Perbedaan Alibaba dan Aliexpress

Perbedaan Alibaba dan Aliexpress

Perbedaan Alibaba dan Aliexpress – Selain Alibaba, masih ada situs ecommerce besar yang menjadi destinasi belanja orang diseluruh dunia yaitu AliExpress.com. Keduanya sama-sama diawali Ali, Apa hubungannya? dan Apa berbedaan Alibaba dan Aliexpress?

Hubungan Alibaba dan Aliexpress

Jadi ternyata Alibaba dan Aliexpress itu sama-sama platform ecommerce milik Perusahaan Alibaba Group. Namun keduanya memiliki market berbeda.

Alibaba adalah Pasar Grosir Business to business (B2B) dan AliExpress adalah pasar ritel business to Consumer (B2C). Dari situ sudah bisa kita lihat perbedaannya. Yang satu menargetkan pasar perusahaan, yang lainnya ke pelanggan secara personal dan langsung.

Perbedaan Alibaba dan Aliexpress

Perbedaan arah bisnis di atas tentunya membawa konsekuensi lainnya, misalnya dalam tampilan platform masing-masing. Antara Alibaba dan Aliexpress jelas berbeda. Berikut ini akan kita bahas beberapa perbedaan mencolok antara Alibaba dan Aliexpress.

Alibaba memiliki minimum pembelian. Sedangkan AliExpress tidak menerapkan minimum pembelian.

Walaupun anda akan menemukan di beberapa toko, namun kebanyakan tidak menerapkan itu. Anda bisa membeli berapapun, bahkan hanya satu item dan akan dilayani dengan baik oleh pemilik toko. Alibaba beda lagi. Semua toko menerapkan minimum order quantity (MOQ) yang biasanya berjumlah besar karena memang target mereka adalah perusahaan atau pihak tertentu yang mencari produk tertentu dengan cara grosir.

Alibaba.com harga bisa dinego. Aliexpress harganya fix atau sudah dibanderol

Karena B2B, Alibaba memberikan keleluasaan terjadinya tawar menawar antara pembeli dan penjual. Harga-harga yang dicantumkan di Alibaba kebanyakan bukanlah harga pasti, namun hanya kisaran. Jadi, lebih baik untuk melakukan penawaran secara langsung kepada pemilik lapak.

Sedangkan Aliexpress, seperti juga marketplace kebanyakan, menerapkan harga fix atau harga bandrol. Namun tidak menutup kemungkinan untuk melakukan negosiasi secara langsung kepada penjual melalui chat.

Banyak diminati:  Pengunjung Marketplace Kian Bertambah, Peluang Cuan Bisnis Online Luas Terbuka

Alibaba.com Tidak Menyediakan Pengiriman Luar Negeri. Aliexpress memiliki layanan Pengiriman Luar Negeri

Di Alibaba, Anda harus menghubungi penjual untuk melanjutkan transaksi secara offline dan mencari jasa forwarder untuk melakukan pengiriman barang ke negara kita. Namun biasanya terdapat menu gambaran ongkos kirim untuk beberapa kurir tertentu. Atau dalam deskripsi.

Sedangkan AliExpress secara langsung menyediakan pelayanan pengiriman luar negeri. Jadi anda bisa melakukan transaksi sebagaimana marketplace pada umumnya dan barang akan dikirim oleh pihak mereka.

Ini maksudnya terkait platform keduanya. Anda tidak akan menemukan menu pengiriman secara langsung di dalam platform Alibaba, tidak seperti Aliexpress yang memberikan banyak pilihan pengiriman.

Baca Juga: Cek Resi Aliexpress Standard Shipping Tracking Terbaru 2022

***

Dari beberapa perbedaan Alibaba dan Aliexpress di atas, Jadi Anda harus pilih yang mana? Jawabannya tergantung pada tujuan anda membeli barang. Jika anda membutuhkan untuk membeli barang dengan jumlah besar, atau grosir, dan ingin menjual kembali, pilihlah Alibaba. Sebaliknya jika ingin membeli barang untuk keperluan pribadi dan bisa dibeli satuan atau eceran, pilihlah AliExpress.

Sudah jelas perbedaan Alibaba dan Aliexpress? Belanja, nyok!