Ketahui Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi Paling Mudah

Ketahui Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi Paling Mudah

Perangkat smartphone dengan teknologi yang mulai berkembang seperti layar sentuh atau disebut juga touchscreen. Sayangnya seringkali ada saja kejadian layar rusak sehingga menyebabkan touchscreen juga ikut tidak berfungsi. Setidaknya dibutuhkan cara mengecek touchscreen Xiaomi untuk memastikan.

Sebenarnya bukan hanya Xiaomi saja yang touchscreennya dapat bermasalah, hal ini juga berlaku pada brand lainnya. Akan tetapi, kali ini akan khusus disampaikan cara mengecek touchscreen Xiaomi dengan langkah paling sederhana. Simak penjelasannya lebih lanjut sebagai berikut:

Menggunakan Aplikasi Tambahan Untuk Mengecek Touchscreen Xiaomi

Sebenarnya cara termudah untuk mengecek touchscreen adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Pasalnya langkah ini dianggap lebih detail dan rinci dibandingkan tanpa aplikasi. Cara ini juga lebih direkomendasikan karena lebih mudah. Lebih lanjutnya simak beberapa cara berikut:

1. Touch Screen Test – Multi – Touch Detector

Aplikasi yang direkomendasikan pertama adalah Touch Screen Test – Multi – Touch Detector yang dirilis oleh MOBI Master. Kehadirannya hampir serupa seperti permainan dibandingkan dengan pengujian touchscreen.

Mulai dari pengujian yang meminta penganutnya untuk melakukan sentuhan sesuai huruf, multitouch, hingga uji warna. Semua hal tersebut dapat diperoleh dengan mengunduh aplikasi yang hanya membutuhkan 4.5 MB penyimpanan saja.

Kelebihan aplikasi ini adalah dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya dalam segi bahasa. Pengaturan bahasa yang dapat dipilih seperti Inggris, Arab, Belanda, Italia, Indonesia, Hindia, Portugis, Melayu, dan sebagainya.

2. Screen Test Pro

Beralih ke rekomendasi berikutnya yaitu Screen Test Pro yang hanya membutuhkan penyimpanan sebesar 4 MB saja. Kehadiran aplikasi sejak tahun 2017 ini juga gratis tanpa biaya tanpa tambahan apapun. 

Terlebih lagi aplikasi ini memiliki beragam pengetesan mulai dari bentuk seperti matahari, simbol kotak-kotak, hingga beragam warna. Selain melakukan pengujian terhadap touchscreen, aplikasi ini dapat juga mencoba tes lainnya. Misalnya seperti test screen color, grayscale, dan sebagainya.

Banyak diminati:  Harga Hp Poco M3 Ram 4 Gb dan Spesifikasinya

3. Touchscreen Test

Terakhir adalah aplikasi yang direkomendasikan sebagai cara mengecek touchscreen Xiaomi yaitu Multi Touch Test. Desain aplikasi ini cukup menarik karena pengguna akan disajikan satu layar full simbol seperti tanda silang berwarna hijau.

Aplikasi yang memiliki penyimpanan 2.2 MB ini menjadi salah satu yang menjadi favorit. Ditambah lagi penilaian yang dihadirkan dalam Play Store cukup baik yaitu 4.6 bintang dari sekitar 3 ribu ulasan yang masuk

Ketika simbolnya berubah menjadi putih, maka dipastikan layar bagian tersebut aman dan tidak rusak. Sebaliknya ketika simbol tetap berwarna hijau, maka layar pada bagian tersebut bisa jadi rusak. Coba secara menyeluruh dan pastikan apakah layar sentuh yang dimiliki rusak atau tidak.

Mengecek Touchscreen Tanpa Aplikasi

Berhubung telah disampaikan mengenai cara mengecek touchscreen Xiaomi dengan menggunakan aplikasi. Kini beralih ke cara pengecekan tanpa menggunakan aplikasi. Sebenarnya langkah ini hanya menggunakan satu teknik yaitu dial number. 

Untuk melakukan cara pengecekan touchscreen menggunakan teknik dial number ini dapat dilakukan dengan memanggil nomor *#*#64663#*#*. Ketikkan nomor tersebut pada aplikasi Telepon dan klik simbol telepon untuk menghubunginya. 

Akan muncul berbagai menu termasuk scan pada touchscreen perangkat Xiaomi yang terletak pada poin keempat sebagai uji sensitivitas. Lalu pengujian akan memunculkan kotak yang perlu disentuh dan apabila kotak tetap putih, maka touchscreen pastinya rusak.

Itulah beberapa hal yang dapat disampaikan mengenai cara mengecek touchscreen Xiaomi sebagai langkah untuk memastikan benar atau tidaknya. Pada beberapa kasus, seringkali smartphone Xiaomi tidak dapat disentuh namun keesokannya bisa. Hal ini bisa saja terjadi dan lebih baik dicek saja.

Daftar Isi

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol