Apa itu Montage Mobile Legends, PUBG, Free Fire, Motage Video

Baru-baru ini banyak muncul istilah montage dalam video-video yang menampilkan permainan Mobile Legends, Free Fire, PUBG, atau gamegame lain yang sedang digandrungi gamers baik di Indonesia dan dunia. Banyak yang bertanya-tanya, sebetulnya apa arti montage ?

Apa itu Montage?

Montage atau montase, sering ditemukan dalam seni rupa, dan juga dunia editing perfilman. Montage dalam editing film dipahami sebagai suatu teknik dan hasil dari pemilihan, penyuntingan, dan pemisahan bagian-bagian film individu menjadi suatu urutan linier.

Dalam seni rupa, montage adalah jenis karya teknik tempel yang dibuat dengan menempelkan gambar-gambar yang sudah jadi. Montase dibuat dengan menempelkan gambar-gambar yang telah jadi sebelumnya yang kemudian disusun ulang membentuk gambar adegan yang baru.

Jadi dalam seni rupa, montase atau montage merupakan salah satu teknik tempel. Teknik tempel lain yang banyak dikenal adalah kolase, mozaik, dan karya aplikasi. Perbedaan keempat teknik tempel ini adalah pada bahan yang ditempelkan.

Agar mendapatkan gambaran lebih jauh, berikut ini salah satu contoh karya seni dengan menggunakan teknik montage.

contoh karya seni teknik montase atau montage

Asal-usul Kata Montage

Kata montage berasal dari kata kerja Perancis “monter” yang berarti “untuk merakit.” Pada 1930-an dan 1950-an, montage digunakan untuk menunjukkan bagaimana perjalanan berubah seiring jarak dan waktu. Dalam film Casablanca tahun 1942 yang terkenal, adegan pembuka menyebar ke seluruh dunia, menunjukkan gambar tempat-tempat yang berubah pada saat yang sama ketika dunia bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Teknologi ini masih diwariskan.

BACA JUGA:  17 Game Google Doodle Populer 2021 Yang Harus Anda Mainkan

Adegan montage terkenal lainnya dari tahun 1970-an The Godfather. Dalam adegan ini, baptisan anak diatur secara paralel dengan serangkaian pembunuhan yang mengkonfirmasi kebangkitan kekuasaan. Kemudian, pada tahun 1976, Rocky muncul, dan sebuah montase pelatihan olahraga muncul. Montage ini kemudian menjadi bahan pokok yang digunakan di semua film olahraga lainnya, menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Pada 1980-an, tunggangan digunakan secara berlebihan.

Namun, mereka telah berkembang menjadi alat yang hebat, sebagaimana dibuktikan dengan penggunaannya dalam sorotan olahraga, presentasi bisnis, dan bahkan video game YouTube.

Apa itu Montage dalam Game

Arti Montage dalam Game

Game adalah bagian besar dari budaya pop hari ini. Pengisahan cerita dalam game dapat bersaing dengan alur cerita sinematik dari film-film hebat. Ada banyak kesamaan dalam dunia pembuatan film dan budaya video game. Montage game telah menjadi sangat populer saat ini.

Beberapa orang menggunakan montage untuk memamerkan keterampilan gaming terbaiknya, mengejutkan kompetisi, atau parodi dari permainan montage itu sendiri, waktu dan upaya yang kamu lakukan dapat memberi kamu hasil yang benar-benar menakjubkan.

Dalam video yang menunjukan permainan game, motage diartikan sebagai  gabungkan atau kompilasi potongan adegan atau momen yang terekam dalam memainkan game tertentu.

Potongan cuplikan permainan tersebut dikemas sedemikian rupa dalam satu video untuk menyampaikan keseruan-keseruan tematis.

Apa itu Montage Mobile Legend, Free Fire, PUBG, dan Game Lainnya

Secara sederhana, montage adalah kumpulan banyak video dalam satu video. Video ini dipotong menjadi segmen tertentu untuk menyenangkan pemirsa.

Umumnya montage disertai musik atau lagu yang sinkron dengan adegan demi adegan. Setiap adegan pembunuhan misalnya, dilakukan sesuai irama. Dan ini akan menjadi tontonan yang cukup berkesan dan diharapkan dapat memuaskan penonton.

BACA JUGA:  Kode Redeem PUBG Mobile 30 Mei 2021

Tentu anda sering melihat youtuber dengan konten montage Mobile Legends (ML). Video tersebut biasanya menampilkan cuplikan-cuplikan peristiwa berkesan seperti saat berhasil kabur dari musuh, atau moment ketika berhasil mendapatkan Maniac, funny montage game, dan peristiwa berkesan lainnya yang dikomposisikan menjadi satu tontonan menarik dalam video youtube.

Begitu juga montage Free Fire (FF), PUBG, dan Game lainnya.

***

Demikian arti montage yang sering kamu lihat di judul-judul video youtube bertemakan permainan game Mobile Legends, FF, PUBG, atau game lainnya. Kamu juga sudah mengetahui pengertian montage secara umum baik dalam dunia perfilman ataupun dalam seni rupa. Sudah pula mengetahui asal mula penggunaan istilah montage.

Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *