YouTube Music Kini Menyediakan Informasi Mengenai Pembuat Lagu Favoritmu

penarikan benda pusaka wewe gombel di lereng gunung ciremai terbaru 2023 asli tanpa rekayasa (1)

Musisi dan penggemar musik kini bisa senang karena YouTube Music telah menambahkan fitur kredit lagu pada aplikasinya. Fitur ini mirip dengan fitur yang telah tersedia pada aplikasi musik lain seperti Spotify dan Tidal dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, YouTube Music awalnya tidak menyediakan fitur ini, yang membuat para pengguna merasa tidak puas dan meminta agar fitur tersebut ditambahkan. Sebagai layanan streaming musik utama Google dengan lebih dari 80 juta pelanggan berbayar, permintaan ini akhirnya terjawab.

Pada aplikasi YouTube Music, fitur kredit lagu dapat ditemukan dengan menekan tombol tiga titik di sebelah setiap lagu. Fitur ini terletak di antara tombol “Go to artist” dan “Share”. Setelah menekan tombol “View song credits”, pengguna dapat melihat semua informasi terkait, seperti nama penyanyi, produser, penulis lagu, bahkan sumber metadata musik.

Meskipun daftar informasi yang tersedia tidak sebanyak pada Tidal, fitur ini merupakan langkah awal yang penting bagi para musisi untuk mendapatkan pengakuan atas karya mereka yang diterbitkan di YouTube Music.

Menurut 9to5Google, kredit lagu bisa diaktifkan melalui pembaruan sisi server di masa depan, sehingga menghindari kesulitan dalam memperbarui seluruh aplikasi. Bagi pendengar musik biasa, fitur ini mungkin tidak terlalu penting, namun fitur ini sangat penting bagi musisi karena mereka mendapatkan pengakuan yang pantas atas karya mereka.

YouTube Music masih relatif baru dalam bisnis streaming musik jika dibandingkan dengan merek lain seperti Spotify dan Apple Music. Meskipun begitu, platform yang dimiliki Google ini telah berhasil bertahan dalam pasar yang sangat kompetitif, meskipun tidak tanpa kendala selama perjalanannya.

Namun, dengan penambahan fitur kredit lagu, YouTube Music semakin mendekati persaingan dengan pesaing utamanya dalam memberikan kepuasan dan pengakuan yang pantas bagi para musisi dan penggemar musik. Semoga saja, dengan adanya fitur ini, YouTube Music dapat semakin meningkatkan pengalaman musik para penggunanya.