Download Aplikasi Merdeka Mengajar dan Cara Menggunakannya

Download Aplikasi Merdeka Mengajar dan Cara Menggunakannya

Platform Merdeka Mengajar dapat dibuka lewat website situs atau aplikasi. Karenanya, platform ini dapat dijangkau memakai PC/netbook atau handphone. Tetapi, sekarang aplikasi Platform Merdeka Mengajar baru ada untuk handphone android.

Bila akan terhubung Platform Merdeka Mengajar lewat website, beberapa guru atau kepala sekolah dapat berkunjung ke website sah punya Kemdikbudristek, yaitu guru.kemdikbud.go.id.

Dalam pada itu, aplikasi Platform Merdeka Mengajar saat ini dapat didownload lewat link Google Play Store ini. Sesudah didownload, aplikasi platform ini akan siap terinstall di smartphone android.

Apa Fungsi Aplikasi Merdeka Mengajar

Semua guru dan kepala sekolah dapat terhubung Platform Merdeka Mengajar dengan gratis. Tetapi, untuk terhubung layanannya, beberapa guru perlu login lebih dulu.

Sekarang ini telah ada 5 layanan khusus di Platform Merdeka Mengajar.

Pertama, layanan Asesmen Siswa yang sediakan bermacam paket masalah yang dapat dibagi ke peserta didik. Ada pula feature pengecekan automatis di layanan ini.

Layanan ke-2 adalah Perangkat Ajar untuk lengkapi perbekalan guru dalam kegiatan edukasi. Dengan terhubung layanan ini, beberapa guru dapat memperoleh modul ajar, buku text pelajaran, video pembelajaran, modul projek, dan bahan ajar yang lain.

Seterusnya, layanan ke-3 ialah Pelatihan Mandiri. Feature ini membuat beberapa guru pemakai Platform Merdeka Mengajar dapat terhubung beragam program pelatihan dengan materi singkat dari pakar dan terdiri dari banyak model topik.

Layanan ke-4, Bukti Karya. Dengan feature ini, beberapa guru dapat menyaksikan reputasi karya sendiri atau beberapa sepekerjaan yang telah terdata di sistem Kemdikbudristek.

Paling akhir atau layanan ke-5, layanan Komunitas yang memberi ruangan untuk beberapa guru untuk sama-sama beragam pengetahuan dan berdiskusi.

Platform Merdeka Mengajar sebetulnya disiapkan buat menolong beberapa guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Di platform ini, banyak tersedia rekomendasi dan fasilitas yang bisa memberikan dukungan kegiatan pembelajaran dengan kurikulum baru ini. Tetapi, pemakaiannya tidak harus untuk guru.

Banyak diminati:  5 Aplikasi Translate Bahasa Jawa Krama Alus ke Indonesia

Berdasar data SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Nomor 044/H/KR/2022, sekarang ada 142.663 sekolah yang hendak jadi eksekutor implementasi Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2022/2023.

Meskipun begitu, beberapa guru dari sekolah yang belum mengaplikasikan Kurikulum Merdeka masih tetap bisa terhubung Platform Merdeka Mengajar. Beberapa guru dapat memakai platform ini untuk sumber mengajar, sepanjang disamakan dengan keperluan pelajar dan tujuan pembelajaran.

Langkah Login Aplikasi Platform Merdeka Mengajar

Berikut tata langkah login untuk terhubung platform Merdeka Mengajar lewat website situs atau aplikasi di handphone android:

1. Membuka aplikasi platform Merdeka Mengajar di HP (download di Play Store bila belum punya)

DOWNLOAD 2. Atau, membuka situs guru.kemdikbud.go.id
3. Tentukan menu feature atau layanan platform Merdeka Mengajar
4. Bila ada pemberitahuan “masuk dengan akun google” memiliki arti pemakai disuruh login
5. Click tombol “Masuk.” Lantas, login memakai account google dengan domain belajar.id (Akun Pembelajaran).
6. Login bisa juga dilaksanakan menggunakan account Google dengan domain madrasah.kemenag.go.id (Akun Madrasah).
7. Bila terhubung melalui aplikasi android, login dapat dilaksanakan semenjak awalnya. Sesudah membuka aplikasi, gulung layar (scroll) ke bawah, dan ketuk tombol “Masuk.” Lantas, masukan account google dengan domain belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id.

Demikian informasi mengenai Download Aplikasi Merdeka Mengajar dan Cara Menggunakannya