Bagaimana Google Merekrut Karyawan Baru

Bagaimana Google Merekrut Karyawan Baru

Penasaran bagaimana Google merekrut karyawan baru? Berikut ini penjelasan lengkap untuk mempersiapkan Anda menghadapi pengalaman tersebut! Penjelasan ini disampaikan di chanel youtube Google oleh Brinleigh Murphy, Perekrut Bisnis di Google, dan Okwus Ubogagu, Perekrut Teknik di Google.

Tahapan Google dalam Merekrut Karyawannya

Seperti langkah melamar kerja diperusahaan lainnya secara online, langkah pertama anda adalah mengirimkan aplikasi.

  • Link Lowongan Kerja Google

Tentunya anda harus menjelajahi lowongan kerja terlebih dahulu, dalam hal ini di situs karir google di seluruh dunia. Setidaknya temukan hingga tiga lowongan yang sesuai dengan keahlian dan minat Anda.

Link Lowongan Kerja Google Jakarta: https://careers.google.com/locations/jakarta/

Perhatikan kualifikasi minimum pada masing-masing lowongan yang ada. Dan cobalah fokus pada kualifikasi minimum yang sesuai, dan idealnya, yang juga anda sukai.

  • Memeriksa Lamaran

Sekarang, saatnya menyiapkan resume Anda. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa Google tidak memerlukan gelar dari universitas tertentu. IPK Anda hanya bagian dari aplikasi lulusan baru.

Setelah Anda mengirimkan lamaran, kami memiliki tim profesional yang sangat terlatih yang memeriksa resume Anda dan menghubungkan titik-titik antara pengalaman dan peran Anda di Google.

Google mengatakan selalu mencari orang yang membawa perspektif dan pengalaman hidup baru yang membantunya membangun tim, produk, dan layanan yang lebih kuat untuk semua pengguna kami. Kami benar-benar ingin menjadikan bagian dari proses ini adil dan efektif, sehingga peninjau ini berfokus pada setiap kandidat, bukan setiap lamaran untuk pekerjaan tertentu.

  • Mengabarkan Hasil Analisa Lamaran

Setelah resume Anda ditinjau, Anda mungkin mendengar dari perekrut seperti kami. Jika Anda tidak mendengar kabar dari kami dalam beberapa minggu, Anda dapat berasumsi bahwa kami melanjutkan dengan kandidat lain kecuali dinyatakan sebaliknya – tetapi kami mungkin akan menghubungi Anda di masa mendatang jika peran lain cocok.

  • Menelepon Pelamar

Setelah perekrut menghubungi Anda, panggilan telepon biasanya merupakan langkah selanjutnya.

Biasanya, kami akan mengobrol dan mempelajari lebih lanjut tentang Anda, minat, pengalaman, dan sebagainya.

  • Wawancara Via Telepon

Anda kemudian dapat melakukan wawancara telepon dengan Karyawan Google yang lebih spesifik untuk pekerjaan atau tim. Untuk peran teknis, ini sering berarti wawancara coding, dan untuk peran bisnis, mereka akan fokus pada keterampilan dan pengalaman khusus untuk pekerjaan yang Anda lamar.

  • Wawancara di Kantor Google

Langkah selanjutnya adalah wawancara di tempat di sini di Google! Hore!

Ini hari yang sangat menyenangkan.

Anda biasanya memiliki empat wawancara 45 menit di mana Anda bertemu dengan berbagai karyawan Google, menunjukkan kemampuan Anda, dan memiliki waktu untuk mengajukan pertanyaan tentang pewawancara Anda , peran, tim. Anda juga dapat makan siang dengan Karyawan Google untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana rasanya bekerja di sini. Sekarang, mari kita bahas hal-hal penting lainnya yang perlu diketahui tentang wawancara. Kami menggunakan pertanyaan yang telah diperiksa dan berkualitas tinggi yang disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar dan menantang, tetapi dengan cara yang baik.

Jadi jangan khawatir, Anda tidak akan ditanya pertanyaan asah otak.

Riset kami menunjukkan bahwa jenis pertanyaan ini tidak berguna untuk menilai Anda! Semua pewawancara dilatih dan menggunakan rubrik standar sehingga mereka konsisten dan percaya diri dalam penilaian mereka. Terlepas dari pekerjaan yang Anda lamar, ada empat atribut yang kami cari. Pertama adalah kemampuan kognitif umum.

Kami ingin mempekerjakan orang pintar yang dapat belajar dan beradaptasi dengan situasi baru, jadi ini tentang bagaimana Anda belajar dan menyelesaikan masalah sulit dalam kehidupan nyata, bukan tentang IPK atau nilai ujian. Kedua, pengetahuan terkait peran. Ini cukup mudah — kami ingin memastikan Anda memiliki pengalaman, latar belakang, dan keterampilan yang akan menyiapkan Anda untuk sukses dalam peran tersebut. Ketiga adalah kepemimpinan. Kami tidak hanya melihat jabatan karena anggota tim yang berbeda perlu melangkah ke peran kepemimpinan dan berkontribusi.

Kami mencari contoh hal-hal seperti menjadi pemain tim dan menghadapi tantangan untuk memberikan pengaruh.

  • Googleyness

Dan yang terakhir, namun tidak kalah pentingnya, adalah Googleyness. Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat berkembang di sini, jadi kami mencari tanda- tanda kenyamanan dengan ambiguitas, bias terhadap tindakan, dan sifat kolaboratif.

Setelah wawancara, perekrut Anda akan membagikan umpan balik dan skor wawancara Anda, resume, referensi, dan sampel pekerjaan apa pun yang Anda serahkan kepada komite perekrutan.

Komite perekrutan menyatukan karyawan Google yang paling mengetahui peran tersebut, tetapi belum pernah bertemu dengan pelamar mana pun.

  • Rekomendasi Panitia kepada Pemimpin Senior

Tujuan mereka adalah untuk menawarkan ulasan yang komprehensif dan tidak memihak. Jika panitia merekomendasikan agar kami mempekerjakan Anda, rekomendasi itu dan semua informasi Anda dikirim ke pemimpin senior, yang memberikan lapisan objektivitas lain, untuk tinjauan akhir.

  • Menghubungi Pelamar Terpilih dan Membuat Penawaran

Jika semuanya disetujui, perekrut Anda akan menghubungi dan membuat penawaran!

Dan itulah cara Google merekrut karyawannya.