Kamera ini Bisa Mendeteksi Pengendara yang Punya SIM atau Tidak!

Kamera ini Bisa Mendeteksi Pengendara yang Punya SIM atau Tidak!

Kamera ini Bisa Mendeteksi Pengendara yang Punya SIM atau Tidak! – Sistem tilang elektronik atau disebut juga traffic law enforcement (ETLE) terus digalakan pemerintah untuk meminimalisit pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan-jalan tertentu. Beberapa daerah sudah menerapkan sistem ini. Dan kabarnya, tahun depan sudah disiapkan kamera yang lebih canggih, ia bisa mendeteksi retina untuk mengetahui apakah pengendara tersebut memiliki SIM atau tidak.

Jika sebelumnya hanya mendeteksi pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB), fitur yang lebih canggih tengah dipersiapkan, tutur Kombes Pol Mohammad Tora, Kasubdit Standar Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Polri.

Jadi menurutnya, kamera ETLE tersebut akan bisa meng-capture retina, bukan hanya pelat nomor kendaraan yang bersangkutan. Dengan demikian, proses identifikasi pelanggar lalu lintas akan lebih akurat.

Identifikasi tersebut akan mengarah pada kepemilikan SIM dan lebih lanjut akan terhubung dengan data disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

Dengan deteksi retina, diharapkan dapat meminimalisir kesalahan identifikasi kasus beda pengendara dengan pemilik kendaraan ber pelat nomor yang tercapture. Tentunya ini sangat diperlukan karena pada faktanya tidak sedikit kendaraan yang digunakan bukan oleh pemiliknya.

Seperti yang disinggung sebelumnya, rencananya penerapan sistem kamera canggih ini akan mulai dilakukan tahun depan.