aplikasi belanja online terbaik

Aplikasi Belanja Online Terbaik 2021: Tokopedia, Shopee, atau Lazada ?

Aplikasi belanja online terbaik – Sejak penggunaan internet menjadi salah satu kebutuhan penting masyarakat dunia. Telah banyak hal yang berubah dari bagaimana manusia melakukan hal-hal yang sehari-hari dikerjakan. Sekarang kebanyakan kegiatan dilakukan serba online. Mulai dari belajar online, cari ojek online, pesan makanan online, ngobrol online, hingga yang paling ciwi-ciwi sukai yaitu belanja online.

Baca Juga: 5 Aplikasi Kasir Android Terbaik 2021

Bicara tentang hal ini, belanja online memang menjadi salah satu hal yang paling hot setelah internet membludak. Karena menguntungkan banyak orang penjual gak lagi butuh toko fisik yang sewanya ampun-ampunan dan pembeli nggak perlu lagi ke toko buat beli keperluan mereka. tinggal tunggu teriakan paket, dan ya yang dibeli udah sampai di rumah. Menurut kamu manakah toko dalam jaringan paling terbaik? setidaknya persaingan marketplace ini dikuasai oleh tiga nama yaitu Tokopedia, lazada, dan Sophee yang akan kita bahas kali ini. Siapakah raja toko online? Apakah Tokopedia, Lazada ataukah shopee?

Kiprah Aplikasi Belanja Online Tokopedia, Lazada, Shopee dan Siapa di Belakang Mereka?

Kiprah Aplikasi Belanja Online Tokopedia, Lazada, Shopee dan Siapa di Belakang Mereka?

Sebelum membandingkan ketiganya pertama-tama Mari kita sedikit mengulik awal mulai ecommerce ini Berdiri. kita mulai dari Tokopedia berlogo burung hantu hijau ini, didirikan pada tahun 2009, tepat pada hari kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 2009, oleh William Tanuwijaya dengan nama PT. Tokopedia yang awalnya dikhususkan untuk orang Indonesia.

Sementara shopee perusahaan yang berbasis di Singapura ini dibangun oleh pria bernama Chris Feng dan diluncurkan pada Desember 2015. Sebagai identitas baru dalam dunia e-commerce, shopee merupakan anak perusahaan dari Sea Limited yang juga memiliki platform gaming digital Garena.

Lazada yang berdiri 27 Mar 2012 dan diinisiasi oleh Samwer bersaudara yakni Alexander Samwere, Mark Samwer dan Oliver Samwer. Dalam pendiriannya Lazada ini memiliki tujuan besar untuk menjadi ecommerce yang menyaingi kepopuleran Amazon di level Asia Tenggara. makanya untuk melakukan hal tersebut Lazada digandeng oleh perusahaan besar yang didirikan oleh Jack ma yaitu Alibaba.

Banyak diminati:  Merk Laptop Terbaik 2021 di Dunia

Nah dari rentang berdirinya kita bisa tahu perbandingan perjalanan Tokopedia shopee dan Lazada dalam mengarungi dunia e-commerce.

Aplikasi Belanja Online Terbaik; Tokopedia, Lazada, Shopee, Mana yang Jumlah Pengunjungnya Terbanyak?

Aplikasi Belanja Online Terbaik; Tokopedia, Lazada, Shopee, Mana yang Jumlah Pengunjungnya Terbanyak

Kunci awal e-commerce ini adalah Jumlah pengunjung bulanannya. seperti halnya pasar tradisional makin banyak orang berkunjung berarti potensi jual belinya itu semakin gede. berdasarkan perhitungan similarweb per April 2021 ini. tingkat pengunjung dan lama kunjungan masing-masing e-commerce ini bisa dilihat dalam tabel berikut ini.

Dari situ kita bisa melihat bahwa Tokopedia bisa berbangga karena merajai pasar e-commerce di Indonesia dengan jumlah pengunjung 140,09 juta. sementara ditempat kedua adalah shopee yang mengejar dengan tipis selisih 10 juta pengunjung. lalu Lazada berada di tempat keempat yang hanya meraup pengunjung 29,67 juta.

dari trafik masing-masing e-commerce, ini ada juga hal yang menarik lain yang perlu kita ketahui yaitu kebanyakan ecommerce diakses dengan menggunakan smartphone ketimbang kunjungan dari desktop. berdasarkan data yang didapatkan rata-rata pengunjung e-commerce yang menggunakan smartphone itu udah mencapai 80% dari keseluruhan pengguna. ini buktinya penggunaan smartphone Memang udah merajalela dalam pengait pengunjung tentu saja para e-commerce ini menggelontorkan uang untuk membuat promosi ya bukan hanya sekedar iklan. tapi sekarang ya mereka menggunakan brand Ambassador yang juga diperlukan untuk mendongkrak popularitas. apalagi kalau jumlah fans dari brand Ambassador itu ada banyak . pasti itu trafik nya langsung uwis uwis uwis menuju puncak.

Brand Ambassador Aplikasi Belanja Online Terbaik Tokopedia, Shopee, Lazada

Brand Ambassador Aplikasi Belanja Online Terbaik Tokopedia, Shopee, Lazada

bicara brand Ambassador dalam info berikut ini, mari kita bersama-sama melihatnya itu siapa-siapa aja sih yang pernah menjadi brand Ambassador dari masing-masing e-commerce ini. sebagai catatan untuk kamu semua info ini hanya sekedar gambaran ya karena tidak memuat semua brand Ambassador yang pernah dipakai oleh ketiga e-commerce tersebut saking banyaknya artis dan influencer yang pernah menjadi brand Ambassador dari ketiga e-commerce ini nggak mungkin karena aku nyebutin semuanya huh sesudah bicara brand Ambassador ini bisa kita lihat kalau ketiga e-commerce ini menunjukkan Ambassador lokal dengan juga internasional sebagai pendongkrak popularitas.

Banyak diminati:  Merk Laptop Terbaik 2021 di Dunia

dan yang paling heboh sih jelas masih dipegang oleh Tokopedia yang berhasil menduetkan Kpop grup papan atas ; BTS sama blackpink. Berdasarkan rumor yang beredar nilai kontrak kedua grup k-pop ini mencapai 50 milyar rupiah pergroup dalam mengiklankan Tokopedia.

Sementara shopee justru hanya menunjuk artis lokal pemeran ikatan cinta yaitu mas Al dan Mba Andin sebagai brand Ambassador.

kalau untuk Lazada metodenya berbeda lagi karena hampir di tiap negara ecommerce ini menunjukkan artis ternama untuk dijadikan brand Ambassador.

Kasus yang Pernah Menjerat Aplikasi Belanja Online Terbaik Tokopedia, Shopee, dan Lazada

yang terakhir Mari kita membahas catatan buruk Tokopedia, shopee, dan lazada. karena sebagai ecommerce aktif ketiga hal ini juga sering mendapatkan rapor merah. Entah itu dari pegawai ataupun konsumennya.

Tokopedia setidaknya ada dua kasus besar yang pernah membelenggu si hijau ini. yang pertama adalah kasus pencurian data pengguna dengan angka fantastis yaitu 91 juta data pembeli dan juga penjual. Lalu ada penipuan cash back yang gimana para pengunjung mengeluhkan sistem Cash backnya Tokopedia.

Sedangkan shopee masalah dari platform orange ini datang dari berbagai pihak. Mulai dari mogok kerja kurir shopee Express, yang merasa dipekerjakan secara tidak layak dari segi gaji. dan juga pekerjaan oleh shopee. ada juga tuh kasus yang menyeret nama shopee sebagai pembunuh UMKM, karena memasukkan produk luar negeri untuk dijual secara ritel di situs mereka yang secara langsung menyingkirkan UMKM.

dan yang terakhir untuk Lazada, catatan buruk bagi ecommerce ini datang dari fitur COD. Seringkali fitur yang diperuntukan untuk kenyamanan konsumen ini disalahgunakan oleh orang-orang jahil dimana para orang jahil ini melakukan orderan fiktif ke rumah yang tidak mereka kenal yang membuat si pemilik rumah ataupun pihak Lazada yang mendapatkan kerugian.

Banyak diminati:  Merk Laptop Terbaik 2021 di Dunia

Itulah tadi pembahasan seputar Tokopedia shopee dan juga Lazada bagi kamu mana Nih aplikasi belanja online terbaik??