Cara Menembus Internet Positif di iPhone: Solusi Mudah Mengakses Situs yang Diblokir

Rio Chandika

Cara Menembus Internet Positif di iPhone

Salam Sahabat Teknosiana, Apakah Anda Sering Mengalami Kesulitan Mengakses Situs?

Internet positif adalah program pemerintah Indonesia yang memblokir situs yang dianggap tidak layak atau mengandung konten negatif. Hal ini dibuat untuk melindungi masyarakat dari akses ke situs yang tidak sehat atau berbahaya. Namun, terkadang ada situs yang dianggap aman dan bermanfaat, namun tetap diblokir oleh internet positif.

Bagi pengguna iPhone, masalah ini seringkali menjadi kendala dalam mengakses situs yang dibutuhkan. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan solusi mudah tentang cara menembus internet positif di iPhone. Simak selengkapnya!

Apa itu Internet Positif?

Sebelum memulai, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu internet positif. Internet positif adalah program pemerintah Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2014. Tujuannya adalah untuk memerangi situs-situs yang dianggap tidak layak dan berbahaya bagi masyarakat. Situs-situs tersebut diblokir dan tidak dapat diakses oleh pengguna internet.

Program ini dilakukan dengan cara memblokir akses ke situs-situs tertentu melalui DNS (Domain Name System) yang dikontrol oleh pemerintah. Hal ini dilakukan untuk membantu menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna internet, terutama bagi anak-anak dan remaja yang rentan terhadap konten negatif.

Mengapa Situs Diblokir oleh Internet Positif?

Ada beberapa alasan mengapa situs diblokir oleh internet positif. Beberapa di antaranya adalah:

AlasanKeterangan
Mengandung Konten NegatifSitus yang mengandung konten pornografi, kekerasan, dan ajaran radikalisme.
Mengandung Virus dan MalwareSitus yang mengandung virus dan malware yang dapat membahayakan perangkat pengguna.
Berbahaya bagi Anak-anak dan RemajaSitus yang dianggap tidak pantas dan berbahaya bagi anak-anak dan remaja.

Cara Menembus Internet Positif di iPhone

Setelah mengetahui apa itu internet positif dan mengapa situs diblokir, kini saatnya untuk membahas cara menembus internet positif di iPhone. Ada beberapa metode yang dapat Anda coba, antara lain:

1. Menggunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi pemblokiran situs oleh internet positif. Dengan menggunakan VPN, Anda dapat mengakses situs yang diblokir dengan aman dan terlindungi. Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia di App Store, seperti ExpressVPN, NordVPN, dan lain-lain. Selain itu, VPN juga dapat melindungi privasi Anda saat browsing di internet.

2. Menggunakan Proxy

Proxy adalah server yang bertindak sebagai perantara antara perangkat Anda dan internet. Dengan menggunakan proxy, Anda dapat menghindari pemblokiran situs oleh internet positif. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan proxy tidak sepenuhnya aman, karena data Anda dapat disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Menggunakan DNS Alternatif

Jika Anda tidak ingin menggunakan VPN atau proxy, Anda dapat mencoba menggunakan DNS alternatif. DNS alternatif adalah server DNS yang berbeda dengan DNS default yang digunakan oleh pemerintah. Dengan menggunakan DNS alternatif, Anda dapat mengakses situs yang diblokir dengan mudah. Beberapa DNS alternatif yang dapat Anda gunakan antara lain Google DNS, OpenDNS, dan lain-lain.

4. Menggunakan Browser Alternatif

Jika situs yang ingin Anda akses diblokir oleh internet positif, Anda dapat mencoba menggunakan browser alternatif seperti Firefox atau Chrome. Browser ini memiliki fitur khusus yang dapat membantu Anda mengakses situs yang diblokir. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan browser alternatif tidak sepenuhnya aman, karena data Anda dapat disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Menggunakan Aplikasi VPN Khusus

Beberapa aplikasi VPN khusus, seperti Psiphon, Ultrasurf, dan Hola, dapat membantu Anda mengakses situs yang diblokir dengan mudah. Aplikasi ini dapat mengakses situs-situs yang diblokir melalui server mereka sendiri, sehingga Anda dapat mengakses situs tersebut tanpa terhalang oleh internet positif.

6. Menggunakan DNSCrypt

DNSCrypt adalah protokol keamanan yang dapat membantu Anda mengakses situs yang diblokir dengan aman. Protokol ini mengenkripsi permintaan DNS Anda sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga. Ada banyak aplikasi DNSCrypt yang tersedia di App Store, seperti DNSCloak dan lain-lain.

7. Menggunakan TOR

TOR adalah jaringan anonim yang dapat membantu Anda mengakses situs yang diblokir dengan aman dan terlindungi. Jaringan ini menggunakan banyak server yang tersebar di seluruh dunia, sehingga sulit dilacak oleh pihak ketiga. Ada banyak aplikasi TOR yang tersedia di App Store, seperti Onion Browser dan lain-lain.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apakah menggunakan VPN aman?

Ya, menggunakan VPN adalah salah satu cara teraman untuk mengakses situs yang diblokir oleh internet positif. Namun, pastikan untuk menggunakan VPN yang terpercaya dan memiliki protokol keamanan yang baik.

2. Apakah menggunakan proxy aman?

Tidak selalu. Penggunaan proxy dapat membawa risiko keamanan, karena data Anda dapat disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Apakah menggunakan DNS alternatif aman?

Ya, menggunakan DNS alternatif adalah salah satu cara yang aman untuk mengakses situs yang diblokir oleh internet positif. Namun, pastikan untuk memilih DNS alternatif yang terpercaya dan memiliki protokol keamanan yang baik.

4. Apakah menggunakan browser alternatif aman?

Tidak selalu. Penggunaan browser alternatif dapat membawa risiko keamanan, karena data Anda dapat disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Apakah semua situs dapat diakses dengan menggunakan VPN?

Tidak. Beberapa situs mungkin menggunakan teknologi anti-VPN yang dapat menghalangi akses dari VPN. Namun, sebagian besar situs dapat diakses dengan menggunakan VPN.

6. Apakah semua aplikasi VPN dapat digunakan di Indonesia?

Tidak semua aplikasi VPN dapat digunakan di Indonesia, karena beberapa aplikasi mungkin diblokir oleh pemerintah. Namun, ada banyak aplikasi VPN yang masih dapat digunakan di Indonesia.

7. Apakah menggunakan TOR aman?

Ya, menggunakan TOR adalah salah satu cara teraman untuk mengakses situs yang diblokir oleh internet positif. Namun, pastikan untuk menggunakan aplikasi TOR yang terpercaya dan memiliki protokol keamanan yang baik.

8. Apakah menggunakan aplikasi VPN khusus aman?

Tidak selalu. Beberapa aplikasi VPN khusus mungkin memiliki kelemahan keamanan yang dapat membahayakan privasi Anda. Namun, ada banyak aplikasi VPN khusus yang masih dapat digunakan dengan aman.

9. Apakah menggunakan DNSCrypt aman?

Ya, menggunakan DNSCrypt adalah salah satu cara teraman untuk mengakses situs yang diblokir oleh internet positif. Namun, pastikan untuk menggunakan aplikasi DNSCrypt yang terpercaya dan memiliki protokol keamanan yang baik.

10. Apakah harus membayar untuk menggunakan VPN?

Tidak selalu. Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia secara gratis di App Store, namun biasanya memiliki keterbatasan fitur dan kapasitas data. Jika Anda membutuhkan fitur dan kapasitas data yang lebih banyak, Anda dapat memilih untuk membayar untuk layanan VPN.

11. Apakah Internet Positif dapat dihindari sepenuhnya?

Tidak. Internet positif adalah program pemerintah Indonesia yang dibuat untuk melindungi masyarakat dari akses ke situs yang tidak sehat atau berbahaya. Namun, dengan menggunakan metode yang tepat, Anda dapat mengakses situs yang diblokir dengan aman dan terlindungi.

12. Bagaimana cara mengetahui apakah situs yang ingin diakses diblokir oleh internet positif?

Anda dapat mencoba membuka situs tersebut. Jika situs tersebut tidak dapat diakses atau muncul pesan pemblokiran, kemungkinan besar situs tersebut diblokir oleh internet positif.

13. Apakah menggunakan metode untuk menembus internet positif ilegal?

Tidak. Menggunakan metode untuk menembus internet positif tidak melanggar hukum, asalkan Anda tidak mengakses situs yang dilarang oleh undang-undang Indonesia.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara menembus internet positif di iPhone. Ada beberapa metode yang dapat Anda coba, seperti menggunakan VPN, proxy, DNS alternatif, browser alternatif, aplikasi VPN khusus, DNSCrypt, dan TOR. Pastikan untuk memilih metode yang tepat dan terpercaya untuk mengakses situs yang diblokir oleh internet positif.

Perlu diingat bahwa internet positif dibuat untuk melindungi masyarakat dari akses ke situs yang tidak sehat atau berbahaya. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan internet dengan bijak dan bertanggung jawab.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan tidak mengajak pengguna internet untuk melakukan tindakan ilegal. Penggunaan metode untuk menembus internet positif harus dilakukan dengan bijaksana dan bertanggung jawab. Penulis tidak bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh pembaca setelah membaca artikel ini.

Baca Juga

Bagikan:

Share