Nokia X20 Siap Bersaing dengan Samsung dan Apple, Smartphone 5G Siap Diluncurkan

Merek ponsel Nokia sedang berjuang untuk bersaing dengan Samsung dan Apple, sehingga akan meluncurkan smartphone seharga $ 415 dengan 5G

Poin terpenting

HMD Global, perusahaan di balik merek ponsel Nokia, mengubah jajaran ponsel cerdasnya dengan sejumlah model anggaran baru pada hari Kamis.
Nokia X20 adalah enam perangkat luar biasa dengan harga eceran € 349 ($ 415) dan kamera belakang empat lensa.
Nokia sedang berjuang untuk mendapatkan daya tarik yang signifikan di pasar smartphone, terutama karena persaingan ketat dari Apple dan Samsung.

Perusahaan di balik merek ponsel Nokia telah berjuang untuk bersaing dengan pemain mapan seperti Samsung dan Apple, sehingga pada hari Kamis memperbarui jajaran ponsel cerdasnya dengan sejumlah model anggaran baru.

HMD Global, perusahaan rintisan Finlandia, telah memiliki lisensi untuk merancang dan menjual ponsel Nokia sejak mengakuisisi divisi ponsel grup telekomunikasi Microsoft pada tahun 2016. Sejak itu, perusahaan telah merilis beberapa smartphone dan “Damphones”. Ini termasuk versi terbaru dari perangkat nostalgia seperti 8110 “Banana Phone” dan 2720 Flip Phone.

Pada hari Kamis, perusahaan mengumumkan enam smartphone baru. Mereka dibagi menjadi tiga seri berbeda. X adalah yang teratas dalam hal harga dan spesifikasi. Sedikit lebih murah dari G dan X. Dan C, yang termurah di kelompok itu. Harga mulai dari € 75 ($ 89) untuk Nokia C10, tetapi Nokia X20 adalah perangkat yang luar biasa dari keenamnya, dengan harga eceran € 349, atau sekitar $ 415.

Dengan X20, Anda mendapatkan layar 6,67 inci, empat kamera belakang dengan lensa utama 64 megapiksel, dan kemampuan untuk terhubung ke Internet 5G yang sangat cepat. Baik X20 dan X10 yang lebih murah (harga $ 309) ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 480 5G, berjalan pada sistem operasi Google Android, dan dilengkapi dengan pembaruan keamanan 3 tahun dan garansi 3 tahun. -Lebih dari 1 tahun. Disediakan dengan seri G dan C.

Banyak diminati:  Review HP Oppo A74 5G HP 5G Paling Murah Saat Ini

X20 juga memiliki fitur “situs ganda” yang memungkinkan Anda menggunakan dua kamera ponsel secara bersamaan untuk menangkap sudut yang berbeda dari sebuah bidikan.

Menggunakan fitur kamera penglihatan ganda Nokia X20.
Menggunakan fitur kamera penglihatan ganda Nokia X20.
Ryan Braun | CNBC
Untuk alasan keberlanjutan, tidak termasuk pengisi daya, tetapi termasuk kotak yang dapat dikomposkan sepenuhnya. Ponsel tersebut akan dikirimkan di Eropa bulan depan, tetapi ketersediaannya di Amerika Serikat belum diungkapkan.

Persaingan sengit

Nokia sedang berjuang untuk mendapatkan daya tarik yang signifikan di pasar smartphone karena persaingan ketat dari pemain China seperti Apple, Samsung, Huawei dan Xiaomi. Ini adalah masalah yang dihadapi oleh produsen keras kepala seperti Sony dan LG. Yang terakhir, yang pernah menjadi merek Android teratas, mengumumkan awal pekan ini bahwa mereka akan menarik diri dari pasar smartphone.

“Saya merasa masih sangat sulit bagi (Nokia) untuk bersaing dalam portofolio tertinggi di pasar, jadi mereka saat ini berada dalam kisaran harga yang lebih rendah,” kata Francisco Geronimo, wakil presiden peralatan Eropa di firma riset pasar IDC. Kami menargetkan . ” ..

“Di sisi lain, mereka telah bekerja sangat keras untuk memasuki pasar B2B (business-to-business). Ini adalah peluang yang sangat bagus bagi mereka karena hanya sedikit pemain yang menawarkan portofolio menarik.”

Smartphone bermerek Nokia menyumbang hanya 0,6% dari pasar tahun lalu, mengirimkan lebih sedikit ponsel daripada LG atau kehormatan China, menurut data IDC. Namun, HMD memperoleh 16% pangsa pasar pada tahun 2020 dan telah sukses dengan ponsel berfitur (juga dikenal sebagai “ponsel bodoh”).

HMD ingin merambah bisnis penjualan dan layanan baru untuk mencari sumber pendapatan lain. Didukung secara finansial oleh Nokia, Google dan investor besar lainnya, perusahaan meluncurkan kartu SIM dengan roaming data global yang disebut HMD Connect tahun lalu. Bahkan setelah memprioritaskan penjualan online akibat pandemi virus corona, kami berhasil mencapai titik impas.

Banyak diminati:  Apple Mengumumkan MacBook Pro 14-Inch dan 16-Inch yang Didesain Ulang

HMD juga meluncurkan jaringan seluler baru di Inggris yang disebut HMD Mobile. Bertindak sebagai operator jaringan virtual seluler atau MVNO. Artinya, itu tergantung pada infrastruktur jaringan operator lain. Paket mulai dari £ 6,50 ($ 9) per bulan. Itu tidak langsung dimulai dengan 5G, tetapi perusahaan mengatakan sedang bekerja untuk membuat layanan “berkemampuan 5G.”