Mengenal Bola Resmi Piala Dunia 2022 Buatan Indonesia, Spesifikasi dan Harganya!

Mengenal Bola Resmi Piala Dunia 2022 Buatan Indonesia, Spesifikasi dan Harganya!

Mengenal Bola Resmi Piala Dunia 2022 Buatan Indonesia, Spesifikasi dan Harganya! – Piala Dunia 2022 Qatar menghadirkan berbagai inovasi baru yang rata-rata merupakan pertamanya di dunia persepakbolaan dunia. Salah satu teknologi inovatif yang dielu-elukan adalah bola resmi piala dunia 2022 yang disebut memiliki sensor gerak yang terhubung langsung dengan official var dan sudah terkoneksi dengan teknologi offside semi otomatis. Ini akan membantu mengetahui berbagai pergerakan bola lebih akurat. Ternyata, bola yang dinamakan Al-Rihla ini adalah buatan Indonesia!

Baca Juga: Live Score Piala Dunia 2022

Apa itu Al-Rihla?

Al-Rihla merupakan bahasa arab dari the journey atau perjalanan dalam bahasa Indonesia. Bola resmi piala dunia 2022 ini ternyata 60%-70% di buat di Indonesia. Sisanya di China.

FIFA mempercayakan produksi bola resmi piala dunia 2022 melalui Adidas yang bermitra dengan PT. Global Way Indonesia yang belokasi di Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Kabarnya, PT GWI ini dipercaya memproduksi sekitar 1 juta pcs bola untuk dikirim ke Qatar dalam ajang Piala Dunia 2022.

Lalu apa hebatnya bola resmi piala dunia 2022 ini? Kita simak spesifikasinya.

Spesifikasi Bola Resmi Piala Dunia 2022

Mengutip dari laman resmi Adidas Indonesia, berikut ini adalah spesifikasi bola resmi piala dunia 2022 Qatar bernama Al-Rihla:

– 60% poliuretan, 40% poliester penutup.
– Konstruksi tanpa jahitan yang disatukan menggunakan proses termal.
– Bladder dari bahan karet butil.
– Sablon logo FIFA World Cup™

Bola ini dibuat tanpa jahitan dengan mengandalkan teknologi termal dan bladder dengan bahan karet butil atau butyl.

Mengutip industrikaret.com, Karet Butyl adalah salah satu jenis karet sintetis yang mempunyai beberapa keunggulan antara lain:

Banyak diminati:  Cara Nonton Bareng Bola Live Piala Dunia Qatar 2022, Legal!

– Sifat lekat yang bagus terhadap berbagai permukaan seperti kaca, metal, seng, kayu, semen / concrete, batu, dan lain-lain. Karena daya lekat yang bagus ini, maka karet butyl banyak dipakai sebagai sealing.
– Resistant / ketahanan terhadap sinar UV sangat bagus.
– Tahan pada suhu panas dan dingin. Karena ketahanan panas dan ketahanan dingin yang dimilikinya, karet butyl dapat dipakai pada berbagai kondisi suhu.
– Karet butyl mempunyai sifat anti karat yaitu mencegah permukaan berkarat karena kelembaban atau steam.
– Isolasi dielectric sangat bagus.
– Mudah di aplikasi untuk penggunaan teknologi tinggi.

Bola Al-Rihla ini memiliki teknologi sensor offside, CTR Core, dan Speedsheel. CTR Core untuk kecepatan, ketepan dam kebal benturan angin, sementara Speedsheel untuk meningkatkan aerodinamik, akurat, stabil, tajam.

Harga Bola Resmi Piala Dunia 2022 Al-Rihla Buatan Indonesia

Seperti yang ditampilkan laman resmi Adidas Indonesia, replika resmi bola piala dunia 2022, dengan label “Bola Al-Rihla Competition” dibanderol dengan Harga Rp 900.000,-