Apa itu Mastodon, Cara Kerja, dan Cara Menggunakannya

Apa itu Mastodon, Cara Kerja, dan Cara Menggunakannya

Bagi kebanyakan orang, Mastodon adalah alat yang asing dan itu bisa membingungkan, atau bahkan mengintimidasi, untuk mendaftar atau bergabung dalam percakapan. Namun jika anda tahu lebih jauh, Mastodon bukan hanya sesuatu yang dapat Anda gunakan, tetapi sesuatu yang ingin Anda gunakan. Kami akan membahas apa itu Mastodon, cara kerja, dan cara menggunakannya.

Baca Juga: Apakah Mastodon Benar Layak Menggantikan Twitter?

Apa itu Mastodon?

Apa itu Mastodon? Mastodon adalah platform media sosial online yang dibuat pada tahun 2016 oleh Eugen Rochko, juga dikenal sebagai Gargron, seorang mahasiswa di Jerman.

Dia terinspirasi oleh perangkat lunak sumber terbuka. Perangkat lunak open source dikodekan sebagian besar oleh sukarelawan karena cinta, dan tersedia secara gratis bagi orang untuk digunakan, dimodifikasi, dan dibangun menjadi hal lain.

Jika Anda pernah mendengar tentang sistem operasi Linux, atau server web Apache, atau database MySQL, atau bahasa pengkodean PHP, itu adalah alat sumber terbuka yang tidak hanya gratis, tetapi juga merupakan fondasi Internet.

Rochko tahu dia ingin membangun sesuatu menggunakan prinsip open-source, tapi apa? Dia telah membangun papan pesan daringnya sendiri, dan dia melihat upaya lain untuk membangun versi platform sumber terbuka seperti Facebook dan Twitter. Ada GNU Social dan Identica dan StatusNet dan Quitter, menggunakan protokol seperti OStatus dan ActivityPub menggunakan API untuk XML dan..

Anda mungkin dapat melihat salah satu tantangan yang dihadapi layanan ini. Mereka sangat teknis dan membutuhkan keterampilan teknis untuk menyiapkannya. Bahkan untuk pengguna, mereka cukup berat. Pemrogram idealis tidak mengalami kesulitan sama sekali, tetapi tidak semua orang adalah pemrogram.

Tentu, Anda dapat membuat komputer sendiri dan menjalankan Linux di dalamnya, tetapi kebanyakan orang hanya membeli Dell atau Mac. Rochko adalah penggemar berat Twitter. Dan, sampai batas tertentu, Twitter cukup sederhana. Posting tweet, tweet favorit, ikuti orang, balas, dan kutip. Bagaimana jika dia dapat membungkus beberapa rangkaian perangkat lunak sosial open source yang rumit dalam sebuah antarmuka yang sama bersih dan mudah digunakan?

Mastodon lahir. Mastodon terlihat seperti Twitter. Sebenarnya, sepertinya Tweetdeck, alat kekuatan Twitter yang akhirnya dibeli oleh Twitter. Saya akan masuk ke antarmuka sebentar lagi.

Tetapi banyak fitur-fiturnya yang akrab bagi pengguna Twitter.

Perbedaan Mastodon dan Twitter

Hanya saja tweet disebut ‘Toots’ — itu keseluruhan ‘cerita lain — retweet disebut boost, suka disebut favorit. Jadi apa bedanya Mastodon? Posting Mastodon bisa mencapai 500 karakter, bukan hanya 280. Mastodon memiliki garis waktu kronologis yang ketat, sesuatu yang orang harap bisa mereka dapatkan dari Twitter atau Facebook atau Instagram.

Mastodon memudahkan untuk memperbaiki kesalahan ketik, memungkinkan Anda menghapus toot dan memposting penggantinya dengan satu klik. Mastodon telah membuat Peringatan Konten, atau CW, yang memungkinkan Anda menyembunyikan hal-hal yang Tidak Aman Untuk Bekerja atau spoiler atau yang mungkin membuat orang kesal.

Saat Anda memposting foto, Mastodon memungkinkan Anda menambahkan deskripsi foto, yang sangat membantu bagi tunanetra. Anda bahkan dapat memilih titik fokus pada gambar, sehingga tidak terpotong dengan buruk saat harus pas di jendela tertentu. Namun perbedaan besar antara Mastodon dan Twitter adalah federasi.

Perusahaan seperti Twitter, dan Facebook, dan Instagram, semuanya adalah platform tunggal, milik pribadi, dan dikendalikan secara terpusat. Setiap orang yang men-tweet ada di Twitter. Twitter membuat aturan, Twitter memutuskan siapa dan apa yang tinggal dan pergi, dan Twitter menginginkan sebanyak mungkin orang di dalam taman bertembok untuk menjual dan menampilkan iklan kepada mereka. Mastodon, serta platform sosial sumber terbuka lainnya , difederasi dan didesentralisasi. Ada lusinan situs Mastodon, atau contoh seperti yang mereka sebut.

Banyak diminati:  Di SNL, Elon Musk mengatakan dia menderita sindrom Asperger

Setiap situs atau contoh memiliki identitasnya sendiri, aturannya sendiri, tradisi, moderator, dan sarana pendukungnya sendiri. Mastodon.art untuk pecinta seni, Toot.cat untuk pecinta kucing, Mastodon.technology untuk orang teknologi, writing.

exchange untuk penulis, cendekiawan.sosial untuk akademisi, dan seterusnya. Pada beberapa contoh Mastodon, ketelanjangan adalah A-O-K.

Di sisi lain, pembicaraan politik apa pun harus diletakkan di belakang peringatan konten. Beberapa contoh membebankan biaya masuk untuk menutupi biaya menjalankannya.

Yang lain mengambil sumbangan. Sebagian besar dijalankan murni karena cinta. Tapi tunggu, Anda mungkin berkata, jika saya menyukai seni dan tulisan, apakah saya perlu bergabung dengan mastodon.art dan writing.exchange?

Bisakah saya hanya berbicara tentang kucing saya di Toot.cat? Tidak dan tidak. Di situlah federasi masuk . Perbandingan paling umum yang dibuat untuk menjelaskan federasi adalah email.

Anda mungkin telah mendaftar ke Gmail karena Anda menyukai Google. Teman Anda mungkin telah mendaftar ke Yahoo! Mail karena mereka sangat menyukai Fantasy Football. Anda dan atasan Anda memiliki akun email perusahaan untuk membicarakan pekerjaan. Namun, Anda dan teman Anda serta bos Anda dapat saling mengirim email.

Anda tidak dipaksa untuk hanya mengirim email kepada orang lain di layanan email Anda, cara Anda hanya dapat menge-tweet dengan pengguna Twitter lainnya.

Semua server email menggunakan bahasa yang sama, dan saling bertukar pesan. Mastodon bekerja dengan cara yang sama. Anda mungkin mendirikan toko di Mastodon.technology karena Anda pikir Anda ingin bergaul dengan kutu buku lainnya.

Dan tentu saja, banyak pembicaraan tentang teknologi. Tetapi jika teman Anda mengeluh tentang tesisnya di scholar.social, Anda dapat mengikutinya ke sana, melihat ucapannya, dan membalas, dari contoh rumah Anda. Secara praktis, Anda mungkin mengikuti lusinan orang dalam lusinan contoh berbicara tentang lusinan topik, dan tidak benar-benar perlu peduli di mana setiap orang berada.

Garis waktu Anda menyatukan semuanya, memposting dan membalas bolak-balik secara otomatis.

Ini adalah garis waktu seperti kotak masuk email Anda, pesan datang dan pergi dari mana saja. Dan karena desentralisasi, tidak ada otoritas yang berkuasa memutuskan siapa yang dapat mendaftar atau apa yang dapat mereka posting. Karena ini open source, siapa pun dapat menyiapkan instans Mastodon dan menjalankannya sesuka mereka. Jika instans yang Anda daftarkan ditutup, atau mengubah aturan, atau tidak terasa seperti rumah lagi, kemungkinan dua puluh instans lain yang sesuai dengan selera Anda telah muncul sementara itu. Dan Anda mungkin tidak perlu khawatir orang lain mengambil pegangan atau nama pengguna yang Anda inginkan.

Ini tersedia pada beberapa contoh, di suatu tempat. Desentralisasi dan federasi adalah bagian terbaik dari Mastodon, tetapi juga yang paling sulit dijelaskan. Saya harap usaha saya masuk akal. Keputusan terberat yang harus Anda buat sebelum masuk ke Mastodon adalah memilih contoh mana yang akan disebut rumah, dan itu tidak terlalu sulit sama sekali. Ada direktori di luar sana untuk menemukannya berdasarkan topik atau ukuran atau aturan.

Cara Kerja Mastodon dan Cara Menggunakannya

Sekarang mari kita bahas bagaimana semua ini terlihat dan bekerja. Saya harus mengatakan sejak awal bahwa video ini dibuat pada awal tahun 2019, dan ada kemungkinan hal-hal akan terlihat atau bekerja secara berbeda saat Anda menontonnya. Saya masih berharap Anda menemukan ini berguna. Tata letak setiap instance Mastodon hampir sama.

Perlu diketahui bahwa Mastodon responsif seluler, artinya dirancang agar terlihat bagus di layar kecil seperti smartphone, tetapi itu juga berarti berbagai elemen desain akan bergeser. Untuk video ini, saya berfokus pada tampilannya di layar desktop atau laptop. Jika Anda tidak masuk, beranda memiliki kolom tengah utama untuk memperkenalkan instans, tujuannya, aturannya, dan pemiliknya. Di bagian bawah, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang memiliki akun di sana, dan berapa banyak postingan, atau toots, yang telah mereka buat.

Banyak diminati:  Elon Musk Mengatakan Steam Akan Tersedia di Mobil Listrik Tesla

Di sebelah kanan, pratinjau pesan yang mengalir di dalamnya.

Pada contoh yang lebih besar, Anda akan dapat menonton toots berlalu dan memahami percakapan dengan cukup cepat. Dan, di sebelah kiri, Anda bisa mendaftar, atau masuk. Ayo daftar. Anda memilih nama pengguna Anda, yang mudah-mudahan tersedia, masukkan alamat email Anda, dan atur kata sandi Anda. Kemudian, klik ‘Daftar.

’ Sistem akan mengirimkan pesan verifikasi ke alamat email yang Anda berikan. Buka email, dan klik ‘Verifikasi Alamat Email.’ Tautan itu akan membawa Anda kembali ke instans Mastodon yang Anda daftarkan, di mana sebuah pesan semoga memberi tahu Anda bahwa “alamat email Anda telah berhasil dikonfirmasi.” Sekarang Anda dapat masuk. Sebelum masuk ke Mastodon, ada tutorial singkat tiga layar.

Pertama, layar selamat datang yang mengingatkan Anda untuk mengingat nama instans Anda. Kedua, penjelasan tentang tiga kolom atau garis waktu yang akan Anda miliki: garis waktu beranda, garis waktu lokal, dan garis waktu federasi.

Kita akan melihat ini sebentar lagi. Terakhir, penjelasan tentang tiga interaksi dasar di Mastodon: balasan, peningkatan, dan favorit. Mengerti?

Mari selami. Ini adalah antarmuka utama Mastodon. Empat kolom. Yang pertama di sebelah kiri adalah tempat Anda memposting Toots, dan juga tempat Anda akan mengakses pengaturan dan mengedit profil Anda. Sebelum melakukan sesuatu, Anda harus mengedit profil Anda untuk menyertakan foto profil atau avatar , foto header, dan memberikan bio singkat.

Anda juga dapat menambahkan tautan, mungkin ke situs web Anda atau profil media sosial lainnya. Anda dapat memilih untuk mencantumkan diri Anda di direktori anggota, dan jika Anda menggunakan tagar di bio untuk topik yang Anda minati, orang lain akan dapat menemukan dan mengikuti Anda. Ada banyak hal lain di sini, termasuk kemampuan untuk menyetujui pengikut dan, di bawah preferensi, kemampuan untuk menyetel privasi default toots Anda, menyembunyikan orang yang Anda ikuti, dan memblokir mesin telusur. Tapi Anda harus menjelajahinya sendiri, karena saya ingin kembali ke layar utama. Ayo “kembali ke Mastodon”.

Kolom kedua adalah garis waktu “Beranda” Anda. Di sinilah postingan semua orang yang Anda ikuti akan muncul, di mana pun mereka berada. Tentu saja, sebagai pengguna baru, kolom ini mungkin kosong, atau hanya diisi dengan ucapan dari administrator atau moderator instans Anda. Tidak apa-apa. Biasanya mereka akan “menyematkan” postingan dengan informasi berguna untuk memulai.

Kolom ketiga adalah garis waktu “Pemberitahuan” Anda .

Sekali lagi, sebagai pengguna baru, ini mungkin kosong. Akhirnya, di sinilah Anda akan melihat toots yang diarahkan orang kepada Anda atau diposting sebagai balasan ke salah satu toots Anda. Itu juga akan memberi tahu Anda ketika seseorang mengikuti Anda, atau ketika seseorang menyukai salah satu toot Anda. Saat Anda menjadi aktif di instans Anda dan di seluruh federasi — atau fediverse, sebutan untuk jaringan yang lebih luas — Anda akan banyak berfokus pada notifikasi untuk mengikuti aktivitas yang ditujukan kepada Anda.

Kolom terakhir di sebelah kanan adalah kolom variabel . Secara default ini disebut ‘Memulai’ dan mencantumkan berbagai hal yang dapat Anda lakukan di sana. Di sini Anda dapat melihat garis waktu lokal Anda — semua pos publik di instans Anda. Anda juga dapat memilih untuk melihat garis waktu federasi. Ini adalah postingan yang masuk ke instans Anda dari instans lain.

Biasanya ini adalah tampilan paling aktif di Mastodon.

Banyak diminati:  Daftar Perusahaan Teknologi Yang PHK Karyawan, Dari Netflix Ke Tesla

Satu hal yang perlu diperhatikan, postingan di timeline federasi biasanya hanya postingan yang masuk ke instans Anda karena seseorang, atau Anda , mengikuti mereka. Ini seperti Anda berlangganan majalah dan mendapatkan cerita yang dikirim langsung ke garis waktu rumah Anda, tetapi karena melewati pintu depan, semua orang di rumah dapat membacanya di lobi. Atau semacam itu. Lagi pula, selain dua garis waktu itu, Anda juga dapat mengirim dan menerima pesan langsung ke pengguna lain, melihat toots yang Anda sukai, dan mengatur daftar pengguna lain sehingga Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan Anda.

Anda dapat membuat daftar penggemar olahraga lain, atau guru lain, atau orang yang memposting foto lucu. Ada juga tautan ke Direktori Profil, yang baru saja diperkenalkan. Menemukan orang lain untuk diikuti adalah tantangan di platform sosial baru mana pun, tetapi direktori, dan indeks tagar populer, seharusnya membuatnya sedikit lebih mudah. Jadi itulah antarmuka Mastodon. Empat kolom, satu untuk membunyikan dan mengubah pengaturan, satu untuk garis waktu atau umpan berita pribadi Anda, satu untuk pemberitahuan, dan satu untuk banyak hal, termasuk garis waktu lokal dan federasi.

Tidak sesederhana Twitter, tapi semoga cukup sederhana. Daftar, atur profil Anda, dan mulailah bernyanyi! Tunggu, jika Anda masih bersama saya, berikut sedikit informasi tambahan yang mungkin berguna bagi Anda. Antarmuka web Mastodon cukup bagus, tetapi Anda mungkin merasa sedikit sibuk, atau bahkan membingungkan. Kabar baiknya adalah, Anda dapat membuat tampilan Mastodon sesuka Anda.

Karena Mastodon adalah wajah cantik di atas standar, pipa ledeng terbuka, mengubah antarmuka cukup mudah. Di web, salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan alat bernama Halcyon. Kami telah menginstalnya di Masthead dan menyebutnya Birdsite. Pada dasarnya yang dilakukan hanyalah mengubah Mastodon menjadi sesuatu yang terlihat persis seperti Twitter. Jika Anda menyukai Twitter dan menganggap semua kolom Masthead terlalu banyak, Halcyon mungkin yang Anda butuhkan.

Tapi mungkin cara terbaik untuk menikmati Mastodon adalah dengan aplikasi seluler.

Ada banyak aplikasi untuk iOS dan Android yang dapat menampilkan instans dan garis waktu Mastodon Anda dengan cara yang menarik dan biasanya sederhana . Sekali lagi, karena pemipaan Mastodon adalah sumber terbuka, aplikasi dapat membungkusnya dengan kulit yang berbeda, menambahkan fitur unik, dan menjadikan penggunaan Mastodon sebagai dasar atau serumit yang Anda suka. Ingatlah bahwa Mastodon adalah platformnya, seperti email adalah platformnya. Anda tidak akan menemukan aplikasi bernama Mastodon di toko aplikasi Anda, sama seperti Anda tidak akan menemukan aplikasi bernama Email.

Anda sedang mencari klien Mastodon, ujung depan, dengan cara yang sama seperti Anda mengambil Airmail atau Spark untuk menangani email Anda. Lihat di app store Anda untuk klien Mastodon, atau hanya Google untuk ulasan. Favorit saya untuk iOS adalah Toot! tetapi ada banyak pilihan di luar sana. Dengan sebuah aplikasi, Anda akan menemukan bahwa menggunakan dan memeriksa Mastodon sama alami dan mudahnya dengan memeriksa Facebook atau Twitter.

Setelah Anda mendaftar untuk sebuah instance, saya sarankan untuk menggunakan rute aplikasi. Anda cukup masuk dengan nama instance, nama pengguna atau alamat email, dan kata sandi Anda.

Oke. Kami membahas banyak hal, tetapi semoga sebagian besar menarik atau bermanfaat bagi Anda. Dengan semua berita utama tentang Facebook yang melanggar privasi dan kepercayaan Anda, dan semua berita tentang pelecehan dan troll di Twitter, saya rasa sudah tiba waktunya untuk platform media sosial gratis, sumber terbuka, terdesentralisasi, dan federasi.

Dan berkat Mastodon, dan banyak aplikasinya , hampir mudah bagi siapa saja untuk memulai.