Penyebab HP Lemot dan Macet yang Paling Banyak Terjadi

Penyebab HP Lemot dan Macet yang Paling Banyak Terjadi

Penyebab HP Lemot dan Macet yang Paling Banyak Terjadi – Memiliki handphone di masa kini seperti menjadi kewajiban tersendiri sebab memang dibutuhkan untuk segala aktivitas. Akan tetapi, jika perangkat mulai sulit untuk digunakan maka akan memunculkan rasa kesal tersendiri. Sebelum itu perlu tahu penyebab HP lemot dan macet yang sering terjadi.

Umumnya HP lemot akan menyebabkan banyak hal seperti penggunanya kesulitan untuk membuka aplikasi atau menyentuh layar. Hal ini juga hampir serupa ketika HP macet yang juga sering disebut dengan lag. Penasaran apa saja penyebab HP menjadi seperti itu? Simak penjelasannya berikut:

1. Pembaruan yang Tidak Kompatibel dengan Perangkat

Pertama yang seringkali menjadi alasan mengapa perangkat, khususnya smartphone menjadi sangat lemot ketika digunakan. Hal tersebut adalah pembaruan yang tidak kompatibel atau sesuai dengan perangkat. Menyebabkan perangkat menjadi sulit untuk memprosesnya.

Untuk menangani hal ini sebenarnya sangat mudah yaitu pemilik smartphone harus benar-benar teliti sebelum mengunduh aplikasi. Setiap aplikasi ada baiknya dilihat terlebih dahulu syaratnya apakah sesuai dengan kemampuan perangkat atau tidak.

Ketika hal tersebut disepelekan, maka pengunduhan atau pembaruan aplikasi yang tidak sesuai dapat menjadi penyebab HP lemot dan macet serta sulit digunakan. Hal ini juga berlaku bagi aplikasi sistem yang butuh pembaruan, meskipun lebih banyak memang disesuaikan dengan keadaan aplikasi.

2. Penyimpanan Internal Terlalu Penuh

Penyebab berikutnya yang sangat sering terjadi adalah ketika penyimpanan internal terlalu penuh atau hingga memunculkan notifikasi akan habis. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh, terlebih lagi ketika pengguna terus memaksa perangkatnya digunakan.

Ketika dibiarkan terlalu lama, maka penyimpanan internal yang terlalu penuh akan mulai memakan bagian lain juga. Misalnya seperti RAM atau penumpukan file sampah yang juga menambah penyimpanan menjadi penuh.

Banyak diminati:  Smartphone 7000mAh: Samsung Galaxy M62

3. Penggunaan Baterai Perangkat yang Berlebihan

Penyebab HP lemot dan macet berikutnya adalah menggunakan baterai perangkat dengan terlalu berlebihan. Misalnya pengguna memaksakan untuk menggunakan baterai sampai habis atau bahkan hingga perangkat mati.

Meskipun hanya sesekali, nyatanya hal ini dapat mempengaruhi kinerja perangkat menjadi lebih buruk dan berlebihan. Hal tersebut juga dapat menjadi alasan kenapa HP menjadi lemot dan macet. Amannya, lakukan pengisian ulang ketika baterai sudah ada pada angka 20 persen. 

4. Pengaruh Aplikasi yang Error

Beralih ke penyebab HP lemot dan macet yaitu pengaruh aplikasi yang error dan menjadi hal yang mempengaruhi aplikasi lain. Sebenarnya pengguna dapat mengunduh aplikasi dengan aman di Play atau App Store. Akan tetapi, akan memperoleh aplikasi yang regular.

Bagi beberapa pengguna mungkin juga tertarik untuk mengunduh aplikasi dari pihak ketiga dan tidak diunggah di Store bawaan. Oleh karena itu, bisa jadi juga pengguna terpaksa untuk mengunduhnya dengan memperhatikan risiko tertentu yang akan muncul.

Risiko yang mungkin hadir ketika mengunduh aplikasi dari pihak ketiga adalah ancaman virus dan kemungkinan error. Hal tersebut dapat memunculkan perangkat smartphone menjadi lebih sulit untuk merespon dan bahkan berhenti total.

5. Kapasitas RAM Kurang

Selanjutnya yang menjadi penyebab smartphone mulai lemot dan macet adalah kapasitas RAM yang terus berkurang. Berbeda dengan penyimpanan internal, sederhananya RAM bertugas untuk melakukan dan memproses perintah yang diberikan pengguna perangkat.

Pada beberapa kasus tertentu seperti aplikasi yang berjalan di belakang layar terlalu berlebihan atau jumlah penyimpanan internal yang terlalu sedikit. Keadaan RAM akhirnya kemampuannya berkurang untuk memproses atau melakukan perintah yang diberikan tersebut.

Itulah beberapa hal mengenai penyebab HP lemot dan macet yang paling sering ada serta muncul. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai penanganan pertama yaitu dengan melakukan hal yang sebaliknya.

Banyak diminati:  Kelebihan Baterai Tanam Yang Ada di Smartphone Android

Daftar Isi

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol