Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200Kb Terbaru 2021

Menggunggah dokumen dengan format file pdf sebagai lampiran dokumen untuk persyaratan tertentu, biasanya dibatasi untuk maksimal ukuran tertentu. Hal ini mungkin untuk menghemat space server mereka atau mungkin ada maksud lainnya. Di sisi lainnya, tidak jarang file PDF bawaan yang biasanya merupakan hasil scan memiliki ukuran sangat besar. Namun jangan khawatir, berikut ini adalah cara mengecilkan file PDF menjadi 200kb atau lebih kecil lagi supaya dokumen kamu memenuhi persyaratan dan bisa diunggah dengan lancar.

Khususnya bagi pengguna komputer desktop yang kebetulan membutuhkan untuk menggunggah file pdf sebagai persyaratan, cara mengecilkan file pdf ini sangatlah perlu diketahui.

Dengan begitu anda tidak perlu khawatir lagi walaupun anda memiliki file pdf bawaan dengan ukuran 10MB lebih misalnya, dan intansi atau perusahaan tujuan mengharuskan mengunggah dokumen dengan ukuran sangat kecil.

Selain untuk kebutuhan pemberkasan dokumen, format file PDF juga biasanya digunakan untuk ebook. Tentunya ukuran file yang lebih ringan akan sangat membantu anda mengurangi space komputer anda juga dan akan membuatnya lebih ringan ketika di buka.

Manfaat PDF dengan Ukuran Kecil

File kecil sangat berguna untuk mengosongkan penyimpanan. Baik itu penyimpanan online atau penyimpanan offline untuk ponsel, hard drive, kartu SD dan memori lainnya.

Ukuran yang lebih kecil membuat file PDF lebih praktis. Hal ini terutama berlaku untuk teman mahasiswa yang lebih suka membawa e-book di ponsel mereka. Ukuran eBook berkisar kurang dari 1MB hingga ratusanMB.

Jika ponsel Anda hanya memiliki 10 eBook berukuran 100MB, Anda akan kehabisan memori dan pada akhirnya Anda tidak akan dapat menyimpan eBook sebanyak itu. Jadi bagaimana cara mengecilkan file pdf menjadi 200kb ini akan sangat Anda butuhkan.

Selain itu, saat mengirim file melalui email, WhatsApp, telegram, sistem situs web apa pun, dll. Sistem ini berkisar dari sistem yang memungkinkan area yang luas hingga sistem yang tidak dapat diperkecil ukurannya.

Banyak diminati:  Cara menggabungkan file PDF di Android

Ukuran file maksimal adalah 20-25 MB untuk memudahkan pengiriman file melalui email, misalnya email. Jika Anda memiliki lebih banyak, maka Anda perlu mengunggahnya ke Google Drive terlebih dahulu.

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb

Tentunya ketika Anda menemukan artikel ini, Anda sudah mengetahui dengan jelas maksud dan tujuan artikel ini. yaitu untuk membantu anda mengecilkan file PDF menjadi 200kb agar bisa terbaca oleh sistem apapun, dan tentunya tidak sampai mengisi memori smartphone kamu.

Ada beberapa cara untuk mengecilkan file PDF, diantaranya:

Cara mengompres file PDF menggunakan PDFCompressor

Cara pertama untuk mengecilkan file PDF menjadi 200kb adalah dengan menggunakan pdfcompressor. Untuk menggunakan metode ini, Anda harus terhubung ke Internet dan mengakses pdfcompressor.com dari browser Anda.

Caranya adalah sebagai berikut.

Cara mengompres file PDF menggunakan PDFCompressor

Silahkan kunjungi website pdfcompressor

  1. Upload file pdf anda dengan cara klik button unggah file atau bisa juga dengan cara menariknya dari penyimpanan komputer ke kolom unggah.
  2. Anda juga bisa mengupload banyak file sekaligus
  3. Setelah itu, silahkan tunggu sampai proses unggah file pdf selesai
  4. Jika proses sudah selesai, kamu dapat mendownload satu persatu atau sekaligus dengan hasil berupa file.zip (jika anda mengupload banyak dokumen).

Meskipun sederhana, itu bukan metode yang sangat mudah, tetapi mengubah ukuran file pdf ini sangat nyaman bagi kami. Anda juga perlu menyadari bahwa PDFcompressor memiliki beberapa fitur atau keunggulan.

  • Anda dapat memilih file dari komputer Anda atau langsung menyeret dan melepaskannya ke kolom kustom
  • Anda dapat mengunggah banyak file sekaligus. Anda dapat mengunduh hingga 20 sekaligus.
  • Anda nanti dapat mengunduh satu atau lebih dalam satu waktu sebagai file zip

Sebagai catatan tambahan, ukuran PDF terkompresi tidak selalu 200 KB. Bergantung pada ukuran file awal, file mungkin bertambah atau berkurang.

Cara Mengecilkan File PDF di smallpdf.com

Cara kedua untuk mengurangi ukuran file PDF Anda menjadi kurang dari 200 KB adalah dengan menggunakan smallpdf.com. Seperti sebelumnya, smallpdf juga tersedia online. Tentunya sangat mudah karena Anda membuka dan mengakses browser tanpa perlu aplikasi tambahan.

Banyak diminati:  Cara menggabungkan file PDF di Android

Smallpdf tidak hanya dapat memperkecil ukuran file PDF Anda, tetapi juga menyediakan fitur-fitur lain seperti:

  1. Rotasi file pdf
  2. Dapat Menggabungkan file pdf
  3. Dapat mengkonversi file pdf to word atau sebaliknya
  4. Dapat Mengubah file pdf to ppt atau sebaliknya
  5. Dapat Convert pdf to jpg atau sebaliknya
  6. Dapat Mengubah pdf to excel atau sebaliknya
  7. Mengedit pdf
  8. Membaca file pdf
  9. Share dokumen
  10. Memberikan nomor halaman
  11. Menghapus suatu halaman pdf
  12. Split pdf
  13. Esign pdf
  14. Unlock pdf dan protect file pdf kamu

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan smallpdf. Lalu bagaimana caranya menggunakan smallpdf?

Cara Mengecilkan File PDF di smallpdf.com

  1. Silahkan Kunjungi smallpdf.com melalui browser hp atau komputer desktop anda
  2. Pilih fitur kompress pdf untuk mengecilkan file pdf menjadi 200kb bahkan lebih kecil (tergantung ukuran bawaanya)
  3. Kamu bisa memilih file dari penyimpanan perangkat, dropbox atau google drive, bahkan menariknya dari komputer
  4. Tunggu proses unggah file pdf Anda sampai selesai
  5. Anda dapat memilih kompresi dasar untuk mengecilkan file pdf sampai 40% atau memilih kompresi kuat mengecilkan sampai 75% (namun kompresi kuat kamu perlu berlangganan)
  6. Setelah itu, kamu tinggal unduh ke komputer, upload ke dropbox atau google drive, bahkan masih banyak cara lain.

Smallpdf sepertinya memiliki lebih banyak fitur, bukan? Faktanya, PDF Compressor kurang lebih karena juga menyediakan banyak fitur tambahan seperti konversi PDF ke dokumen dengan ekstensi lain. Namun, tautan ke situs berbeda. Itu saja :).

Manfaat menggunakan smallpdf untuk mengurangi file PDF menjadi 200 KB adalah:

  • Cara kompresinya sangat mudah
  • Keamanan dijamin karena file dihapus dari server setelah satu jam (sumber smallpdf.com)
  • Ini didukung di semua platform karena hanya menggunakan browser
  • Kualitas tetap bagus (144 dpi)
  • Cepat dan mudah digunakan, Anda bahkan dapat mengompres file dengan kecepatan hingga 5GB
  • Berbasis cloud, tidak diperlukan memori perangkat
Banyak diminati:  Cara menggabungkan file PDF di Android

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat mengompresi file PDF secara online

Ada sangat sedikit data yang aman saat kita online. Ini adalah pepatah yang ditemukan di dunia Internet. Jadi Anda harus berhati-hati dan bijaksana saat menggunakan internet, terutama saat berhadapan dengan transaksi keuangan.

Demikian pula, mengurangi file PDF online menjadi 200KB masih berisiko. Setelah mengunduh, Anda benar-benar tidak tahu di mana harus memutar dokumen yang diunduh.

Apakah file tetap disimpan di Penyedia PDF Cloud Compact atau segera dihapus dari awan. Atau, file tersebut tidak digunakan dengan bijak atau bijak oleh penyedia kompresi. Tentu saja, saya tidak begitu yakin cara kerjanya.

Jadi, jika menyangkut data pribadi seperti paspor, KTP, SIM, ijazah, dll., Itu adalah data pribadi. Untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda, kami menganjurkan agar Anda tidak mengompres PDF ini secara online.

Namun, jika Anda memiliki kebutuhan yang mendesak, Anda dapat menggambar file yang dipindai sedekat mungkin. Kemudian tulis dengan kata-kata dan ekspor sebagai file PDF.

Simpulan

Ada banyak cara untuk memperkecil ukuran file PDF, terutama dengan menggunakan penyedia kompresi PDF online seperti PDF Compressor atau SmallPDF. Saat menggunakannya, Anda harus lebih bijak tentang data pribadi Anda agar data Anda tidak disalahgunakan di kemudian hari.

Oleh karena itu, saya harap artikel tentang cara mengurangi file PDF menjadi 200 KB ini bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan, harap sertakan di bagian komentar di bawah.