Perbedaan dari Jaringan 3G, 4G, dan 5G

Perbedaan dari Jaringan 3G, 4G, dan 5G

Jaringan 5G saat ini hadir di Indonesia sebagai bagian dari fitur smartphone terbaru. Tapi tahukah Anda perbedaan antara jaringan 3G, 4G dan 5G?

Saat ini, banyak industri teknologi merilis smartphone yang memiliki kemampuan internet 5G. Banyak orang menilai jaringan 5G mampu memberikan kecepatan internet yang lebih baik. Apakah ini benar?

Ditulis di situs rantcell pada Jumat (1-7-2022). Huruf “G” mewakili satu generasi. Jadi 5G adalah pembaruan untuk jaringan 4G, 4G adalah pembaruan untuk jaringan 3G, dll.

Saat jaringan terhubung ke Internet, kecepatan koneksi tergantung pada kekuatan sinyal yang ditunjukkan oleh singkatan seperti 3G, 4G, dan 5G. Ini berlaku untuk semua perangkat seluler. Ini adalah perbedaan antara jaringan seluler dari semua generasi, termasuk 3G, 4G, dan 5G.

1. Jaringan 3G (2001)

Jaringan 3G adalah awal dari Internet, dan dapat diakses dari ponsel. Pada saat itu, ponsel BlackBerry dan Apple, dengan populasi satu juta orang, adalah merek yang paling banyak menggunakan teknologi.

Standar 3G diketahui menggunakan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) sebagai infrastruktur jaringannya. Jaringan 3G menggabungkan aspek jaringan generasi kedua (2G) dengan teknologi dan protokol baru untuk memberikan kecepatan data yang jauh lebih cepat.

Menggunakan packet switching, teknologi asli telah dioptimalkan untuk memungkinkan kecepatan hingga 14 Mbps. Ini menggunakan jaringan nirkabel broadband yang meningkatkan kejelasan. Ini beroperasi di pita 2100MHz dan memiliki bandwidth 15-20MHz.

Beberapa fitur utama jaringan 3G:
– Kecepatan maksimum 2 Mbps
-Meningkatkan bandwidth dan kecepatan transfer data
-Kirim dan terima email besar
– Kapasitas besar dan kapasitas broadband.

2. Jaringan 4G (2009)

Norwegia, Swedia, Stockholm, dan Oslo adalah negara pertama yang secara resmi meluncurkan jaringan 4G pada tahun 2009. Berkat keunggulan jaringan 4G, kemampuan canggih yang dapat mengirimkan data hingga 1 gigabit per detik telah menghasilkan aktivitas online yang inovatif.

Banyak diminati:  Review Samsung Galaxy A52 4G - Harga dan Spesifikasi Lengkap

Perbedaan utama antara 3G dan 4G adalah kecepatan data. Ada juga perbedaan besar antara teknologi 3G dan 4G. Teknologi utama yang memungkinkan 4G adalah MIMO (Multiple Input and Multiple Output) dan OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).

Standar 4G utama adalah WiMAX dan LTE. 4G LTE telah meningkatkan kecepatan 3G secara signifikan, tetapi secara teknis ini bukan 4G. Apa perbedaan antara 4G dan LTE?

Meskipun tersedia secara luas, banyak jaringan tidak mencapai kecepatan 4G yang diperlukan. 4G LTE adalah “pengembangan terbaru dari 4G” dan dapat memberikan koneksi internet yang sangat cepat dan aman.

Singkatnya, 4G adalah standar yang telah ditentukan sebelumnya untuk konektivitas jaringan seluler. 4G LTE adalah istilah yang diberikan untuk jalur yang ditempuh untuk mencapai standar tertentu.

Beberapa fitur 4G LTE:
Mendukung multimedia interaktif, audio dan video
– Kecepatan tinggi, kapasitas besar, biaya rendah per bit (kecepatan hingga 20Mbps atau lebih)
Jaringan seluler global dan skalabel.
-Jaringan khusus dan multi-hop.

Jaringan 5G (2020)

Jaringan 5G mulai memperkuat jaringan selulernya, menargetkan kehadirannya di beberapa smartphone baru. Kecepatan akses data jaringan 5G dikatakan 20 kali lebih cepat dari jaringan 4G. Dengan kepadatan koneksi 5G, dapat mendukung satu juta perangkat per kilometer persegi.

Jaringan 5G digunakan di beberapa negara, tetapi masih kontroversial di Indonesia, meskipun merek smartphone terkenal mulai menggunakan jaringan ini.

Antena aktif 5G yang dikemas dalam 5G Solid MIMO digunakan untuk memberikan konektivitas yang lebih baik dan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Antena array 5G besar telah dikerahkan untuk menangkap informasi tambahan tentang beamforming dan untuk mengatasi tantangan propagasi dalam rentang frekuensi gelombang milimeter.

Banyak diminati:  Samsung A32 5G atau OPPO A74 5G, Pilih Mana?

Selain itu, dengan menggabungkan jaringan 5G dengan arsitektur network slicing, operator dapat memberikan koneksi sesuai permintaan khusus kepada pengguna yang memenuhi Perjanjian Tingkat Layanan (SLA).

Fitur jaringan khusus terdiri dari latensi, kecepatan data, waktu respons, keandalan, kualitas, layanan, dan keamanan. Dengan kecepatan hingga 10 Gbps, 5G 10 kali lebih cepat dari 4G.

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol