Nokia Edge 2022 - Rumor? Begini Kata HMD Global

Nokia Edge 2022 – Rumor? Begini Kata HMD Global

Nokia Edge 2022 – Rumor? Begini Kata HMD Global – Baru-baru ini beberapa model HP Nokia terbaru ramai diperbincangkan warganet. Sederetan ponsel yang digadang-gadang bakal menjadi calon ponsel Nokia terbaru di tahun 2022, belakangan ini sedang viral di TikTok. Dalam satu pekan terakhir, warganet diramaikan dengan fenomena HP Nokia baru yang mendadak viral. Beberapa model yang bermunculan di media sosial seperti, Nokia X 150, Nokia n100 2022, atau Nokia 7610 5G dan Nokia Edge 2022. Kehebohan ini terjadi karena HP Nokia 2022 menawarkan spesifikasi serba tinggi dengan harga yang terjangkau. Pangkal sorotannya adalah beredarnya kabar Nokia bakal merilis smartphone android Nokia yang diberi nama Nokia Edge 2022. Tidak sedikit konten video di TikTok yang menampilkan gambar yang diduga merupakan bocoran dari wujud Nokia Edge 2022. Yang membuat Nokia Edge 2022 ramai diperbincangkan adalah wujudnya yang terlihat mirip dengan iPhone 12 atau iPhone 13. Di sisi lain, rumor terkait desain dan spesifikasi Nokia Edge 2022 memiliki banyak versi dan tidak konsisten. Demikian ini tentu menimbulkan pertanyaan apakah Nokia Edge 2022 benar adanya atau hanya sekedar konsep ? Simak ulasan lengkapnya dalam video ini. Namun sebelum itu jangan lupa subscribenya dulu dan tekan tombol notifikasinya agar anda lebih mudah mengakses informasi-informasi terbaru dari kami.

Sebenarnya konsep Nokia Edge sudah ada sejak tahun 2017. Pada tahun itu, sempat beredar rumor tentang konsep Nokia 9 Edge, sebagaimana dilaporkan Gizmochina. Tampak depannya agak mirip dengan beberapa desain render Nokia Edge 2022 yang beredar belakangan. Namun, bagian punggungnya bukan dibekali modul kamera ala iPhone. Kamera belakangnya tersusun vertikal, dengan sensor sidik jari di bagian bawah. Kemungkinan penamaan Nokia Edge 2022 yang mendadak viral, bukan tiba-tiba muncul begitu saja. Karena memang konsep desain ponsel ini sudah ada sejak tahun 2017.

Banyak diminati:  Nokia Akan Rilis Nokia X60, Inilah Harga, Spesifikasi, dan Tanggal Rilisnya

Bukanlah hal baru dan sudah cukup banyak dilakukan memanfaatkan tren Meski masih belum jelas, namun rumor terkait Nokia Edge 2022 telah disambut dengan antusias dari warganet. Bahkan tidak sedikit yang menanti-nantikan kedatangan ponsel anyar ini. Munculnya desain dan spesifikasi Nokia Edge 2022 di sosial media mendapat banyak atensi dari masyarakat. Tak berselang lama kemudian menyusul beberapa model HP Nokia terbaru yang juga ramai dicari. Bocoran render gambar Nokia Edge 2022 dapat ditemukan di kolom pencarian TikTok. Pengguna akan langsung menjumpai sederet video yang menampilkan Nokia Edge 2022. Video yang telah ditonton kurang lebih 20 juta kali tersebut menampilkan gambar render Nokia Edge 2022. Namun, bocoran beberapa render gambar yang beredar terlihat tidak konsisten, lantaran menampilkan wujud yang berbeda-beda antara satu video dengan video lainnya.

Jika ditelusuri lagi di video TikTok tentang “Nokia Edge 2022”, Tampang belakangnya memang hampir seragam, bagianpunggung berhias modul kamera dengan susunan lensa zig-zag yang amat mirip iPhone 12 atau iPhone 13. Namun penampakan depannya, berbeda-beda. Beberapa gambar render menampilkan bagian depan Nokia Edge 2022 yang konon akan dihiasi poni lebar seperti iPhone X. Sebaliknya, di video lain Nokia Edge 2022 justru nampak dihiasi lubang kamera kecil di tengah seperti Galaxy S22 series, ada juga yang tanpa “notch” atau lubang kamera. Tidak hanya terjadi pada bocoran render gambar saja, informasi seputar bocoran spesifikasi Nokia Edge 2022 juga terlihat tidak konsisten. Rumor spesifikasi Nokia Edge 2022 juga memiliki banyak versi. Rata-rata, bocoran spesifikasi Nokia Edge 2022 menyebutkan bahwa ponsel akan mengusung spesifikasi yang gahar. Salah satu bocoran spesifikasi Nokia Edge yang cukup mengganjal adalah chipset yang disematkan. Pasalnya, tidak sedikit yang mengklaim bahwa Nokia Edge akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 898 5G. Informasi ini jelas sangat menyimpang, mengingat chipset tersebut belum dikonfirmasi kehadirannya oleh Qualcomm.

Banyak diminati:  Xiaomi 12: Spesifikasi, Harga, dan Tanggal Rilis

Chipset seri tersebut saat ini tidak ada. Karena pada akhir tahun 2021 lalu, Qualcomm resmi mengubah nomenklatur chipsetnya, di mana penamaan seri 800 sudah tidak lagi digunakan. Chipset terakhir yang menggunakan nomenklatur tersebut adalah Snapdragon 888. Terlebih lagi, Qualcomm telah merilis Snapdragon 8 Gen 1 sebagai penerus dari Snapdragon 888, sekaligus mengakhiri sistem penomoran seri chipset lawas. Tidak berhenti sampai disitu, ponsel ini dikabarkan memiliki kapasitas baterai super jumbo, di atas rata-rata smartphone masa kini, yakni 6.900 , 7.400 mAh, 7.150 mAh, dan sebagainya. Dengan spesifikasi yang serba tinggi itu, konon harga Nokia Edge di Indonesia dipatok antara 7-10 jutaan. Ada juga yang menyebut harganya berkisar 4-6 jutaan. Merupakan hal yang agaknya sulit diamati jika memang spesifikasi yang diusung sekelas ponsel flagship hingga premium. Model Nokia Edge juga ramai diperbincangkan di Facebook. Hal ini memungkinkan beberapa oknum akan memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan marketplace mereka Beberapa afiliator terlihat sengaja menyertakan tautan (link) afiliasi Nokia Edge 2022 yang justru merujuk pada suatu marketplace. Afiliator marketplace akan mendapat komisi ketika terjadi transaksi lewat tautan yang dibagikan. Bahayanya, apabila ada yang sengaja memanfaatkan “kampanye” ini untuk “menjebak” dengan membagikan link berisi malware yang berbahaya apabila diklik. Terkait rumor yang beredar, HMD Global selaku pemegang lisensi yang menaungi produk Nokia, tidak memberikan konfirmasi atas rumor Nokia Edge 2022.

Berbeda dengan narasi yang beredar selama ini, di mana beberapa outlet media menyebut Nokia telah mengkonfirmasi akan merilis Nokia Edge 2022 di Indonesia. Yang jelas, HMD hingga saat ini belum memberikan kepastian atas informasi tentang Nokia Edge 2022 dan model lain yang ramai belakangan ini. Informasi terakhir justru menyebutkan bahwa HMD Global selaku pemegang lisensi merek Nokia telah menegaskan bahwa pihaknya tidak berencana meluncurkan smartphone flagship di bawah merek Nokia. Rupanya HMD tidak ingin terlibat dalam perang spesifikasi besar-besaran dengan pemain lain. HMD Global malah lebih memiliki fokus menyiapkan ponsel fitur (feature phone), serta smartphone kelas entry-level dan mid-range yang harganya lebih murah.

Banyak diminati:  Nothing Phone (1) disebut-sebut Sebagai iPhone Versi Android?

Berarti sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa ponsel terbaru Nokia Edge beserta seri lainnya tidak akan rilis di dunia nyata. Sedangkan banyaknya spekulasi render desain Nokia Edge 2022 yang beredar, tidak menutup kemungkinan bahwa rumor tersebut sengaja dibuat untuk menghibur penggemar Nokia dan merupakan rekaan penggemar Nokia yang merindukan kembalinya sang legenda. Amat disayangkan penggemar setia nokia tidak bisa berharap banyak. Tapi tidak masalah, kabar kemunculan sang legenda ini cukup membuat happy dan nostalgia, meski ada beberapa yang merasa kecewa tentunya. Sampai disini dulu ulasan dari kami.