Cara Menggunakan Zoom Meeting Sebagai Host dan Peserta di HP dan PC


Kali ini kita akan berbagi Cara Menggunakan Zoom Meeting Sebagai Host dan Peserta di HP dan PC. Sebelumnya mari kita simak keunggulan zoom meeting.

Keunggulan Zoom Meeting

Keunggulan dari Zoom Meeting ini adalah :

  • Anda bisa Zoom Meeting dimana saja & kapan saja
  • Anda bisa meeting online dengan 100 orang
  • Anda bisa Zoom meeting GRATIS atau berbayar. Kalo pilih yang GRATIS, Anda hanya bisa meeting selama 40 menit. Setelah itu terputus & Anda harus sambung lagi. Kalo pilih yang berbayar,
    Anda bisa meeting terus selama 24 jam.
  • Anda bisa melakukan presentasi
    dengan menggunakan power point
  • Anda bisa menggunakan White Board Zoom. Jadi Anda bisa corat coret.
  • Meeting Anda, bisa Anda rekam.

Jadi sangat powerful jika Anda menggunakan Zoom Meeting.

Cara Daftar Zoom Meeting

Sekarang langsung buka HP ataupun laptop Anda. Ini dia cara dafar zoom meeting. kita segera praktek menjadi HOST dari Zoom Meeting.

  • Buka www.zoom.us & klik “Sign UP IT’S FREE”
  • Masukan alamat email & Konfirmasi dari email
  • Klik ” Sign in”
  • Klik “Profile”

Apa itu Personal Meeting ID Zoom ?

Pada saat Anda sudah Sign In ke dalam Zoom, maka otomatis Anda mendapatkan nomor “Personal Meeting ID”. Anda bisa create room meeting, dengan menggunakan Personal Meeting ID. Jadi setiap kali meeting, Room ID nya akan selalu sama dan juga passwordnya. Jika Anda menggunakan Personal Meeting ID, Anda tidak perlu create meeting room, tinggal menentukan saja kapan Anda mau meeting, hari & jam nya.

Personal Meeting ID inilah yang Anda berikan kepada para peserta. Peserta tinggal join dengan menggunakan Personal Meeting ID Anda.

Tidak Mau Menggunakan Personal Meeting ID Zoom?

  • Tapi jika Anda tidak mau menggunakan Personal Meeting ID,
  • maka klik “Meeting” di bar sebelah kiri.
  • Beri nama meetingnya,
  • Deskripsi nya,
  • Tentukan kapan waktunya, hari & jam, Durasinya berapa lama. Untuk durasi, jika Anda menggunakan Zoom Meeting Gratis, maka durasi maksimal adalah 40 menit. Tapi jika Anda menggunakan yang berbayar, Anda bisa pilih durasinya berapa jam.
  • Time Zone : Jakarta.
  • Apakah para peserta perlu Registrasi dulu? Jika perlu anda pilih required.
  • Meeting ID, jika Anda pilih mau otomatis generate dari Zoom maka setiap kali meeting akan berbeda ruangan/room meetingnya.
  • Meeting password, mau pake password atau tidak, kebijakan Zoom yang baru
  • Untuk video, apakah kamera video host langsung on / tidak
  • Kamera video peserta langsung on / tidak
  • Untuk audionya, pilih komputer audio, jika lewat HP berarti dari HP Anda
  • Meeting Option, Apakah peserta bisa langsung join meeting
    sebelum host buka ruangan? Biasanya saya tidak ceklis. Apakah partisipan mute saat masuk ruangan meeting. Enable waiting Room, Para partisipan Anda harus menunggu di ruang tunggu. Kemudian Anda baru memperbolehkan mereka masuk. Apakah hanya mereka yang sudah registrasi saja yang bisa join? Apakah Anda ingin meeting
    Anda otomatis langsung direkam? Kemudian, Anda juga bisa pilih Alternatif host.
Banyak diminati:  6 Game Online tanpa Aplikasi Terbaik 2021

Anda perhatikan lagi, tadi kita pilih Meeting ID nya: Generate Automatically “Save”. Anda lihat disini, kita mendapatkan Meeting ID, yang berbeda dengan Meeting Personal ID.

Apa yang Bisa Dilakukan Host Zoom?

Sekarang kita langsung aja ya Sebagai Host, apa saja yang bisa dilakukan di dalam meeting.

  • Masuk ke dalam Meeting Room
  • “Join with Computer Audio”
  • Anda lihat di kanan atas, Anda bisa enter “Full Screen”
  • DI sebelah kiri bawah, ada gambar speaker. Jika Anda klik sehingga speaker jadi tercoret MERAH artinya anda MUTE. Suara Anda tidak akan terdengar oleh partisipan. JIka Anda unmute, maka suara Anda akan terdengar oleh para partisipan maka suara Anda akan terdengar oleh para partisipan.
  • Disebelahnya, Anda lihat ada gambar kamera yang jika Anda klik maka kamera Anda akan ON. Para partisipan bisa melihat Anda. ini pilihan yang bagus banget sehingga komunikasi bisa berjalan 2 arah.

Cara Melihat Peserta Zoom yang Join dan Mengaturnya

Sekarang saya kasi contoh. jika ada partisipan yang masuk, Saya masuk dari HP saya. Nah, ini ada partisipan yang masuk. Anda bisa melihat siapa saja
partisipan yang masuk ke zoom meeting Anda. Ini kebetulan 2 peserta. Jika ada 10, maka akan tampak 10 video di kanan sini. Anda juga bisa kecilkan,, hilang atau besarkan.

Dari kanan atas, Anda juga bisa Galery View. Jika Galery View maka semua
partisipan akan muncul video nya disini. JIka ada 10 peserta, maka akan ada 10 video. Anda juga bisa Speaker View.

Sekarang untuk melihat siapa saja peserta yang join. Anda dapat lihat berapa jumlahnya dibawah ini. Anda klik, maka Anda bisa liat partisipannya siapa saja. Ada pilihan: Apakah Anda biarkan para peserta untuk
mute diri mereka masing-masing, atau Anda juga bisa Unmute all Atau juga ada pilihan: Partispian langsung mute saat entry.
Partisipan bisa mute/unmute diri mereka. Ada tanda dari Zoom saat partisipan masuk/keluar Zoom Meeting. Partisipan bisa rename
diri mereka masing-masing atau Anda lock/kunci meeting Anda, sehingga para partisipan tidak bisa keluar masuk selama meeting berlangsung.

Banyak diminati:  Aplikasi Slot Online

Jika Anda klik ke nama partisipan, maka Anda bisa chat dengan mereka secara pribadi ataupun ke semua partisipan Anda juga bisa memindahkan HOST ke peserta lain, jadi Anda bukan HOST lagi.

Cara Berbagi Layar (Share Screen) White Board Zoom Meeting

Cara Share Screen dengan White Board Zoom,

Klik tombol warna hijau “Share”, Otomatis, Zoom akan share apa yang ada di laptop Anda atau apa yang ada di HP Anda.

Anda bisa share White Board. White Board ini adalah Papan Tulis Zoom Di white Board Zoom.

Ada banyak pilihan menu.

Pilih teks untuk menulis apa yang ingin Anda bagikan ke peserta meeting.

Rubah warna teks. Cara merubah teks yang salah: Klik “Select” arahkan crusor ke tempat yang Anda mau rubah, double Klik.

Anda juga bisa pilih gambar bentuk. rubah warnanya Stamp wihite board zoom Anda juga bisa menggunakan pointer. pilih “Spotlight” Anda juga bisa menghapus semua gambar yang ada di White Board zoom. Menghapus Hanya gambar Anda.
Menghapus Hanya gambar peserta. Jika perlu, Anda bisa save White Board Zoom nya Jika telah selesai presentasi dengan White Board,
klik “Stop Share”. di menu atas.

Mengatur Cara Sharing Partisipan Zoom Meeting

Anda bisa share power poin atau lainnya, untuk presentasi. Untuk Sharing ini, ada pilihan cara sharing.l Untuk Sharing ini, ada pilihan cara sharing atau sekaligus semua partisipan bisa ikut share atau Advance. Apakah yang bisa sharing hanya HOST Zoom? Apakah semua partisipan bisa sharing? jika semua partisipan bisa sharing, Apakah harus HOST dahulu yang mulai?
atau semua partisipan bisa memulai share nya?

Banyak diminati:  Cara Mengganti Background Zoom Virtual di HP Android Tanpa Aplikasi

Chating di Zoom Meeting

Chatting Bisa pilih chatting ke semua partisipan atau chatting private/personal Anda juga bisa record Zoom Meeting Anda. Jika sudah selesai meeting, Klik kanan bawah “End Meeting”.