Cara Menambah Storage iPhone

Rio Chandika

Cara Menambah Storage iPhone

Salam, Sahabat Teknosiana!

Apakah kamu memiliki iPhone dengan ruang penyimpanan yang terbatas? Apakah kamu sering merasa kesulitan karena tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpan foto, video, atau aplikasi?

Tenang saja, karena dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara menambah storage iPhone dengan mudah dan efektif. Kami akan memberikan tips dan trik yang dapat membantu kamu mengatasi masalah ruang penyimpanan yang terbatas pada iPhone.

Pendahuluan

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan ruang penyimpanan yang lebih besar pada perangkat mobile semakin meningkat. Hal ini juga berlaku untuk iPhone, dimana pengguna sering mengalami masalah ruang penyimpanan yang terbatas.

Apabila kamu sering mengalami masalah tersebut, maka artikel ini sangat cocok untuk kamu baca. Kami akan membahas cara menambah storage iPhone dengan beberapa metode yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu.

Sebelum kita membahas cara menambah storage iPhone, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Pertama, kamu harus mengetahui berapa kapasitas penyimpanan iPhonemu saat ini dan berapa kapasitas yang masih tersisa. Kedua, kamu harus mengetahui jenis data apa saja yang memakan ruang penyimpanan paling besar.

Dengan mengetahui kedua hal tersebut, kamu dapat menentukan metode mana yang paling cocok untuk menambah storage iPhonemu.

1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

DeleteSource: bing.com
Salah satu cara paling mudah untuk menambah storage iPhone adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi yang tidak digunakan akan memakan ruang penyimpanan yang tidak perlu dan dapat mengurangi kinerja iPhonemu.

Untuk menghapus aplikasi, kamu dapat menekan ikon aplikasi yang ingin dihapus hingga muncul menu. Kemudian, pilih opsi “Hapus Aplikasi” dan ikuti instruksi yang muncul.

Apabila kamu khawatir kehilangan data dari aplikasi yang dihapus, kamu dapat mem-back up data tersebut terlebih dahulu.

2. Menghapus Foto dan Video yang Tidak Diperlukan

DeleteSource: bing.com
Foto dan video merupakan jenis data yang memakan ruang penyimpanan paling besar pada iPhone. Oleh karena itu, menghapus foto dan video yang tidak diperlukan dapat membantu kamu menambah storage iPhone dengan signifikan.

Untuk menghapus foto dan video, kamu dapat membuka aplikasi Foto dan memilih foto atau video yang ingin dihapus. Kemudian, pilih opsi “Hapus” dan konfirmasi pilihanmu.

Apabila kamu ingin mem-back up foto dan video terlebih dahulu, kamu dapat menggunakan iCloud atau aplikasi penyimpanan online lainnya.

3. Menghapus File Unduhan

DeleteSource: bing.com
File unduhan seperti file PDF, musik, atau video yang kamu unduh dari internet juga dapat memakan ruang penyimpanan yang cukup besar pada iPhonemu.

Untuk menghapus file unduhan, kamu dapat membuka aplikasi File dan memilih folder “Unduhan”. Kemudian, pilih file yang ingin dihapus dan pilih opsi “Hapus”.

4. Menghapus Berkas Sementara

DeleteSource: bing.com
Berkas sementara atau cache juga dapat memakan ruang penyimpanan yang tidak perlu pada iPhone. Untuk menghapus cache, kamu dapat membersihkan riwayat browsing pada aplikasi Safari, membersihkan cache pada aplikasi yang sering digunakan, atau menggunakan aplikasi pembersih cache.

5. Menggunakan iCloud

CloudSource: bing.com
iCloud merupakan layanan penyimpanan online yang disediakan oleh Apple untuk pengguna iPhone. Dengan menggunakan iCloud, kamu dapat menyimpan data seperti foto, video, atau dokumen secara online dan mengaksesnya kapan saja dan di mana saja.

Untuk menggunakan iCloud, kamu harus memiliki akun Apple dan mengaktifkan fitur iCloud pada iPhonemu. Setelah itu, kamu dapat menyimpan data pada iCloud dengan mudah dan aman.

6. Menggunakan Eksternal Storage

ExternalSource: bing.com
Jika kamu membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, kamu dapat menggunakan eksternal storage seperti flash drive atau hard drive eksternal yang kompatibel dengan iPhone.

Untuk menggunakan eksternal storage, kamu harus membeli adaptor yang sesuai dengan iPhone dan jenis eksternal storage yang ingin kamu gunakan. Setelah itu, kamu dapat menghubungkan adaptor dan eksternal storage ke iPhone dan mengakses data dengan mudah.

7. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

AppSource: bing.com
Terakhir, jika kamu masih membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Photos atau Dropbox.

Aplikasi pihak ketiga tersebut dapat menyimpan data secara online dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Namun, kamu harus memastikan bahwa aplikasi tersebut aman dan terpercaya sebelum menggunakannya.

Troubleshooting

ProblemSolution
Tidak bisa menghapus aplikasiRestart iPhone dan coba lagi
Tidak bisa menghapus foto atau videoPeriksa apakah foto atau video tersebut terkunci atau dilindungi
Eksternal storage tidak terdeteksiPeriksa apakah adaptor dan eksternal storage sudah terhubung dengan baik
Aplikasi pihak ketiga tidak dapat diaksesPeriksa koneksi internet dan pastikan aplikasi tersebut masih berfungsi dengan baik

FAQ

1. Apakah menghapus aplikasi akan menghapus data yang tersimpan pada aplikasi tersebut?

Tidak selalu. Beberapa aplikasi menyimpan data secara online atau pada iCloud, sehingga menghapus aplikasi tidak akan menghapus data tersebut. Namun, beberapa aplikasi menyimpan data pada penyimpanan lokal, sehingga menghapus aplikasi juga akan menghapus data tersebut.

2. Apakah menghapus foto dan video akan menghapus data yang tersimpan pada aplikasi Foto?

Tidak. Menghapus foto dan video hanya akan menghapus data tersebut dari aplikasi Foto, namun tidak akan menghapus data pada aplikasi lainnya.

3. Berapa kapasitas maksimal penyimpanan iPhone?

Kapasitas maksimal penyimpanan iPhone saat ini adalah 1 terabyte.

4. Apakah menggunakan iCloud aman?

Ya. Apple menggunakan enkripsi data end-to-end dan mengikuti standar keamanan yang ketat untuk menjaga keamanan data pengguna pada iCloud.

5. Apakah adaptor dan eksternal storage harus dibeli dari Apple?

Tidak. Kamu dapat membeli adaptor dan eksternal storage dari produsen lain yang kompatibel dengan iPhone dan memiliki kualitas yang baik.

6. Apakah aplikasi pembersih cache diperlukan pada iPhone?

Tidak selalu. iPhone sudah dilengkapi dengan fitur membersihkan cache secara otomatis, namun kamu dapat menggunakan aplikasi pembersih cache jika merasa membutuhkannya.

7. Apa saja jenis data yang memakan ruang penyimpanan paling besar pada iPhone?

Jenis data yang memakan ruang penyimpanan paling besar pada iPhone adalah foto, video, musik, aplikasi, dan file unduhan.

8. Apakah semua aplikasi harus dihapus jika ruang penyimpanan sudah penuh?

Tidak. Kamu dapat memilih untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan atau memindahkan data aplikasi ke iCloud atau eksternal storage.

9. Apakah iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar lebih mahal?

Ya. iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

10. Apakah kapasitas penyimpanan iPhone dapat ditingkatkan setelah dibeli?

Tidak. Kapasitas penyimpanan iPhone tidak dapat ditingkatkan setelah dibeli, namun kamu dapat menggunakan metode yang telah dijelaskan di atas untuk menambah storage iPhone.

11. Apakah semua iPhone memiliki fitur eksternal storage?

Tidak. Hanya iPhone dengan sistem operasi iOS 13 atau yang lebih baru yang memiliki fitur eksternal storage.

12. Apakah iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar lebih berat?

Tidak. iPhone dengan kapasitas penyimpanan yang berbeda memiliki berat yang sama.

13. Apakah menggunakan aplikasi pihak ketiga aman?

Tergantung pada aplikasinya. Pastikan aplikasi yang kamu gunakan aman dan terpercaya sebelum menggunakannya untuk menyimpan data penting.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara menambah storage iPhone dengan berbagai metode yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Kami juga telah memberikan tips dan trik untuk mengatasi masalah ruang penyimpanan yang terbatas pada iPhone.

Jangan lupa untuk selalu mem-back up data pentingmu dan memastikan keamanan data yang disimpan pada iPhone. Dengan menambah storage iPhone, kamu akan lebih leluasa dalam menyimpan data dan aplikasi tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan untuk menambah storage iPhone dan kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan data yang dapat terjadi pada perangkatmu. Pastikan untuk selalu mem-back up data penting sebelum melakukan tindakan yang dijelaskan dalam artikel ini.

Baca Juga

Bagikan:

Share