Cara Screenshot iPhone 11 Pro: Solusi Praktis untuk Mengambil Gambar Layar

Rio Chandika

Cara Screenshot iPhone 11 Pro
Cara Screenshot iPhone 11 Pro

Sahabat Teknosiana, Apakah Anda Sering Merasa Kesulitan Ketika Ingin Mengambil Gambar Layar di iPhone 11 Pro?

Bagi sebagian pengguna iPhone, mengambil gambar layar merupakan hal yang cukup penting. Terlebih lagi jika Anda menggunakan iPhone 11 Pro, yang memiliki beberapa perbedaan dalam hal fitur dan cara penggunaannya. Tidak sedikit pengguna yang merasa kesulitan ketika ingin mengambil gambar layar pada iPhone 11 Pro. Namun, jangan khawatir, karena kami akan membahas cara screenshot iPhone 11 Pro secara lengkap dan mendetail. Simak terus artikel ini untuk menemukan solusi praktis dalam mengambil gambar layar di iPhone 11 Pro.

Daftar Isi

Cara Screenshot iPhone 11 Pro dengan Tombol Samping dan Tombol Volume

📱 Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengambil gambar layar di iPhone 11 Pro adalah dengan menggunakan tombol samping dan tombol volume. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkahPenjelasan
Tekan tombol samping dan tombol volume atas secara bersamaanDalam posisi layar yang ingin Anda tangkap, tekan tombol samping dan tombol volume atas di sisi kanan perangkat secara bersamaan.
Tahan tombol tersebut hingga layar berkedipJangan lepaskan tombol tersebut hingga layar berkedip dan Anda mendengar bunyi kamera.
Buka galeri foto AndaSetelah berhasil mengambil gambar layar, buka galeri foto Anda untuk melihat hasil tangkapan layar tersebut.

📱 Metode ini sangat mudah dan efektif, namun Anda harus mengingat untuk menekan tombol secara bersamaan dan tahan hingga layar berkedip.

Cara Screenshot iPhone 11 Pro dengan Siri

📱 Metode lain yang dapat Anda gunakan untuk mengambil gambar layar di iPhone 11 Pro adalah dengan menggunakan Siri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkahPenjelasan
Buka SiriUntuk membuka Siri, tekan dan tahan tombol samping di sebelah kanan perangkat hingga Siri muncul.
Katakan “Screenshot”Setelah Siri muncul, katakan “Screenshot” untuk meminta Siri mengambil gambar layar.
Gambar layar akan otomatis tersimpanSetelah Siri berhasil mengambil gambar layar, gambar tersebut akan otomatis tersimpan di galeri foto Anda.

📱 Metode ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengambil gambar layar dengan mudah tanpa harus menekan tombol secara bersamaan. Namun, pastikan bahwa Siri sudah diaktifkan pada perangkat Anda.

Cara Screenshot iPhone 11 Pro dengan AssistiveTouch

📱 Metode lain yang dapat digunakan untuk mengambil gambar layar di iPhone 11 Pro adalah dengan menggunakan AssistiveTouch. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkahPenjelasan
Buka PengaturanPertama, buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Anda.
Pilih “Umum”Pilih opsi “Umum” di menu Pengaturan.
Pilih “Aksesibilitas”Pilih opsi “Aksesibilitas” di bawah menu “Umum”.
Pilih “AssistiveTouch”Pilih opsi “AssistiveTouch” di bawah menu “Aksesibilitas”.
Aktifkan AssistiveTouchAktifkan opsi AssistiveTouch dengan menggeser tombol ke posisi “On”.
Pilih “Customize Top Level Menu”Pilih opsi “Customize Top Level Menu” di bawah opsi AssistiveTouch.
Tambahkan “Screenshot”Tambahkan opsi “Screenshot” pada menu AssistiveTouch dengan menekan tombol “+” dan memilih “Screenshot”.
Tekan tombol AssistiveTouchDalam posisi layar yang ingin Anda tangkap, tekan tombol AssistiveTouch pada layar dan pilih opsi “Screenshot”.
Buka galeri foto AndaSetelah berhasil mengambil gambar layar, buka galeri foto Anda untuk melihat hasil tangkapan layar tersebut.

📱 Metode ini sangat berguna bagi Anda yang sering menggunakan AssistiveTouch untuk memudahkan navigasi pada perangkat iPhone Anda. Namun, pastikan bahwa AssistiveTouch sudah diaktifkan dan ditambahkan opsi “Screenshot” pada menu Anda.

Cara Screenshot iPhone 11 Pro dengan Aplikasi Pihak Ketiga

📱 Jika metode-metode di atas tidak berhasil atau Anda ingin menggunakan cara yang lebih mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan screenshot di iPhone 11 Pro. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan:

Nama AplikasiDeskripsi
LightshotAplikasi screenshot yang dapat digunakan pada perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengambil gambar layar dengan mudah dan cepat.
Super ScreenshotAplikasi screenshot yang dapat digunakan pada perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, seperti penandaan, pengeditan, dan sebagainya.
Apowersoft ScreenshotAplikasi screenshot yang dapat digunakan pada perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, seperti pengeditan, pengiriman gambar, dan sebagainya.

📱 Penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat membantu memudahkan Anda dalam mengambil gambar layar di iPhone 11 Pro. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

FAQ Tentang Cara Screenshot iPhone 11 Pro

1. Apakah semua metode screenshot di iPhone 11 Pro memerlukan tombol samping dan tombol volume?

📱 Tidak. Anda dapat menggunakan metode lain, seperti Siri dan AssistiveTouch, untuk melakukan screenshot di iPhone 11 Pro.

2. Apakah saya harus menekan tombol secara bersamaan untuk melakukan screenshot di iPhone 11 Pro?

📱 Ya, jika Anda menggunakan metode screenshot dengan tombol samping dan tombol volume. Namun, jika Anda menggunakan metode lain, seperti Siri dan AssistiveTouch, Anda tidak perlu menekan tombol secara bersamaan.

3. Apakah saya dapat mengambil screenshot dalam mode layar penuh di iPhone 11 Pro?

📱 Ya, Anda dapat mengambil screenshot dalam mode layar penuh dengan cara mengikuti metode screenshot yang biasa Anda gunakan.

4. Apakah saya dapat mengambil screenshot saat sedang melakukan panggilan telepon di iPhone 11 Pro?

📱 Ya, Anda dapat mengambil screenshot saat sedang melakukan panggilan telepon di iPhone 11 Pro dengan cara yang sama seperti saat mengambil screenshot pada layar biasa.

5. Apakah saya dapat mengambil screenshot tanpa suara pada iPhone 11 Pro?

📱 Ya, Anda dapat mengambil screenshot tanpa suara pada iPhone 11 Pro dengan cara menonaktifkan suara pada perangkat.

6. Apakah saya dapat mengambil screenshot dengan menggunakan Apple Pencil di iPhone 11 Pro?

📱 Ya, Anda dapat mengambil screenshot dengan menggunakan Apple Pencil di iPhone 11 Pro dengan cara menekan tombol di sisi Apple Pencil dan melakukan gestur pada layar perangkat.

7. Apakah saya dapat mengambil screenshot dengan menggunakan Siri ketika layar terkunci?

📱 Tidak. Anda harus membuka layar perangkat terlebih dahulu sebelum menggunakan Siri untuk mengambil screenshot.

8. Apakah saya dapat mengambil screenshot dengan menggunakan AssistiveTouch ketika layar terkunci?

📱 Tidak. Anda harus membuka layar perangkat terlebih dahulu sebelum menggunakan AssistiveTouch untuk mengambil screenshot.

9. Apakah saya dapat membuka gambar layar yang telah diambil dengan Siri?

📱 Ya, Anda dapat membuka gambar layar yang telah diambil dengan Siri dengan cara membuka galeri foto Anda.

10. Apakah saya dapat mengambil screenshot dengan menggunakan Siri ketika sedang dalam mode penjagaan privasi?

📱 Tidak. Anda harus keluar dari mode penjagaan privasi terlebih dahulu sebelum menggunakan Siri untuk mengambil screenshot.

11. Apakah saya dapat mengambil screenshot dengan menggunakan AssistiveTouch ketika sedang dalam mode penjagaan privasi?

📱 Ya, Anda dapat mengambil screenshot dengan menggunakan AssistiveTouch ketika sedang dalam mode penjagaan privasi.

12. Apakah saya dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di iPhone 11 Pro?

📱 Ya, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot di iPhone 11 Pro. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

13. Apakah saya dapat mengambil screenshot dalam mode gelap di iPhone 11 Pro?

📱 Ya, Anda dapat mengambil screenshot dalam mode gelap dengan cara yang sama seperti saat mengambil screenshot pada layar biasa.

Kesimpulan: Screenshot iPhone 11 Pro Dapat Dilakukan dengan Mudah

📱 Sebagaimana yang telah dibahas di atas, cara screenshot iPhone 11 Pro tidaklah sulit. Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan, mulai dari menggunakan tombol samping dan tombol volume, Siri, AssistiveTouch, hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Dengan mengetahui cara yang tepat dalam mengambil gambar layar di iPhone 11 Pro, Anda tidak perlu lagi merasa kesulitan ketika ingin mengambil tangkapan layar. Selamat mencoba!

📱 Jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman Anda yang menggunakan iPhone 11 Pro. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sahabat Teknosiana. Sampai jumpa dalam artikel selanjutnya!

Penutup

📱 Disclaimer: Artikel ini disusun dengan tujuan memberikan informasi yang akurat dan bermanfaat bagi pembaca. Namun, kami tidak menjamin bahwa informasi yang disajikan dalam artikel ini benar sepenuhnya. Penggunaan informasi dalam artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab pembaca. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian atau masalah yang timbul akibat penggunaan informasi dalam artikel ini. Artikel ini hanya bersif

Baca Juga

Bagikan:

Share