Cara Mengetahui Alamat IP atau IP Address Sendiri dan Orang Lain

Cara Mengetahui Alamat IP atau IP Address Sendiri dan Orang Lain

Cara Mengetahui Alamat IP atau IP Address Sendiri dan Orang Lain – Alamat IP atau IP Adress terdiri dari rangkaian karakter unik yang bertindak sebagai alamat komputer di web di seluruh dunia.

Setiap komputer, termasuk server yang menjalankan situs web, memiliki IP terpisah yang digunakan komputer lain untuk mengirim dan menerima permintaan jaringan. Pikirkan alamat IP Anda sebagai alamat rumah komputer Anda.

Komputer Anda memiliki beberapa alamat IP. Ini memiliki alamat pribadi yang mengidentifikasinya ke jaringan lokal Anda (jaringan yang menjalankan router di rumah Anda.) Ini juga memiliki alamat publik, yang sebenarnya adalah alamat IP router Anda, yang disediakan oleh Penyedia Layanan Internet Anda. Itu juga memiliki alamat lokal (127.0.0.1 atau localhost), dan beberapa lainnya.

Anda mungkin sudah mengetahui cara menemukan alamat IP Anda sendiri, tetapi apakah Anda tahu cara menemukan informasi alamat IP orang lain?

Ada beberapa cara untuk mencari alamat: menggunakan alat pencarian alamat IP, memeriksa header email, dan menggunakan command prompt.

Pada artikel ini, kita akan mempelajari cara menemukan alamat IP seseorang menggunakan ketiga metode ini. Ingatlah bahwa tidak selalu mungkin menggunakan metode tertentu untuk melacak alamat. Sebagian besar alamat IP untuk komputer pribadi tidak muncul dengan mudah menggunakan metode ini. Mereka lebih berguna untuk menentukan alamat IP suatu domain.

Jangan menemukan kembali roda. API Abstrak sudah siap produksi sekarang.

Rangkaian API abstrak dibuat untuk menghemat waktu Anda. Anda tidak perlu menjadi ahli dalam validasi email, geolokasi IP, dll. Fokus saja pada penulisan kode yang benar-benar berharga untuk aplikasi atau bisnis Anda, dan kami akan menangani sisanya.

1. Menggunakan Alat Pencarian IP

Sebelum Anda mempelajari cara mencari alamat IP orang lain, ada baiknya mengetahui cara mencari alamat IP Anda sendiri. Ada banyak alat pencarian IP yang tersedia untuk digunakan secara online gratis. Alat pencarian ini juga memberikan informasi geografis tentang alamat IP.

Banyak diminati:  Cara Menyembunyikan IP Address Android Agar Tidak Terdeteksi

Sementara alat pencarian online tidak akan memberi Anda data lokasi yang tepat seperti alamat jalan, kode area, nomor telepon, alamat email, atau nama, itu akan memberi tahu Anda koordinat negara, kota, lintang dan bujur pengguna, bahasa, informasi mata uang, dan zona waktu.

Alat pencarian IP termudah untuk digunakan adalah Google. Cukup ketik “Apa alamat IP saya?” ke dalam bilah pencarian google dan Anda akan melihatnya di bagian atas hasil pencarian.

Salah satu alat yang paling terkenal adalah whatsmyip.com. Cukup mengunjungi situs web ini akan menunjukkan alamat IP publik Anda. Ini adalah alamat yang dilihat orang lain ketika mereka mencari IP Anda kecuali Anda menggunakan VPN.

Alat pencarian alamat IP hebat lainnya adalah whatismyip.live. Alat ini melakukan hal yang persis sama dengan whatsmyip.com, tetapi juga memiliki alat untuk mencari proksi DNS, dan informasi WHOIS, menjalankan pemeriksaan daftar hitam, dan uji kecepatan.

Dengan menggunakan salah satu alat ini, Anda dapat mengetikkan nama domain ke dalam bilah pencarian dan menemukan informasi alamat IP untuk domain tersebut.

2. Menggunakan Header Email

Berlawanan dengan apa yang dikatakan banyak artikel di internet, Anda tidak selalu dapat menemukan alamat IP seseorang menggunakan header email. Meskipun beberapa header email berisi informasi alamat IP yang dapat diakses dengan mudah dari kotak masuk Anda, sebagian besar email yang Anda terima dari (misalnya) anggota keluarga dan teman tidak akan menampilkan informasi ini.

Email yang berisi informasi alamat IP yang mudah diakses biasanya adalah email pemasaran. Mereka berisi informasi tentang Kerangka Kebijakan Pengirim (SPF.) SPF adalah protokol yang menentukan siapa yang dapat menggunakan domain organisasi untuk mengirim email. Ini mencegah spoofing email.

Saat Anda menerima email pemasaran, Anda dapat mencari alamat IP yang digunakan untuk mengirim email tersebut. Perlu diingat bahwa perusahaan yang mengirim email pemasaran biasanya memiliki banyak server email, jadi Anda akan melihat salah satu dari banyak server yang berwenang mengirim email untuk domain tersebut.

Banyak diminati:  Cara Menyembunyikan IP Address Android Agar Tidak Terdeteksi

Mari kita lihat contoh cara menemukan alamat IP pengirim email pemasaran dari Levi’s, menggunakan Gmail.

Arahkan email di kotak masuk Anda dan buka untuk melihat konten lengkapnya. Anda tidak dapat mengakses informasi IP dari tampilan kotak masuk singkat.

Ketuk Tiga Titik

Di pojok kanan atas, Anda akan melihat tiga titik dalam garis vertikal. Saat Anda mengarahkan kursor ke atasnya, Anda akan melihat kata “lebih”. Klik atau ketuk pada tiga titik untuk memperluas menu tarik-turun.

Pilih “Show Original”

Klik “show original”. Halaman baru akan terbuka yang akan menampilkan header email. Jika ini adalah email pemasaran, Anda akan melihat baris untuk “SPF”, “DKIM”, dan “DMARC”.

Bidang “SPF” akan berbunyi seperti berikut

PASS with IP 12.130.137.78

Di sebelah alamat IP, Anda harus menautkan ke “Pelajari Lebih Lanjut”. Ketuk tautan ini jika Anda ingin memahami lebih lanjut tentang cara Gmail menangani spam dan spoofing.

Alamat IP yang Anda lihat di sini merujuk ke server email yang digunakan perusahaan yang dekat dengan lokasi Anda. Salin dan tempel alamat IP ke alat pencarian online seperti whatsmyip.com untuk mempelajari informasi lebih lanjut tentang lokasi server.

3. Menggunakan Prompt Perintah

Metode ketiga dan terakhir tentang cara menemukan alamat IP seseorang melibatkan penggunaan prompt perintah, atau baris perintah jika Anda menggunakan Mac. Ini adalah metode yang sedikit lebih maju, tetapi tidak sulit dilakukan setelah Anda tahu caranya.

Anda dapat menggunakan prompt perintah untuk mencari alamat IP Anda sendiri, atau alamat IP untuk domain tertentu. Pertama mari kita pelajari cara mencari alamat IP Anda sendiri.

Buka Prompt Perintah atau Baris Perintah

Pengguna di perangkat Windows harus mengikuti langkah-langkah berikut:
– Arahkan ke Bilah Tugas
– Buka kotak Pencarian
– Ketik “cmd” atau “command prompt”
– Buka prompt perintah

Banyak diminati:  Cara Menyembunyikan IP Address Android Agar Tidak Terdeteksi

Anda juga dapat menggunakan menu mulai untuk menemukan prompt perintah. Ini akan disingkat sebagai “cmd.”

Pengguna di perangkat Mac harus mengikuti langkah-langkah berikut:
– Ketik “cmd” dan “spasi” untuk membuka Pencarian
– Ketik “terminal”
– Buka aplikasi terminal

Anda juga dapat menemukan aplikasi terminal dengan masuk ke folder utilitas Anda.

Jalankan ipConfig

Langkah selanjutnya mudah. Cukup ketik “ipconfig” ke dalam command prompt atau terminal. Anda akan melihat output seperti berikut:

Alamat IP Anda akan berada di sebelah Alamat IPv4. Alamat IPv6 juga merupakan alamat IP Anda, tetapi lebih jarang digunakan daripada IPv4.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara menemukan alamat IP Anda sendiri menggunakan baris perintah, mari pelajari cara mencari alamat IP untuk domain tertentu.

Jalankan ping

Perintah “ping” akan mengirim permintaan jaringan ke alamat yang disediakan. Alamat domain (seperti “google.com”) sebenarnya hanyalah terjemahan alamat IP yang dapat dibaca manusia. Server DNS menerjemahkan nama “google.com” ke dalam alamat IP yang sesuai.

Ketik “ping google.com” ke baris perintah Anda. Anda akan melihat output seperti berikut:

Alamat IP yang Anda lihat dalam tanda kurung di sebelah nama domain adalah alamat IP server DNS Google terdekat dengan Anda. Perlu diingat bahwa Google memiliki ribuan server DNS di seluruh dunia, jadi ini hanyalah salah satunya.

Kesimpulan

Melacak alamat IP seseorang bukanlah hal termudah di dunia, tetapi ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menemukan alamat IP domain dan email pemasaran. Anda juga dapat menggunakan pelacak alamat IP online untuk menemukan informasi geolokasi tentang alamat IP tertentu.