Terjemahan Mesin AI Facebook Dapat Menerjemahkan 200 Bahasa

Terjemahan Mesin AI Facebook Dapat Menerjemahkan 200 Bahasa

Terjemahan Mesin AI Facebook Dapat Menerjemahkan 200 Bahasa – Peneliti AI Facebook mengumumkan inisiatif No Language Left Behind (NLLB) dalam upaya mengembangkan kemampuan terjemahan mesin berkualitas tinggi untuk sebagian besar bahasa di dunia.

Mereka membangun satu model AI bernama NLLB-200. Model ini dapat menerjemahkan 200 bahasa berbeda, yang diklaim lebih akurat daripada yang dapat dicapai oleh teknologi sebelumnya.

“Membandingkan kualitas terjemahan dengan studi AI sebelumnya, skor NLLB-200 rata-rata 44% lebih tinggi. Dalam beberapa bahasa di Afrika dan India, terjemahan NLLB-200 70% lebih akurat.” kata Facebook dalam sebuah laporan. ..

Untuk mengevaluasi dan meningkatkan NLLB-200, mereka membangun FLORES-200. Ini adalah kumpulan data yang memungkinkan peneliti untuk mengevaluasi kinerja model AI ini dalam 40.000 bahasa yang berbeda.

Dengan FLORES-200, kami dapat mengukur kinerja NLLB-200 dalam setiap bahasa dan memastikan bahwa kualitas terjemahannya tinggi.

“Kami memublikasikan model NLLB-200 dan kumpulan data FLORES-200 kepada pengembang, serta contoh kode pelatihan dan kode untuk membangun kembali kumpulan data pelatihan,” kata Facebook.

Lembaga nonprofit yang tertarik untuk menerjemahkan lebih dari satu bahasa Afrika menggunakan NLLB-200, serta peneliti di bidang linguistik, terjemahan mesin, dan teknologi bahasa juga dapat mengirimkan aplikasi ke Facebook.

“Kemajuan dalam penelitian ini mendukung lebih dari 25 miliar terjemahan yang dikirimkan setiap hari di feed untuk Facebook, Instagram, dan teknologi lainnya,” kata Facebook.

Konten online didominasi dalam beberapa bahasa, termasuk Inggris, Mandarin, Spanyol, dan Arab. Penutur asli bahasa yang digunakan secara luas ini mungkin tidak mengerti betapa pentingnya membaca sesuatu dalam bahasa mereka sendiri.

NLLB membantu lebih banyak orang membaca hal-hal dalam bahasa pilihan mereka, daripada selalu membutuhkan bahasa perantara yang sering mengarah pada emosi dan konten yang salah.

Banyak diminati:  Cara Menghapus Tanda di FB dan Menghindari Tanda agar Tidak langsung Muncul di Beranda FB Anda

NLLB membangun asisten cerdas yang bekerja dengan baik dalam bahasa seperti Jawa dan Uzbekistan, dan menciptakan sistem untuk merekam film Boliwood dalam bahasa Swahili dan Oromo dan menambahkan subtitle yang akurat. Hal ini juga berguna untuk mengembangkan teknologi lainnya.

Saat Metaverse terwujud, Facebook percaya bahwa kemampuan untuk membangun teknologi yang bekerja dengan baik dalam berbagai bahasa akan membantu mendemokratisasi akses ke pengalaman imersif di dunia maya.

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol