Saham Ford dikejutkan dengan pengumuman peluncuran Mobil Listrik F-150

Saham Ford Motor melonjak setelah perusahaan mengumumkan kapan tepatnya mereka akan membuka truk pickup F-150 elektrik sepenuhnya kepada publik.

Ford (Indeks: F) akan meluncurkan F-150 Lightning pada 19 Mei pukul 9:30 malam. ET.

Saham datar hari itu, naik sekitar 1% menjadi $ 11,91 pada sore hari ketika berita itu tersiar. Sebagai perbandingan, S&P 500 turun sekitar 0,1%. Dow Jones Industrial Average naik 0,8%.

Tanggapan 1% mungkin tampak kecil, tetapi jejaknya masih jauh. Analis memperkirakan akan tiba di agensi tersebut pada awal tahun 2022.

Investor sangat prihatin dengan Electric F-150. Ford dan General Motors (GM) mendapatkan sebagian besar keuntungan mereka dari pikap. Investor juga ingin kedua perusahaan mempertahankan pangsa pasar dari produsen kendaraan listrik yang menawarkan pickup mereka. Misalnya, Tesla (TSLA) akan meluncurkan truk elektronik andalannya akhir tahun ini.

Harga adalah kuncinya. Ford juga harus menunjukkan bahwa selain bisa mempertahankan pangsa pasar, bisa meraup untung besar dengan menjual truk listrik. Tesla, pembuat mobil listrik paling berharga di dunia, baru-baru ini mulai meraup keuntungan stabil setelah mengisi daya ratusan ribu mobil listrik setiap tahun.

Ford tidak segera mengomentari harga.

Baru-baru ini, Ford, seperti industri otomotif lainnya, telah berinvestasi lebih banyak dalam pengembangan kendaraan listrik dan tampaknya telah memenangkan kemenangan awal dalam crossover listrik Mustang yang diakui industri. Perusahaan berencana untuk menginvestasikan hampir $ 22 miliar dalam elektrifikasi mobil pada tahun 2025.

Komitmen terhadap kendaraan listrik dan peningkatan profitabilitas ini memungkinkan harga saham Ford naik hampir 35% dari tahun ke tahun, dengan mudah mengalahkan keuntungan serupa dari berbagai pasar saham.

Sumber: https://www.barrons.com/articles/ford-stock-gets-bump-from-electric-f-150-unveiling-announcement-51620668315

العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol