Perbedaan Smart TV dan Android TV

Mau Beli TV? Pahami Dulu Perbedaan Smart TV dan Android TV

Mau Beli TV? Fahami Dulu Perbedaan Smart TV dan Android TV – Mau Beli TV? Fahami Dulu Perbedaan Smart TV dan Android TV – Apalah smart TV dan Android TV memiliki perbedaan? Mungkin masih banyak yang mneyangka bahwa keduanya merupakan jenis televisi kekinian yang sama. Tapi ternyata ada perbedaan mendasar antara smart TV dan Android TV. Apa saja perbedaan Smart TV dan Android TV?

Baca Juga: Aplikasi TV Online Indonesia Terbaik RCTI, SCTV, ANTV, Indosiar, Dll

Bukan hanya di pasar smartphone dan otomotif, industri elektronik juga terus kebanjiran inovasi terkait pesatnya perkembangan teknologi internet. Salah satunya dalam industri pertelevisian. Jika sebelumnya kita mengetahui apa itu TV Analog dan apa itu TV Digital, Sekarang kita akan membahas perbedaan Smart TV dan Android TV

Perbedaan TV Digital dan Smart TV

Untuk melakukan pendekatan mengenai perbedaa Smart TV dan Android TV, baiklah kita awali dengan apa perbedaan TV Digital dan Smart TV agar anda dapat mengetahui batasan isi tulisan ini nanti.

Pada dasarnya perbedaan diantara keduanya terletak pada sinyal yang digunakan dan tentunya fiturnya. Perbedaan yang sangat jelas yaitu bahwa tidak semua TV Digital membutuhkan koneksi Internet. Sementara sebaliknya, salah satu syarat wajib smart tv adalah terkoneksi dengan jaringan internet dan tentunya dapat menikmati berbagai siaran televisi dari banyak channel baik lokal maupun global. Sementara TV Digital biasanya hanya menyediakan saluran televisi lokal.

Selain itu, Kebanyakan TV Digital masih membutuhkan bantuan antena, sementara kebanyak Smart TV hanya membutuhkan sinyal internet yang manteng.

Baca Juga: Xiaomi TV A2 Dapat Menangkap Siaran Digital yang Jernih

Banyak diminati:  Mempelajari Dasar-Dasar Dan Mencari Bantuan Untuk Aplikasi Android

Ini Dia Perbedaan Smart TV dan Android TV

Baik Smart TV ataupun Android TV,membutuhkan jaringan internet untuk menikmati berbagai siaran televisi ataupun tontonan lainnya.

Keduanya merupakan produk televisi yang banyak memanfaatkan teknologi wireless atau wifi atau nirkabel atau tanpa kabel. Jadi, tanpa menggunakan antena tertentu seperti pada tv analog atau tv digital, pengguna sudah bisa menikmati berbagai siaran televisi, asalkan memiliki koneksi internet yang cukup.

Sistem Operasi

Perbedaan mendasar antara Smart TV dan Android TV adalah pada sistem operasi yang digunakan. Jika Smart TV banyak yang menggunakan sistem operasi bawaan mereknya, Android TV seperti namanya tentu menggunakan Android. Mau apa saja merek televisinya, sistem operasi yang digunakna adalah Android.

Pembaharuan atau Update

Karena berbasis Android, Android TV memiliki kelebihan terkait pembaharuan aplikasi yang digunakan karena konektifitasnya dengan Google Play Store yang di dalamnya terus mengalami pembaharuan. Sementara Smart TV biasanya lepas dari pembaharuan atau update sistem seperti ini. Ini bisa menjadi kelemahan smart TV karena memiliki potensi usang.

Antar Muka

Beda sistem operasi tentunya beda antarmuka. Jika anda akrab dengan smartphone Android, anda akan lebih nyaman menggunakan android TV dibanding smart TV dengan sistem operasi yang lain.

KLIK DI SINI REBUT PROMO Xiaomi TV A2 32″ Smart HD Dolby Audio™ Android TV™ Netflix Disney+ HANYA RP 2 jutaan!

Sinkronisasi dengan Smartphone

Android TV memungkinkan penggunanya untuk menyinkronkan telvisinya dengan smartphone yang digunakannya. Pengguna juga dapat mengendalikan televisi dengan menggunakan smartphone. Tanpa aplikasi tambahan.

***

Android TV merupakan inovasi terkini yang mempermudah pengguna Smartphone Android untuk saling terkoneksi antara smartphone mereka dan juga televisi yang digunakan. Berbagai fitur yang biasa dapat dinikmati melalui smartphone seperti voice assistant nya Google, dan lain-lain, dapat pula ditemukan di Android TV.

Banyak diminati:  Aplikasi Konsultasi Dokter Online Gratis 

Anda dapat menemukan android TV keluaran merek-merek televisi kesayangan anda.

Demikian perbedaan smart TV dan android TV yang dapat membantu anda segera memutuskan untuk memilih televisi anda berikutnya.

Semoga membantu!