di 60Hz aja, belum kayak HP kelas menengah lain yang udah pindah ke 90Hz, yang lebih mulus.

Yah, masih okelah. Kalau anda datengnya dari HP yang layarnya 60Hz, layar M62 ini ga bakal jadi kelemahan, tapi jadinya memang ga dapet lebih aja. Dan walaupun layarnya udah “Super AMOLED”, sistem fingerprintnya masih digabung sama tombol power, nggak bisa langsung di layar.

Dan ngomong ngomong soal layarnya yang gede, otomatis bodi HP jadi gede juga ya. Layar gede dikombinasiin sama batere gede, itu udah resep pasti HP bakal menuhin tangan banget. Bobotnya pun lumayan berat di 218 gram, kira kira mirip kayak HP jumbo lain semacem Poco X3 Pro. Bakal kurang cocok buat anda yang gampang pegel pas megang HP, atau tangannya kekecilan buat megang HP selebar ini.

Desain Samsung Galaxy M62, Smartphone 7000mAh

Kalau dari desainnya sendiri saya suka, memang nggak bisa dibilang cantik atau elegan gitu ya! tapi masih enak di mata lah…

Bodinya punya motif garis garis halus gitu, dan teksturnya juga glossy mantul mantul. Ini desain yang khas, HP lain nggak ada yang punya, tapi ya memang nggak semenarik itu sih… cuma minimal nggak lebay lah.

Buat varian warnanya sendiri ada 3, ada biru yang kita bahas kali ini, ada hijau, dan warna hitam.

Nah, kenapa tadi saya bilang kalau spek Galaxy M62 ini “keliatan” meyakinkan? Karena pas kita baca, memang kayaknya cakep banget kan. Chipset flagship! Tapi, setelah dicobain langsung, buat pemakaian harian, performanya agak kurang sesuai sama apa yang ketulis di atas kertas, sama apa yang kita lihat. Dengan spek yang saya sebutin tadi, harusnya HP ini ada aura aura flagshipnya dikit ya. Tapi ternyata nggak kayak flagship.

Banyak diminati:  Harga Samsung Galaxy Z Fold 2 Indonesia Terbaru 2021

Buat ngejalanin aplikasi enteng, misalnya sosmed, chatting, atau buat nonton video, streaming, masih nggak masalah, Galaxy M62 ini lancar banget. Mulus. Tapi pas dipake main game… performanya lebih rendah dari chipset kelas menengah, yang umurnya udah setahunan juga kayak Snapdragon 720G. Misalnya di Mobile Legends, game yang super enteng. Di Snapdragon 720G, 50-60 fps itu udah jaminan banget. Tapi di Galaxy M62, rata rata fps yang didapet cuma di 37 aja! Padahal settingannya udah jelas saya setel ke high frame rate.

Apakah itu salah ML nya? Itu nggak juga! Pas saya tes main PUBGM pun, bisa masuk ke settingan smooth extreme settingannya, frame rate tapi dapatnya rata rata di 42 fps aja, dengan titik paling rendah di 30 fps. Banyak stutternya pula! Dan ketika saya coba hajar Genshin Impact, frame rate ratanya cuma 18an fps. Kalau di Snapdragon 720G, biasanya dapet loh 25-30. Ini aneh banget sih. Padahal kalau kita liat benchmark dari Galaxy M62 ini, di Antutu 8 dia bisa dapet skor 300 ribu lebih! lebih tinggi dari Snapdragon 720G yang skornya 270 ribuan. Bedanya bisa 10-20 Persen! Ntah ini masalah di softwarenya Samsung, yang nurunin performa banget biar baterenya lebih awet, atau apa?

Yang pasti performa HP ini jadi catetan penting buat anda yang hobi main game. Bisa kepake main? Ya tetep bisa. Saya tetep bisa lumayan enjoy lah, tapi kurang maksimal aja. Buat anda yang ada rencana jadiin HP ini sebagai HP gaming, bisa pikir ulang.

Kamera Samsung Galaxy M62, Smartphone 7000mAh

Kalau buat kameranya sendiri, Galaxy M62 pake sistem 4 kamera ya, kamera utama 64MP, didukung sama kamera ultrawide 12MP, kamera makro 5MP, dan kamera depth 5MP. Buat kamera depannya 32MP. Hasil fotonya sendiri udah sesuai sama kelas harganya, 4-5 jutaan. Dengan warna yang keliatan natural sih, detil yang agak disharpkan dikit biar lebih tajem, plus dynamic rangenya mantep! Kalau di low light, kualitasnya jelas lumayan turun, tapi ini juga masih level HP kelas mid range lah. Buat kamera depannya, dia juga bisa ngerekam di resolusi 4K ya… Ini juga mirip kayak fiturnya Note 10 dulu… Dulu saya inget pas Samsung baru launching Note 10, mereka bener-bener banggain soal… kemampuan ngerekam kamera depan di 4K nya, atau S10 ya(?) Ya nggak jauh-jauh dari itu lah. Dan itu hebat sih, masih jarang HP yang kamera depannya bisa 4K. Cuma, kompensasinya kalau 4K kalau buat HP ini dia nggak bisa stabil, kalau flagship Samsung lain kan udah bisa. Kalau Full HD dia bisa stabil kalau kita hidupin fiturnya, cuma jadi ke Crop aja.

Banyak diminati:  Harga HP Infinix Hot 8 Terbaru Juni 2021

Simpulan Samsung Galaxy M62, Smartphone 7000mAh

Kesimpulan saya buat Samsung Galaxy M62 ini, Baterainya bener bener seksi buat orang yang nyari batere badak! Soal awet awetan ini memang ga ada lawan lah. Yang bisa nyaingin palingan Galaxy M51 aja, yang kapasitas baterenya sama, dan harga lebih murah 500 ribuan. Tapi umurnya udah 8 bulanan, sebenarnya nggak terlalu lama, dan memori internalnya juga 128GB aja. Beda dua kali lipat sama yang ini! Ada plus minusnya lah. Kalau anda bukan tipe orang yang nyari batere banget, Galaxy M62 ini kurang cocok sih, masih ada Samsung Galaxy A52 yang speknya lebih merata.

Favorit! Mulai dari layarnya yang sama-sama cakep dengan refresh rate 90Hz, bodi yang lebih stylish, tahan air juga, chipset Snapdragon 720G, yang ternyata lebih bagus dari yang ada di M62 ini, batere yang cukup, dan kamera yang bagus juga! Dari awal, seri M memang dibikin buat pasar yang lebih sempit dari seri A. Ya itu mirip Redmi vs Poco lah kalau di Xiaomi. Kalau aja Galaxy M62 ini punya performa yang mantep sesuai derajat chipsetnya, dia bakal jadi lebih menarik sih ke banyak orang. Bisa jadi HP gaming Samsung malah! Batere badak, Performa galak! Tapi ntah kenapa performanya kayak malu-malu gitu. Ya Semoga mungkin samsung bisa update-in soal itu ya. Soalnya hardwarenya kan udah siap!

Demikian ulasan Samsung Galaxy M62, Smartphone 7000mAh.