Ini adalah fitur NFC Android, Bukan Sekedar Cek Saldo E-Money

Ini adalah fitur NFC Android, Bukan Sekedar Cek Saldo E-Money

Ini adalah fitur NFC Android, Bukan Sekedar Cek Saldo E-Money – Fungsi Near Field Communication (NFC) yang terpasang di smartphone tidak hanya digunakan untuk mengecek saldo e-commerce (e-money).

Sebagai salah satu merek smartphone yang menyediakan fungsionalitas NFC ke perangkat, POCO telah mengungkapkan banyak kegunaan lain untuk fungsi ini.

Berdasarkan rilis POCO Jumat (18/2/2022), NFC merupakan teknologi yang menggunakan frekuensi radio untuk mentransfer data antar perangkat. Namun, tidak seperti Bluetooth, jarak transmisi antar perangkat yang menggunakan NFC biasanya hanya 10cm.

Jadi apa kegunaan NFC yang terpasang pada smartphone Android?

Fitur NFC ini di Android:

1. Bagikan data dengan Android Beam

Android Beam adalah fitur yang selalu hadir di semua smartphone Android yang dilengkapi NFC. Fitur ini memungkinkan pemilik ponsel untuk berbagi data, seperti kontak ponsel, cukup dengan mendekatkan kedua perangkat untuk berbagi data.

Ini adalah teknologi berbagi data yang sangat menarik karena membutuhkan daya yang sangat kecil meskipun tidak memiliki daya. Cara ini sangat mudah. Cukup pilih file yang ingin Anda bagikan dan pilih Android Beam sebagai teknologi koneksi Anda.

2. koneksi speaker bluetooth

Anda juga dapat mengoperasikan speaker Bluetooth dengan satu sentuhan menggunakan teknologi NFC ponsel cerdas Anda. Cara ini diklaim lebih cepat dan tidak memerlukan langkah sebanyak koneksi Bluetooth biasa.

3. Transaksi Pembayaran

Agar NFC tersedia sebagai proses pembayaran, pemilik ponsel memerlukan aplikasi Google Pay terlebih dahulu. Ini biasanya aplikasi default untuk smartphone Android.

Dari sini, pengguna perlu mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran untuk melakukan cek dan kemudian menekan tombol pembayaran.

4. Bagikan Koneksi WiFi

NFC juga memungkinkan pemilik ponsel untuk berbagi koneksi WiFi antar perangkat smartphone hanya dengan memindai kedua perangkat yang berdekatan.

Banyak diminati:  Spesifikasi dan Harga POCO F4 GT Indonesia

Sebagai contoh lain, hotel sering menawarkan alat yang disebut WiFi Porter. Kini, pengguna smartphone berbasis NFC bisa mengakses WiFi secara langsung tanpa password. Cukup hubungkan smartphone Anda ke tempat yang disediakan dan WiFi akan terhubung secara otomatis.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

tutorial nfc android language:id