Aturan Sebelum Menginstall Custom ROM

Aturan Sebelum Menginstall Custom ROM

Aturan Sebelum Menginstall Custom ROM – Apakah kalian punya hobi memperbaiki Android? setelah tahap root, anda bisa melakukan tahap oprek ke tahap selanjutnya yaitu anda bisa menginstall custom ROM. Bagi yang sudah memiliki akses root dan juga sudah menginstall recovery (CWM) anda bisa leluasa mengubah custom ROM sesuka hati anda sehingga kita diberi keleluasaan untuk mengutak-atik performa di sistem android dan hal lain yang tidak bisa kita dapatkan di ROM Android. bawaan pabrik atau rom bawaan vendor yang sering disebut Stock ROM.

  1. Perhatikan apakah ROMnya bisa dan juga cocok untuk tipe hp kamu

  2. Perhatikan bug

Jangan pernah flash ROM begitu saja. Bug di custom rom itu banyak macamnya, misalnya suara tidak keluar, tidak bisa konek wifi atau dengan kata lain wifi tidak jalan, kamera/camcorder tidak jalan, gps tidak berfungsi dengan baik, agak lag, banyak aplikasi yang sering force close, dan lain-lain.

  1. Pastikan baterai penuh

Memeriksa berapa banyak daya baterai yang tersisa sebelum menginstal ROM Kustom dan juga ketika Anda mulai me-rooting perangkat Android sangat penting. Sebab, jika perangkat Anda tiba-tiba mati di tengah jalan karena kekurangan baterai, bisa mengakibatkan ponsel Anda menjadi hard brick. Jadi, sangat penting untuk mengisi penuh baterai atau setidaknya melebihi 50% sebelum Anda memulai rooting atau mulai menginstal ROM Kustom.

  1. Cadangan ROM penuh

Pada CWM (ClockWordMod) terdapat fitur dimana kita dapat dengan mudah melakukan full ROM backup yang dapat segera dikembalikan ke kondisi semula jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti bootloop atau mungkin anda kurang puas dengan performa dan fitur dari ROM tersebut. ,

  1. Cadangkan data lainnya

App + Data Backup: menggunakan aplikasi Titanium Backup

Banyak diminati:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di Hp Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Pencadangan Pesan SMS: menggunakan Pencadangan & Pemulihan SMS

Kontak Cadangan: menggunakan aplikasi Sync

Cadangan Log Panggilan: gunakan aplikasi pencadangan & pemulihan Log Panggilan

Cadangan APN: gunakan aplikasi APN di Pengaturan Pencadangan & Pemulihan

Cadangan Kartu SD : Dengan menggunakan Pembaca Kartu (Opsional)

  1. Hapus data

Saat masuk recovery jangan lupa selalu wipe dalvich dari recovery atau bisa juga wipe data atau cache Partiton atau factory reset terlebih dahulu, perlu dilakukan dua kali agar benar-benar bersih dan juga semoga kedepannya tidak terjadi bootloop.

Nah itulah tips persiapan sebelum menginstal Custom ROM, mudah saja kamu tidak melakukannya. Coba lakukan tips yang telah kami berikan, semoga berhasil. Itu saja yang bisa saya sampaikan, jika ada kata-kata yang kurang tepat mohon dimaklumi karena kita adalah manusia yang memiliki kesalahan. Terima kasih bagi anda yang telah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan.