Review vivo X70 Pro Indonesia

Review vivo X70 Pro Indonesia yang Kameranya Ajib

vivo X70 Pro! Jarak dari X60 Pro ke HP ini hanya 5 bulan. vivo X70 Pro ini jadi contoh nyata dari istilah “Don’t change the winning team”. Jangan ngutak ngatik tim juara. Di bagian kamera, yang dari zaman X50 sudah jadi andalan. Di X70 Pro kameranya dibikin lebih mantep lagi. Sensor yang dipake buat kamera utamanya bahkan kayak niat banget. Hasil customan vivo bareng Sony, IMX766V, yang diklaim bisa nyerap cahaya 4.6% lebih banyak dari IMX766 biasa. Vivo nyebutnya 50MP Ultra-Sensing Gimbal Camera. Kamera utamanya ini ditemenin sama kamera portrait 12MP, kamera periscope 8MP yang punya kemampuan 5x optical zoom dan 60x hybrid zoom, terus ada 12MP ultrawide angle camera. Buat kamera depannya sendiri, dia 32MP. Terus, nggak cuma sensor doang, atau megapixel doang yang dinaikin. Sampe ke kaca lensanya pun ini juga diperhatiin vivo. Itu bagus, karena…

Dari dulu saya nggak pernah bosen buat bilang kalau kamera yang bagus itu, nggak cuma ngeliat angka megapixel doang, tapi banyak faktor lain termasuk kaca lensanya pakai yang gimana. Di X70 Pro, kacanya udah dapetin sertifikasi standar dari ZEISS T* Coating. Itu standar yang biasa kita temuin di lensa-lensa kamera profesional, terus teropong juga ada, bahkan alat scope buat senjata juga ada yang pake. Teknologi coating gini diperluin biar transmisi cahaya yang ngelewatin lensanya, bisa tetep dijaga kualitas warnanya, nggak ada distorsi yang berlebihan, nggak ada flare macem-macem. Biar tetep murni lah. Teorinya sih gitu. Buat hasil nyatanya sendiri? kita langsung liat aja hasil fotonya. Saya bisa dengan pede bilang kalau kualitas fotonya bener-bener manjain mata banget ya. Warnanya berasa hidup walaupun saya nggak aktifin AI apa-apa, Jadi nggak dimodif banyak-banyak. Dynamic range luas banget, mau kondisinya terang siang bolong juga kameranya masih sanggup buat nampilin bagian yang terang dan gelep dengan baik, detilnya oke tanpa kerasa oversharpen. Mau dihajar foto pas low light? Juga aman. Warna masih bagus banget, nggak kusam. Noisenya dikit dan detilnya pun masih keliatan. Buat kamera utamanya, level vivo X70 Pro ini tinggi banget.

Jadi nggak sabar buat bandingin kamera nih HP sama flagship yang lain. Kayak sebagus apa gitu Sementara buat kamera yang lain, kayak ultrawidenya, ya ini sekedar bagus aja, tapi nggak ada yang spesial kalau saya lihat ya. Lebih ke pendukung dari kamera utama aja. sementara buat kamera periscope 5x, hasilnya sesuai harapan. Buat zoom jauh, sedap, detilnya nggak kaleng-kaleng lah, sesuai namanya optical zoom 5x, bukan hybrid zoom atau digital zoom yang angka tuh… bisa dipaksa asal tinggi aja. Oh iya, ada satu lagi kamera di HP ini, ini portrait 12MP, yang bakal kepake kalau kita pengen motret dengan efek bokeh ya, yang ada blur-blur di belakang kita itu lho. Di vivo X70 Pro ini, efek bokeh yang dikasih lumayan banyak, termasuk efek bokeh ala lensa ZEISS juga.

Banyak diminati:  Vivo V22 Pro Indonesia (5G) Harga dan Spesifikasi

Jadi selain kerjasama di bagian hardware tadi, yang soal kaca lensa tadi software kamera vivo juga kecipratan. Kita bisa milih 4 efek khas ya, ada Biotar yang bokehnya kayak ngelingker gitu, kemaren bisa kita temuin di seri X60 Pro juga terus yang baru ada Sonnar dengan efek bokeh yang istilahnya itu creamy, Plannar dengan efek bokeh yang lebih klasik dan Distagon, istilahnya itu kata Vivo dan ZEISS lebih dreamy katanya. Silakan dipilih aja cocok yang mana. Di bagian perekaman video, vivo X70 Pro juga tentu aja tetep ngandelin teknologi Gimbal Stabilization ya. Dulu pernah kita tes lumayan ekstrim di Ancol pas masih generasi awal, sekarang di X70 Pro udah generasi ketiga.

Teknologi ini bikin video yang kita tangkep jadi stabil parah sih. Kayak misalnya di adegan ini, saya ambil pas boncengan di atas motor, ini di jalur yang saya sengaja pilih banyak lubangnya. tetep stabil banget Pas lari juga goncangannya masih kerasa enak banget. terus di kondisi-kondisi lain juga stabil sih jadi ya ini memang sesuatu yang pantas buat diandelin Vivo sih walaupun saya nggak terkejut karena generasi pertama aja udah bagus banget. (Sampel video) Buat perekaman kamera depan, dia agak… terbatas, dia nggak bisa di 4K bisanya di 1080P aja.

Cuma untungnya kalau diliat di sini gambarnya bisa tetep tajem dan lebih… bening sih kayak kulit lebih… cerah gitu, lebih glowing kalau dibandingin tone warna dari HP yang lain. Ya panjang juga bahas soal kameranya Tapi worth it karena memang itu yang jadi nilai jual utama vivo X70 Pro ini. Kemungkinan, 80% orang yang minat sama HP ini, ya palingan karena kecantol sama iklan kameranya. yang selalu dipajang di baner, poster mana pokoknya kameranya jadi fokusnya makanya… kemungkinan orang bakal minat sama HP ini kebanyakan karena kameranya Sementara mungkin 20% sisanya? Agak random ya.

Mungkin penasaran sama performanya? Kayak saya yang nggak bisa lupa sama performa X60 Pro yang kenceng tapi tetep adem. Padahal HP lain yang mesinnya sama, Snapdragon 870, itu panas semua rata-rata. Hebat sih ini. Di X70 Pro? Ceritanya tetep sama sih, walaupun mesin yang dipake beda ya kali ini bukan Snapdragon tapi dari… MediaTek Dimensity 1200-vivo. Ada kata vivo-nya karena vivo ngeklaim kalau mereka juga sedikit ngemodif chipsetnya. Entah apa yang dimodif.

Banyak diminati:  Spek Vivo X60 Pro Plus

Nggak tahu, yang pasti HP ini tetep bisa ngasih performa yang kenceng, mirip-mirip kayak Snapdragon 870, memang selisihnya masih minus 10%, nggak bisa sekenceng 870, buat main PUBGM pun masih mentok di HDR Ultra atau smooth extreme, belum optimal. Tapi suhu yang dihasilin bisa lebih adem dari Snapdragon 870. Pas saya main Genshin Impact di settingan medium 60 selama setengah jam di ruangan tanpa AC, pake koneksi wifi, frame rate yang dia dapetin setelah setengah jam, sekitar 40an fps, dan suhu yang dihasilin 40-41 derajat aja depan belakang. Ini cakep. Entah apa rahasia vivo bisa bikin suhunya bisa tetep kayak gitu. Bagian yang vivo kuat, yang saya bener-bener suka dari seri X kemaren, kamera dan performa, lebih dikembangin lagi oleh vivo di X70 Pro ini.

Mereka kayak nyoba ngasih sesuatu yang HP lain nggak bisa lah. Oh iya, masih soal performa, RAM di HP ini 12GB ya, bisa ditambah Extended RAM 4GB, sama memori internalnya 256GB yang nggak bisa ditambah lagi. Soalnya slot SIMnya ini support dual nano SIM aja. Jadi kalau mau milih varian, bukan internal tapi lebih ke soal warna bodinya aja. Ada yang warnanya Cosmic Black, itu lebih kalem hitam gini, ada juga yang Aurora Dawn, yang ini lebih elegan. Feel megangnya berasa lumayan mewah sih. HPnya tipis, dan bobotnya termasuk enteng buat HP flagship, 180an gram aja, tapi harus agak diperhatiin pas kita taruh di atas permukaan yang nggak rata. Agak bahaya mungkin soalnya teksturnya ini licin banget kalau kita nggak pakein casing. Meja miring sedikit aja, pasti kepeleset. Desain belakang vivo X70 Pro juga didukung sama bentuk kaca depannya yang melengkung. Jadi berasa lebih mewah lagi. Gambar yang bisa ditampilin layarnya 6.56 incinya pun udah cakep. Panelnya E5 AMOLED, resolusi Full HD+, dan refresh rate 120Hz. Mirip X60 Pro kalau ini. Sistem smart switch refresh ratenya pun masih sama.

Patokan harus kenceng atau nggak, kapan dia milih 60 atau 120, itu masih tergantung sama aplikasi yang kita pake. Bukan pas kita lagi ngapain, scrolling atau nggak. Kita bisa sih milih manual aplikasi apa yang harus 120Hz, mana yang 60Hz. Tapi tetep kerasa kurang fleksibel aja. Buat daya tahan baterenya sendiri, HP ini pake batere yang kapasitasnya 4450mAh, dipake seharian masih aman pake mode smart switch. Screen on time-nya yang saya dapetin sekitar 5 jam buat pemakaian sosmed, itu kadang main game juga. Soal ngecas, speednya lumayan ngebut pake teknologi FlashCharge 44Watt, setengah jam colok udah ngisi 60%. Kalau mau penuh sekitar 1 jam. Selain bagian kamera sama performanya, vivo X70 Pro ini memang bisa dibilang masih tetep sama kayak X60 Pro. 5 bulan mungkin nggak bisa sebanyak itu lah. Eh, bentar, ada satu yang spesial dari nih HP, ketinggalan. Dia punya Infra Red Blaster! Sesuatu yang mungkin bakal sering kelupaan karena bentuknya yang kecil banget.

Banyak diminati:  Rekomendasi HP Harga 1 Jutaan - 10 Jutaan Tahun 2021

Tapi pas lagi butuh, buat nyalain AC, pindah-pindah channel TV, lagi nggak ada remote, ini fitur yang kepake banget. Nice. Balik ke omongan saya tadi. Selain kamera sama performanya, vivo X70 Pro ini masih tetep sama kayak X60 Pro. Jangan utak atik tim juara kan? Yang tadi saya bilang. Termasuk bagian yang buat saya jadi kelemahan di X60 Pro kemarin dibanding flagship lain, juga tetep ada di X70 Pro, mereka nggak sentuh bagian itu. Misalnya speakernya yang masih mono aja, belum stereo. Saya bener-bener ngarep kalau seri lanjutannya itu bakal dapet speaker stereo atas bawah, karena itu lumayan ngasih feel yang beda pas kita lagi main game, denger lagu, pokoknya denger suara tanpa headset. Stereo itu mantep Terus HP ini juga belum punya IP rating, jadi nggak tahan air, dia juga nggak support wireless charging.

Ya 3 hal yang flagship banget sih yang harus diperhatiin vivo. Kalau ada, bakal bikin HPnya kelasnya itu naik lagi. Karena rata-rata flagship zaman sekarang udah kayak gitu kan. Atau nggak usah? Mungkin vivo punya data sendiri kan, data yang bilang kalau orang yang minat sama HP ini, nggak peduli sama yang begituan? Orang yang datang pengen beli X50, X60, karena cuma pengen nikmatin kameranya? Makanya X70 Pro ini, juga kamera lagi yang dikencengin. Kamera kamera kamera. Yah… Kesimpulan saya itu sih vivo X70 Pro. Kalau anda minat sama HP ini karena ngeliat iklannya dimana-mana, penasaran sama kualitas kameranya, anda bakal puas banget, vivo ga nahan nahan di bagian ini. Saya pun suka. Tapi kalau anda dateng dengan harapan kalau ini adalah… HP yang nggak ada celanya, sempurna di semua bagian, ya untung anda udah nonton video ini. Jadi tau kalau HP ini tetep ada kurangnya buat harga 11 juta balik 1000 perak.

10.999 Tinggal timbang aja, apakah 3 hal tadi, penting buat anda? Kalau nggak penting, sama sekali nggak perlu gitu lebih seneng sama kameranya, berarti anda target pasar vivo.