TKI Wajib Install Aplikasi Ini Sebagai Syarat Perjalanan Kemanapun

TKI Wajib Install Aplikasi Ini Sebagai Syarat Perjalanan Kemanapun

Para TKI wajib instal aplikasi ini sebagai syarat perjalanan kemanapun. ini sudah mulai berlaku sejak 28 Agustus kemarin. Pulang ke Indonesia pun wajib menginstal aplikasi ini. Seperti apa informasi dan cara menginstal dan cara daftarnya?

Baca Juga: Cara Download Sertifikat Vaksin di Aplikasi Pedulilindungi dan SMS 1199

Apa itu Aplikasi Peduli Lindungi?

Mulai Sabtu tanggal 28 Agustus kemarin, aplikasi Peduli Lindungi menjadi salah satu syarat perjalanan seluruh moda transportasi. Baik darat, laut, udara, dan Perkeretaapian di masa pandemi covid-19 ini. Melalui penerapan Aplikasi Peduli Lindungi ini diharapkan bisa mengelola mobilitas ditengah pandemi dengan baik. itu kata keterangan tertulis dari jubir atau dari Satgas covid-19.

Mengutip laman resminya, Peduli Lindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan Untuk menghentikan penyebaran covid 19. Aplikasi ini mempunyai beberapa manfaat, diantaranya untuk membantu petugas memastikan proses validasi dokumen kesehatan di simpul transportasi secara digital, sehingga lebih aman. tidak perlu mengeluarkan dokumen asli atau fisik, yang itu bisa terjadi kontak langsung dengan orang lain, dan menimbulkan kita bisa tertular dengan orang lain. lalu Bagaimana cara menginstal aplikasi ini?

Baca Juga: Lebih Mudah! PMI Taiwan Bisa Download Aplikasi Ini untuk Pendaftaran Antrean Perpanjangan dan Pergantian Paspor Online

Cara Install Aplikasi Peduli Lindungi

Pada dasarnya cara install aplikasi peduli lindungi ini sama saja seperti saat menginstall aplikasi lainya. tapi tidak ada salahnya kita bahas di sini biar lebih memudahkan teman-teman.

  • Cara menginstalnya, pertama kita buka Google Play Store. Atau disini: DOWNLOAD

 

  • Cari  “PeduliLindungi. tenang ini nggak berat, cuma 12mb ukurannya. Developernya adalah Kementrian Kominfo. jangan salah install ya! Seperti ini penampakkannya.
Banyak diminati:  Waspada 11 Aplikasi Adzan dan Shalat Ini Dapat Mencuri Data Pribadi Anda di Smartphone

aplikasi peduli lindungi kominfo

  • Setelah menginstal, silahkan buka aplikasi PeduliLindungi. Akan ada tampilan halaman pertama yang berisi beberapa informasi pengenalan aplikasi. Silahkan skip skip aja sampai mungul tombol “mulai” seperti ini.

mulai penggunaan aplikasi pedulilindungi

  • Silahkan klik tombol Mulai berwarna biru tersebut,
  • Akan muncul persetujuan penggunaan aplikasi, silahkan setujui untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  • Berikutnya kita harus memasukkan email. Ketik aja email kita, nanti kita akan dapat email ke HP kita. Atau kamu juga bisa menggunakan nomor Hp untuk masuk ke aplikasi tersebut. Tapi sebelumnya harus melalui langkah verifikasi terlebih dahulu.

Bagi kamu yang enggak tahu Email kamu itu di mana, Silahkan buka aplikasi Gmail, disitu kamu buka aja. di pojok atas kamu tekan aja. Di situ ada alamat Email kamu yang sedang aktif.

  • Setelah klik tombol “Masuk”, aplikasi akan mengirim kode verifikasi, silahkan verifikasi dengan memasukan kode dari email kalau mendaftar dengan email, atau dari sms kalau mendaftar menggunakan nomor Hp. Biasanya nomornya ada enam angka. Kamu kirimkan saja, dan kamu verifikasi.

kode verifikasi daftar pedulilindungi di email

  • Akan ada permintaan ijin akses lokasi, izinkan saja.
  • Setelah selesai verifikasi, silahkan mengisi data-data terlebih dahulu. Yang penting siapkan KTP karena disitu membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk melacak.
  • Selesai.

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Kita coba buka dulu aplikasi yang sudah didaftarkan itu. Ada beberapa menu di dalamnya, diantaranya menu pendaftaran vaksin. Klik Pendaftaran Vaksin, nanti kita masukkan NIK KTP kita dan masukkan nama kita.  Kalau sudah pernah vaksin, maka akan muncul datanya di halaman tersebut. Kalau belum, nanti ada petunjuk sampai proses pendaftaran vaksin sukses.

Di aplikasi PeduliLindungi juga ada menu scan QR kode. Ini kalau kita masuk ke tempat-tempat tertentu yang meharuskan vaksin seperti ke mall, perkantoran, dll.  Ada juga menu teledokter untuk konsultasi dengan dokter yang ada.

Banyak diminati:  10 Aplikasi Edit Logo Olshop Terbaik 2021

Menu lainnya ada info penting. Di sini nanti akan berisi pesan-pesan yang dikirim ke kita. Contoh kita dalam kondisi seperti apa gitu. Menu lainnya yaitu Diariy Perjalanan, kita berjalan kemana aja selama hari itu, dan lain-lain, ini merupakan riwayat perjalanan kamu.

Terakhir ada menu Paspor Digital. Di sini ada paspor digital. Kalau kita punya paspor, terus kemudian hasil tes juga ada di sini. Selain itu, di bagian bawah halaman ada informasi Elektronik Health Alert Card (eHac). Sudah jadi satu ya. Kalau di luar negeri, maka wajib untuk menginstal aplikasi ini.

Dengan aplikasi PeduliLindungi ini diharapkan kita akan terjauh atau terhindar dari covid 19. Kenapa wajib? karena ini diwajibkan untuk semua moda transportasi ya. kalau kita dari luar negeri, ke Indonesia, pastinya kita naik pesawat. Nanti saat turun kita menuju rumah masing-masing, dan juga naik lagi dan perjalanan lagi, kalau kita pakai aplikasi ini enak. Tinggal menunjukkannya.

Jadi temen-temen yang di luar negeri yang mau pulang ke Indonesia, ataupun yang mau berangkat ke luar negeri, sebaiknya mendownload aplikasi PeduliLindungi ini biar bisa dipantau kondisinya. Biar bisa diperingatkan nanti. Eh, di sebelahmu ada yang kena covid lho! kamu hati-hati di wilayah ini. seperti itu kan sangat bermanfaat sekali.

sekian informasi hari ini semoga manfaat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

apa itu aplikasi peduli lindungi,Wajib memiliki apk pedulilindungi bagi pmi
العربية简体中文EnglishFrançaisBahasa IndonesiaEspañol