Jenis Layanan Pengiriman Pos Indonesia Ke Luar Negeri

Jenis Layanan Pengiriman Pos Indonesia Ke Luar Negeri

Jenis Layanan Pengiriman Pos Indonesia Ke Luar Negeri – Jangan salah pilih, ada beberapa jenis layanan pengiriman Pos Indonesia ke Luar Negeri yang bisa anda pilih ketika ingin melakukan pengiriman. Masing-masing memiliki minimal berat paket dan juga estimasi waktu pengiriman. Dengan tarif masing-masing yang berbeda pula. Apa perbedaannya? Simak terus!

RLN atau Pos Tercatat (R) Internasional

RLN atau Pos Tercatat (R) Internasional atau luar negeri. Merupakan layanan pengiriman Pos Indonesia  ke luar negeri dengan biaya yang paling murah namun memiliki estimasi paket sampai ke tempat tujuan yang lebih lama dari jenis layanan pengiriman lainnya.

Baca Juga: Cara Cek Tarif Pos Indonesia ke Luar Negeri Terbaru 2022

Sekitar 10 Hari ke Amerika Serikat. 7 Hari ke Hong Kong, Taiwan, dan negara-negara asia lainnya. Namun dalam banyak kasus, waktu paket sampai ke tempat tujuan bisa terpengaruh proses di bea cukai, dan lain hal. Rata-rata sekitar 15-30 hari, terkadang ada yang lebih dari itu, tergantung lokasi pengiriman dan juga proses di bea cukai negara setempat.

Jenis layanan pengiriman ini melayani pengiriman surat dan paket dengan berat maksimal 2Kg.

RLN ini kalau di ecommerce luar dikenal dengan registered air mail. Dengan RLN, anda bisa mendapatkan nomor resi untuk tracking status pengiriman paket dari dan atau ke luar negeri.

EMS atau Express Mail Service

EMS atau Express Mail Service. Ini merupakan layanan pengiriman luar negeri yang banyak digunakan juga di berbagai ecommerce luar negeri. Layanannya mencakup hampir seluruh negara di dunia. Jadi jangan khawatir paket tidak terlacak, karena EMS memiliki jaringan yang sangat kuat di banyak negara. Waktu pengiriman juga relatif lebih ecpat dari RLN dan layanan pos internasional lainnya. Pihak pos mengklaim hanya 3-5 hari, namun tidak termasuk proses di bea cukai dan lain-lain.

Banyak diminati:  Cek Resi Pos Lewat Hp Tanpa Aplikasi

Berdasarkan pengalaman penulis, EMS ke Amerika Serikat membutukan waktu sekitar 7-10 hari. Dalam beberapa kasus bahkan sampai 14 hari.

Dengan EMS, anda bisa mengirimkan paket hingga 30kg. EMS juga menyediakan nomor resi atau tracking number yang bisa dilacak melalui website pos indonesia atau web official EMS indonesia ataupun internasional.

Baca Juga: Cek Resi Pos Lewat Hp Tanpa Aplikasi

e-Packet

E-Packet Ini adalah alternatif RLN yang banyak diandalkan ecommerce luar negeri. Untuk beberapa negara, pengiriman e-Packet terbilang lebih cepat daripada RLN. Biayanya juga tidak beda jauh dengan RLN. Lebih mahal sedikit dibandingkan RLN.

Waktu pengiriman yang diklaim pihak pos adalah 6 hari sampai 10 hari. Tentunya tergantung lokasi negara yang dituju.

e-Packet melayani pengiriman surat dan paket maksimal 2kg. Seperti RLN, e-Packet juga memiliki tracking number atau nomor resi yang bisa dilacak di beberapa website pelacakan internasional. Ini memudahkan anda sebagai pengirim untuk mengetahui status pengiriman.

Pos Ekspor

Jika berat paket yang anda kirimkan lumayan besar, Pos Ekspor bisa menjadi pilihannya. Layanan ini disiapkan untuk UKM. Dengan waktu tempuh sekitar 4 hari – 8 hari sampai ke negara tujuan.

Pos Ekspor menerima pengiriman paket minimal 30kg – 30kg. Juga memiliki fasilitas nomor resi yang bisa dilacak melalui website pos Indonesia, atau pos negara tujuan.

Paket Pos Cepat Internasional

Layanan pos internasional yang satu ini menerima pengiriman paket minimal 2kg – 30kg. Dengan fasilitas nomor resi atau tracking number yang trackable melalui fitur website pos indonesia.

Estimasi waktu pengiriman sampai ke negara tujuan, seperti yang diklaim pihak pos adalah 6 hari – 10 hari.

Sebetulnya layanan ini mirip dengan layangan RLN dan juga e-Packet. Bedanya, layanan Paket Pos Cepat Internasional ini hanya menerima pengiriman paket minimal 2kg-30kg. Kalau RLN dan e-Packet maksimal hanya 2kg.

Banyak diminati:  4 Cara Cek Paketan Smartfren Terbaru 2021

Mengenai biaya, layanan yang satu ini lebih rendah dibanding EMS.

***

Tidak seperti jasa pengiriman lokal, banyak orang yang tidak tahu skema berat pengiriman yang berlaku untuk pengiriman pos internasional. Oleh karena itu anda bisa membaca artikel selanjutnya mengenai hitungan tarif pos indonesia berdasarkan berat pengiriman.

Tips Memilih Jenis Layanan Pengiriman Pos Internasional

Setelah mengetahui jenis-jenis layanan pengiriman Pos Internasional, anda bisa menentukan layanan mana yang harus dipilih berdasarkan kebutuhan.

Pilih Pos Tercatat (R) Internasional (RLN) atau e-Packet jika berat paket anda di bawah 20kg. Jika lebih dari 20kg, anda bisa memilih EMS dengan berat maksimal 30kg, atau pilih Paket Pos Cepat Internasional yang dapat menerima berat paket 2kg-30kg. Jika lebih dari 30kg, anda bisa memilih Pos Ekspor.

Semua jenis layanan pos internasional tentunya akan mendapatkan perlakuan yang sama sesuai jalurnya masing-masing. Anda bisa memilih EMS jika ingin lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Namun, tarifnya akan lebih mahal dibanding RLN dan e-Packet.

Untuk pengiriman paket-paket kecil (dibawah 20kg), beberapa pelanggan di luar negeri biasanya lebih memilih RLN dan atau e-Packet. Selain tarifnya yang relatif murah, juga proses bea cukainya tidak terlalu rumit.

***

Demikian Jenis-jenis layanan pengiriman Pos Internasional yang  tersedia saat ini. Anda bisa mengunjungi website official Pos Indonesia untuk mengetahui informasi lebih detail, atau mengunjungi kantor pos terdekat.

Semoga berguna.