Cara Restore chat WhatsApp tanpa Google Drive

Cara Restore chat WhatsApp tanpa Google Drive

Cara Restore chat WhatsApp tanpa Google Drive – Aduh, bagimana caranya restore atau mengembalikan chat Whatsapp tapna Google Drive?! Tiba-tiba kamu perlu mengembalikan oborolan, sementara kamu tidak pernah mencadangkan obrolan tersebut di Google Drive seperti yang dianjurkan pihak Whatsapp sendiri. Jangan khawatir, Bestie! Ada cara untuk restore obrolan atau chat WA kamu walaupun tidak pernah dicadangkan di Google Drive.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat WA Yang Hilang Tanpa Dicadangkan

Cara Mudah Mencadangkan Chat WhatsApp ke Google Drive

Namun sebelumnya, untuk menghindari resiko seperti itu lagi di kemudian hari, ada baiknya kamu membiasakan untuk mencadangkan obrolan di Google Drive. Begini caranya!

1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp anda
2. Pilih Opsi lainnya
3. Pilih Setelan
4. Pilih Chat
5. Lalu pilih Cadangan Chat.

Step terakhir ini mengharuskan kamu menggunakan akun Google aktif ya. Silahkan tentukan akun Google Drive untuk dijadikan tempat penyimpanan cadangan obrolan whatsapp kamu. Jika tidak memilih Google Drive, anda bisa memilih untuk menyimpannya dipenyimpanan lokal. Sistem aplikasi Whatsapp juga akan menyimpan cadangan chat di memori perangkat kamu.

Walaupun ada kalanya penyimpanan cadangan lokal diperlukan, di saat anda tidak memiliki cadangan di Google Drive. Inilah yang akan kita bahas, ya! Disaat kamu tidak pernah mencadangkan chat WA di Google Drive, maka cadangan lokal atau memori smartphone anda adalah solusinya.

Restore Chat Whatsapp yang Hilang dari Memori Smartphone

Hal yang pertama harus kamu perhatikan adalah kamu harus menggunakan laptop atau PC untuk mentransfer file ke smartphone. Selain itu, bisa juga menggunakan kartu SD.

1. Silahkan download manajer file.
2. Buka aplikasi tersebut, dan buka penyimpanan lokal atau kartu SD > Whatsapp > Database.
3. Kalau kamu tidak menemukannya di Kartu SD, silahkan cek penyimpanan internal.
4. Silahkan salin file cadangan ke folder Database di penyimpanan lokal perangkat baru
5. Silahkan install Whatsapp dan verifikasi nomor Hp
6. Silahkan pulihkan saat diminta.

Banyak diminati:  Cari Tahu Cara Mendaftar WhatsApp Business yang Benar

Perlu diketahi bahwa sistem akan melakukan pencadangan setiap hari pada pukul 02.00 dan otomatis tersimpan di memori internal. Data yang tersimpan secara default adalah data chat selama 7 hari. Lalu bagaimana cara restore chat WA yang lebih lama?

Cara restore chat WA dari Cadangan Lokal yang lebih lama

1. Silahkan ikuti langkah 1 – 3 di atas.
2. Temukan file yang biasanya bernama msgstore-YYY-MM-DD.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12. Kadang juga berekstensi .db.crypt9 atau .db.crypt.10
3. Silahkan instal ulang Whatsapp setelah terlebih dahulu menhapus aplikasi whatsapp
4. Buka Whatsapp seperti biasa dan klik “Pulihkan”

Demikian Cara Restore chat WhatsApp tanpa Google Drive yang pada dasarnya bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakna memori internal smartphone anda.