Drone Raksasa Bermuatan Manusia Jadi Kendaraan Resmi IMI

Drone Raksasa Bermuatan Manusia Jadi Kendaraan Resmi IMI

Akhir pekan kemarin, langit Bali di lintasi drone raksasa bermuatan manusia pertama yang ada di tanah air. Tepatnya di wilayah Black Stone Beach Bali.

Drone raksasa bermuatan manusia atau taksi terbang yang diboyong dari China tersebut adalah EHang 216. Di bulan September 2021, taksi terbang ini tampak nongkrong di kantor pusar Ikatan Motor Indonesia (IMI), tepatnya di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Dan akhirnya pada hari Jumat, 16 November 2021, dilakukan uji coba di Langit Bali.

Harga Drone Raksasa EHang 216

Seperti dilansir detik.com, Bamsoet atau Bambang Soesatyo yang merupakan Ketua IMI mengabarkan bahwa harga EHang yang diboyong Importir Umum (IU) Prestige Motorcars ini kisaran Rp 8 Miliar. Dan saat ini Indonesia masih memiliki satu unit.

Spesifikasi Drone Bermuatan Manusia EHang 216

Taksi ini merupakan Autonomous Aerial Vehicle (AAV) yang memiliki teknologi listrik dan otomatisasi. EHang diproduksi oleh Guangzhou EHang Intelligent Technology Co. Ltd.

EHang memiliki 16 baling-baling. Kendati demikian, taksi ini dapat lepas landas dan mendarat vertikal dengan lengan yang bisa dilipat sehingga tidak boros lahan, hanya membutuhkan sekitar 5 meter.

Dimensi EHang sendiri memiliki tinggi 1,7 meter dengan lebar 5,6 meter. EHang dapat mengangkut beban 220 Kg, menempuh kecepatan 130 Km/jam. Dan uniknya, EHang tidak memerlukan pilot karena kendaraan masa depan ini dikontrol dari pusat kontrol via jaringan 4G atau 5G.

EHang 216 terbang di Langit Bali

Kenapa harus Bali? Seperti kita ketahui Bali sudah dikenal memiliki daya tarik wisata yang tinggi baik untuk wisatawan domestik maupun internasional.

Wilayah Black Stone Beach menjadi saksi kesuksesan uji coba drone raksasa bermuatan manusia ini. Setelah ini, rencananya EHang 261 ini akan diujicobakan di Jakarta.

Banyak diminati:  Manusia Bisa Hidup Hingga 150 Tahun, Penelitian Baru Menyarankan

EHang 216 Jadi Kendaraan resmi IMI

Lolos uji coba di Bali, EHang 216 diresmikan sebagai kendaraan resmi (official aircraft) IMI. Ini disampaikan oleh Ketua MPR RI yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Ke depan, EHankg 216 akan difungsikan untuk melakukan berbagai pengawasan, diantaranya pengawasan turnamen, sirkuit balap, ataupun kepentingan bangsa dan negara seperti patroli lalu lintas, militer, kegiatan kemanusiaan, dll.

Peresmian EHang 216 dihadiri Sekretaris Jenderal IMI, Ahmad Sahroni, Wakil Bendahara Umum IMI, Johnshon Yaptonaga, serta Ketua Regional Asia Pasifik Ehang Intelligent Equipment Bill Chois.

Selain itu, peresmian tersebut dihadiri pula oleh I Nyoman Suwirta, Bupati Klungkung, dan Group CEO Asia Cargo Airlines Marco Isaak yang langsung memesan 1 unit drone EHang 216.

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol