Punya kekayaan 629 triliun, Bos Tik Tok Mundur Agar Bisa Membaca Buku dan Melamun

Karena popularitas TikTok, Zhang Yiming, pendiri ByteDance, yang mengawasi platform tersebut, memiliki kekayaan bersih sekitar $ 44 miliar atau 629 triliun rupiah. Dia juga salah satu dari 30 orang terkaya di dunia.

Namun belum lama ini, Yiming memutuskan untuk mundur. Salah satu alasannya adalah supaya dia memiliki lebih banyak waktu untuk membaca buku dan melamun.

Dalam pengunduran dirinya, pengusaha berusia 38 tahun itu mengaku tidak terlalu suka bersosialisasi dan lebih memilih menyendiri.

“Terus terang, saya tidak memiliki keterampilan untuk menjadi manajer yang sempurna. Saya ingin menghabiskan waktu sendirian secara online, membaca buku, mendengarkan lagu, dan melamun tentang apa yang dapat saya capai.” Ungkapnya, seperti dilansir the verge.

Yiming mengambil peran lain di ByteDance, dengan fokus pada strategi jangka panjang, budaya perusahaan, dan tanggung jawab sosial.

Sementara itu, Yiming sedang mempertimbangkan untuk mengganti posisi CEO-nya dengan salah satu pendiri, Liang Rubo. Perubahan ini akan dimulai pada akhir 2021.

Dia melanjutkan, “Saya percaya bahwa orang lain dapat meningkatkan kemajuan dan mengejakan manajemen sehari-hari dengan lebih baik.”

Profil singkat Zhang Yiming

foto Profil singkat Zhang Yiming

Zhang Yiming lahir pada tahun 1983 di Provinsi Fujian, Cina. Orang tuanya bekerja sebagai pegawai negeri.

Dia awalnya belajar mikroelektronika, tetapi beralih ke teknik perangkat lunak di Universitas Nankai dan lulus pada tahun 2005.

Setelah lulus, Yiming bekerja di Kuxin dan dengan mudah bergabung dengan Microsoft. Hingga akhirnya ia mendirikan ByteDance pada tahun 2012.