Apa itu Mastodon? Pengganti Twitter?

Apa itu Mastodon? Pengganti Twitter?

Apa itu Mastodon? Pengganti Twitter? – Elon Musk resmi mengakuisisi Twitter, dan gelombang lain muncul untuk menutup akun Twitter mereka. Banyak diantaranya mencari alternatif atau pengganti Twitter, dan jatuh pilihan pada Mastodon. Apa itu Mastodon? Mastodon adalah jaringan sosial bersumber terbuka. Seperti Twitter atau Tumblr, pengguna dapat membuat profil, posting pesan, gambar atau video, dan tentu saja mengikuti pengguna lainnya. Pesan dapat ditulis hingga 500 karakter dan ditampilkan berdasarkan kronologis. Tidak seperti platform lain, tetapi, Mastodon terdesentralisasi, berarti bahwa tidak ada satu server, perusahaan atau orang yang menjalankannya.

Saat platform media sosial lain dimiliki dan dijalankan oleh satu korporasi yang mempunyai kontrol penuh atas segalanya, siapapun dapat membuat dan menjalankan server Mastodon-nya sendiri. Bagaimana hal ini bekerja? Ketika seseorang membuat versi Mastodon dia sendiri, ini disebut dengan “instance”. Karena Mastodon adalah sumber terbuka, siapapun dapat membuat instance Mastodon-nya sendiri dengan satu set peraturannya sendiri.

Karena hal ini, semua instance adalah dimiliki, dijalankan dan dimoderasi oleh komunitas yang membuatnya, dan bukan oleh beberapa korporasi besar yang melacak data anda untuk dijual ke pengiklan.

Dalam banyak kasus, instance Mastodon adalah hasil dari patungan, bukan dibiayai. Tapi bagaimana instance tersebut berkomunikasi dengan instance lainnya? Selagi pengguna didalam instance dapat, tentu saja, mengikuti pengguna lainnya, mereka juga dapat menentukan untuk mengikuti pengguna di instance lainnya.

Jadi, selagi setiap instance Mastodon dijalankan secara perorangan, penggunanya tetap dapat berkomunikasi dengan pengguna server lainnya dengan mudah. Tentu saja, komunitas yang ingin tetap menyendiri tidak perlu berkomunikasi dengan server lainnya; ini ada ditangan penggunanya sendiri.

Banyak diminati:  4 Alasan Elon Musk Membatalkan Beli Twiter

Mastodon juga menyediakan alat anti-penyalahgunaan yang efektif untuk membantu memoderasi instance selagi pengguna melihatnya cocok. Akhirnya, Mastodon adalah media sosial dimana pengguna adalah yang utama. Tidak seperti media sosial tradisional, Mastodon tidak bisa bangkrut, tidak bisa dijual, dan tidak bisa sepenuhnya diblokir oleh pemerintah.

Pengguna bebas untuk bergabung ke komunitas manapun yang dia inginkan, dan berkomunikasi dengan siapapun yang dia inginkan. Dengan lebih dari satu juta pengguna terdaftar lintas bahasa yang berbeda, Mastodon tumbuh dengan cepat.