Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A53 5G – Ini adalah Samsung Galaxy A53 5G! Dari dulu, reputasi Samsung seri A5 sekian itu sering dianggap sebagai seri paling worth it ya! Paling pas. Contohnya Samsung Galaxy A52 yang jadi HP favorit untuk banyak pengguna di tahun 2021! Kalau anda niat beli Galaxy A53 5G, stop dulu. Mending anda beli HP yang keluar 6 bulan lalu, Galaxy A52s 5G.

Harga pasaran A52s itu sudah turun. Dulu pas launching harganya Rp 6.5 juta, sudah dapat RAM 8GB, internal 256GB. Sekarang sudah turun jadi 5.6 – 5.7 jutaan.

Samsung Galaxy A53 5G lagi buka Pre-Order! Ada yang RAM 8GB internal 128GB harganya 5.999, terus ada yang RAM 8GB internal 256GB kayak A52s, harganya 6.5 juta. Bedanya hampir sejuta sama A52s yang variannya sama, yang sekali lagi, dapetnya lebih banyak!

Misalnya dari paket penjualan nih ya, kotak Samsung Galaxy A53 5G… udah tipis kayak HP flagship! Udah nggak ngasih kita charger bawaan lagi! Waduh! Jadi kalau anda belum punya charger andalan, ya nambah duit lagi. Kalau alesan kenapa nggak dikasih charger, kita udah sering sebutin pas kita lagi bahas HP flagship ya, karena Samsung peduli lingkungan! *Ehem* Motong ongkos! Kalau kita liat desainnya sendiri…

Samsung Galaxy A53 5G punya desain yang mirip banget sama A52s, tapi untungnya ada sedikit polesan yang bikin dia jadi lebih indah. Polesannya ada di bagian jendolan kameranya ini, yang transisi naiknya itu udah dibuat lebih alus, dibanding A52s yang kerasa lebih tajem. Sisanya sih… Berasa sama ya, tekstur bodi belakangnya ini halus banget, kerasa mewah, warnanya juga pastel pastel gitu, saya suka. Buat varian yang kita bahas sekarang ini warnanya baru, namanya Awesome Peach. Ada juga Awesome Black, Awesome White, dan Awesome Blue. Warna bagian sisi sisinya ini juga ngikutin warna dari bodi belakang, jadi satu HP bakal keliatan senada. Di sebelah kanan A53, kita bakal nemuin tombol power dan volume, di atas ada lubang mikrofon, di kiri polos, dan di bawah ada slot dual SIM, bukan hybrid kayak di A52s, ada mikrofon, port USB C, dan speaker yang sistemnya udah stereo.

Suaranya pun bagus! Anda nunggu saya bilang “headphone jack”? Kayak yang ada di Galaxy A52s? Di A53 ini nggak ada. Itu poin kurang nomor dua. Mungkin bukan masalah gede ya, karena tren sekarang udah pindah ke TWS. Tapi kalau ada pilihan, ya siapapun bakal seneng kalau ada option buat pakai kabel, Dan itu adanya di generasi sebelumnya. Yang saya agak lega, untungnya Samsung nggak ngilangin fitur IP67 yang selalu jadi senjata A52 buat jadi beda dibanding yang lain. Liat aja nih, betapa kerennya kalau HP kita bisa santuy aja basah-basahan. Kualitas layar Super AMOLED yang warnanya manjain mata, juga tetep bisa kita nikmatin di HP ini. Resolusinya udah Full HD+, ukuran 6.5 inci, refresh rate 120Hz… Tapi bezelnya ya tetep sama aja si, kayak yang generasi kemarin, nggak bisa dibilang tipis tipis banget. Cuma karena sama persis, jadi saya no complain yang begimana banget lah. Komplainnya saya simpen buat bagian performa aja. Performa! Kali ini, di Galaxy A53, mesin yang dipake adalah chipset buatan Samsung: Exynos 1280 5G, 1-2-8-0-, dengan fabrikasi 5nm. Itu keputusan yang bener-bener beresiko sih, Soalnya salah satu alesan saya suka A52s, ya chipset Snapdragon 778Gnya, yang bisa ngasih performa super memuaskan buat harga yang dikasih.

Banyak diminati:  Ini Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A03 di Indonesia

Saking demennya sama 778G, saya sering kasih julukan “Chipset andalan”, atau “Chipset terbaik” buat kelas menengah. Mungkin Samsung pengen swasembada chipset kali ya? Biar nggak tergantung sama yang lain. Jadi yah pake punya sendiri aja: Exynos 1280 yang termasuk baru. Belum pernah ada di HP lain. Tapi sayangnya, yang saya cemasin bener kejadian dong. Performa dari Exynos 1280, kalau kita bandingin skor AnTuTu 9 ya, dia minus 20% lebih. Sementara buat Geekbench, performa single core minus kurang dari 10%, tapi minusnya 30% lebih di multicore. Ini nggak nyenengin sih. Kalau kita tes gaming, tes yang nyatanya aja langsung buat main MLBB, di grafis ultra setting high frame rate, ya dia bisa dapet lah di 60fps lancar, kalau ini wajar. Tapi buat PUBGM, A53 kena masalah yang sering kejadian di chipset baru, yang belum banyak dipake di HP lain. Dia belum optimal, sampe sampe setting maksimalnya cuma di smooth high aja, belum unlock yang lebih tinggi. Dan yang ngetok palu kalau Exynos 1280 itu kebanting sama Snapdragon 778g, performa Genshinnya jeblok. Kalau di A52s, kita geber main Genshin di settingan medium, kita bisa dapet 40an fps. Sementara di A53, dapetnya rata rata 15 fps aja. Ini ga playable! Kalau di A52s, setting lowest bisa dapet 50 lebih, di A53 dapetnya rata rata 28 aja, dengan frame drop bisa ke belasan fps.

Fuh… Bagian chipset ini, yang bikin saya yakin kalau mending A52s aja. A53 sendiri bukan yang nggak bisa bales apa apa ya. Batere yang dia punya lebih gede, 5000 mAh. Kalau A52s kan dia 4500. Tapi beda 10% gitu, juga nggak ngasih daya tahan yang bedanya nampol kayak performa tadi sih. Buat main MLBB setengah jam, ya 8%, PUBGM setengah jam 7%, genshin lowest setengah jam 9%. Nggak ada yang luar biasa gimana. Sementara buat speed ngecas, HP ini support speed 25Watt, dan pas saya cas pake daya maksimal yang chargernya itu lebih malah dari 25 watt, dia butuh waktu 1 jam 23 menit biar bisa penuh dari 0 sampai 100%. Bagian yang A53 ini unggul mutlak dari A52s, no debat, lebih ke komitmen Samsung buat ngasih update software sampe 4 tahun ke depan, plus ada support security patch juga sampe 5 tahun. Jadi buat pemakaian jangka panjang, softwarenya bakal baru terus.

Banyak diminati:  Perbandingan Samsung Galaxy S20 FE dan Samsung Galaxy A52s 5G

Itu berita seger dari Dunia Android. Kalau soal kualitas kameranya? Unggul atau nggak? Mungkin lumayan penasaran ya, soalnya ini memang bagian yang dari dulu saya suka dari A52, punya OIS lagi! Mantab banget itu. Untung di A53 tetep ada. Susunan kameranya juga tetep sama: Kamera wide 64MP, ultrawide 12MP, makro 5MP, dan depth sensor 5MP. Kamera depannya sendiri 32MP. Di dalem aplikasi kameranya, saya juga nemuin satu fitur yang namanya “Fun”. Ini semacem filter filter gitu lah, yang bakal lebih cocok kalau dipake cewek, atau cowo yang diajak ceweknya buat seru seruan. Buat hasil fotonya, kesan saya mirip kayak A52s sih, dan itu artinya bagus. A52s itu buat saya punya salah satu kameraterbaik di kelas menengah lho.

Sampai sekarang! Foto outdoornya bagus, dengan dynamic range yang luas, kontras oke, tapi detail agak sedikit ditajemin. Tetep enak diliat. Hasil indoor juga sama bagusnya, peran OIS disini lumayan main lah, biar kameranya bisa tetep stabil nangkep cahaya yang lebih banyak. Dan tentu aja, sama kayak A52s kemaren, jepretan pas lowlight pun termasuk bagus, walaupun kita pakenya mode auto aja. kalau masih kurang terang, kita bisa pakein nightmode, walaupun hasilnya bakal oversharpening dikit ya, tapi lebih terang. Buat kualitas perekaman, dia bisa sampai di resolusi 4K 30 fps. Jadi kalau mau nyari kualitas video selfie, ini bagus sih walaupun nggak ada stabilisasi yang gimana, masih ada geter-geter gitu. Kalau mau stabil, ganti di Full HD coba. Nah, kalau Full HD dia lebih stabil, cuma ini keliatan pakai OIS, karena muka saya langsung keliatan lebih ke-zoom gitu ya? Jadi bisa dipilih resolusi atau stabilisasi. Kesimpulan: Saya ingetin lagi… Kalau anda minat sama Samsung Galaxy A53 5G, cepetan beli Galaxy A52s sebelum stoknya abis. Saya agak ngeri ngeri sedap kalau Samsung mulai setopin produksi A52s, karena udah ada yang baru. Sayang sih kalau kelewat! Udah harganya lebih murah hampir sejuta, dapet charger, ada headphone jack, performa lebih bagus, dan apapun yang keren dari Galaxy A53 terbaru kecuali soal software-nya, dia juga punya! Cuma ya updatenya juga pasti masih panjang.

Banyak diminati:  Perbandingan Samsung A32 dan M31 Indonesia Terbaru 2021

Dia udah pengalaman lah. Beda di batere tadi nggak terlalu masalah. Secuil doang. Saya cuma bisa AGAK ngerekomendasiin A53 5G ini selama masa PO aja, dari 18-20 Maret. Soalnya benefitnya lumayan mantab! Kayak gratis Galaxy Buds Live yang nilainya 1.6 juta, samsung care plus, skin mobile legends, dan gratis paket data. Kalau ada bonus bonus itu, rasanyajadi lebih value lah. Cuma, saya tadi tetep bilang AGAK, karena saya kalau disuruh milih A52s, 5.7 juta ga pake bonus sama HP ini, 6.5 juta pake bonus, saya tetep pilih A52s sih. Nah, gimana kalau misalnya anda nonton video ini pas udah 3 bulan lewat? Udah nggak ada PO lagi, dan mungkin Galaxy A52s udah abis di pasaran. Saran saya… Tunggu harganya turun sampai 6 juta kebawah, kalau bisa sampe 5.5 juta, baru A53 ini bisa berasa worth it, kalau anda nggak main game berat ya…

Soalnya kalau nggak ngeliat performa, kualitas Samsung Galaxy A53 5G ini tetep idaman lah. Mulai dari desainnya saya suka banget, ini mewah, layarnya bening, batere gede, kamera… Ya mau dibilang awesome bisalah, sama update software yang termasuk laaaama banget buat sebuah Android. Kalau situasinya begitu, A53 bolelah diambil. Sementara gitu aja! Kalau ada Update Software yang bikin Chip-nya gacor sih, langsung recommended sih. Cuma itu nggak tau bakal ada atau nggak, kemungkinan kecil, karena jarang ada performa bisa tiba-tiba naik jauh karena software.